×

Pola Asuh Anak Pada Periode Golden Age

Bagikan Artikel :

Pola Asuh Anak Pada Periode Golden Age

Usia 0-5 tahun merupakan periode goden age anak. Pada umur tersebut otak anak tumbuh dan berkembang sangat cepat. Informasi dalam bentuk apapun akan mudah diserap, tanpa melihat baik atau buruk. Tugas orangtua menambah pengetahuan anak, mengajarkan berprilaku baik dan memberi contoh yang baik dan benar.

Untuk mengoptimalkannya, orangtua mesti menerapkan sejumlah pola pendidikan yang baik, termasuk memenuhi kebutuhan nutrisi kecil. Golden age merupakan momen kritis anak – karena, golden age merupakan waktu terbaik untuk memaksimalkan seluruh perkembangan dan pertumbuhan anak, terlebih yang berkaitan dengan kecerdasannya.

Salah satu untuk optimalkan golden age anak, yaitu dengan menerapkan pola pendidikan yang baik. Sebab, kasih sayang orangtua sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak di periode emas ini. Adanya interaksi yang baik – mampu meningkatkan segala kemampuan yang dimiliki anak.

Related Posts :

    Pola Asuh Anak Pada Periode Golden Age

    1. Didik dengan kelembutan
      Pada masa golden age, sel-sel otak anak sedang tumbuh dengan pesat. Menurut sebuah penelitian, sebuah bentakan bisa menyebabkan kerusakan miliaran sel otak anak yang sedang berkembang. Kekerasan verbal dan fisik pada periode ini juga bisa mengganggu perkembangan psikollogis anak. Anak bisa menjadi kurang percaya diri atau sebaliknya menjadi sangat agresif.
    2. Berikan teladan yang baik
      Di usia emas, anak sangat suka meniru. Mereka akan menirua hal-hal yang dilihat dan dirakan, terutama tingkah lakuk orangtua. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan teladan yang baik. Misalnya, menunjukkan perilaku sopan, mengajak anak beribadan dan lain-lain.
    3. Jadilah pendengar yang baik
      Begitu anak sudah mulai belajar bicara, dia akan menceritakan apapun ke Anda. Jadilah pendengar yang baik dan berikan respon yang positif agar anak merasa dihargai dan kepercayaan dirinya tumbuh dengan baik.
    4. Berikan apresiasi
      Pengalaman anak pada periode golden age sangat berpengaruh pada pembentukkan konsep diri dan citra dirinya. Saat anak melakukan hal yang positif berikanlah apresiai berupa pujian , pelukan dan sebagainy. Jika anak melakukan kesalahan, jangan buru-buru memarahinya tapi jelaskan dengna lemah lembut. Ingat anak masih dalam fase belajar.
    5. Berikan rasa aman dan nyaman
      Bonding pada usia emas adalah hal penting. Kedekatan dan kelekatan hubungan dengan orang tua akan memberi anak rasa nyaman dan terlindungi. Kualitas hubungan dengan orangtua pada periode ini akan menentukan kualitas hubungan orangtua dan anak pada fase berikutnya.
    6. Luangkan waktu untuk bermain bersama anak
      Mainan terbaik anak bukanlah mainan yang mahal, tapi badan orangtua. Permainan paling mengasyikkan bukanlah aneka games dalam gadget, tapi bermain bersama orangtuanya. Selalu luangkan waktu untuk anak, setiap hari. Biarkanlah anak bebas bermain dan jganan dikekang dengan berbagai peraturan yang dapat menghalangi keaktivitasnya.
    7. Ajarkan 3 kata ajaib
      Ajarkan kata “maaf, tolong, dan terimakasih” kepada anak. Berikan pemahaman jika ingin diperlakukan baik maka perlakukan orang lain dengan baik juga. Ini sebagai awalan bagi anak untuk belajar etika/adab bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 31, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hamil muda

  • Oleh : Intan Pertiwi
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Aku berhubungan awal januari dan telat menstruasi bln ini msh terhitung 1 bulan dan sd ngecek pake tespek hasil pertama garis 1 merah jls dan 1 samar2 dan 2 hari lg sy tes lg lgsng 2 tespek dan hasilnya tetep samar2 sedangkan di tengah2 januari sy rutin minum soda dan nanas, dan td BAB keluar disertai darah menggumpal, itu tandanya apa ya

    Tentang siklus haid

  • Oleh : Yolan Prastika
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau menanyakan setiap kali saya haid siklus haid saya suka tidak teratur kadang lebih dari 35 hari, kadang kalo sudah lebih dari 35 hari saya sering mengompres bagian perut bawah saya menggunakan air hangat apa itu membahayakan atau tidak ya dok? Saya mohon solusinya

  • Oleh : Yolan Prastika
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Selvi Anggereni
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mau nanya, tiap bulan saya selalu haid. Tapi durasi waktuna suka beda2. Sperti bulan 8,9,10 29 hari, kemudian bulan 11 menjadi 35 hari. Setelah itu bulan 12 menjadi 27 hari, dan bulan berikutnya 26 hari. Sudah hampir setahun saya menikah dan belum hamil juga. Apakah ini tanda2 bahwa saya kena PCO, dan haid saya termasuk haid yg tidak teratur..? Terima kasih sebelumnya

    Ingin hamil anak ke 2 anak pertama sudah umur 6 thn

  • Oleh : Yoke Ceca
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Yoke Ceca
  • Haid & Hormon

  • Oleh : feby fauziah
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    assalamualaikum dok, usia saya masih 18 tahun, tapi sudah 3 bulan saya tidak haid haid, apakah ini wajar pada remaja, apa bagaimana ?

  • Oleh : feby fauziah
  • Tanya Bidan