×

Rahasia Anak Selalu Sehat Dan Ceria

Bagikan Artikel :

Rahasia Anak Selalu Sehat Dan Ceria

Saat musim pancaroba ini, kita mesti siaga menjaga kesehatan si kecil. Biar tidak gampang jatuh sakit, coba yuk terapi gaya hidup yang sehat. Tapi selain itu ada beberapa makanan juga yang bisa secara alami meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Misalnya harus ada jatah liburan biar gak bad mood. Bad mood juga akan mempengaruhi kekebalan tubuh lho bun! Ya sudah gapapa selain untuk kesehatan liburan juga baik untuk kecerdasan. Tapi selain itu ada beberapa rahasia agar anak jarang sakit.

  1. Rajin cuci tangan
    Cuci tangan 15-20 detik, setiap sebelum dan sesudah makan atau sehabis pergi dari luar rumah. Agar bakteri penyebab sakit di tangan hilang.
  2. Aktif setiap hari
    Imunitas anak semakin kuat saat ia sering main di alam
  3. Tidur cukup
    Anak usia 0-1 tahun rata-rata butuh waktu tidur 13-16 jam dan usia 1-16 jam dan usia 1- tahun 11-14 jam
  4. Hindari sentuh wajah
    Virus flu bisa masuk ke tubuh melalui hidung, mata dan mulut. Ajari juga si kecil untuk tidak berbagi gelas, sedotan, sendok makan, dan sikat gigi dengan orang lain
  5. Vaksinasi
    Lengkapi vaksinasi si kecil baik yang wajib dan direkomendasikan IDAI.
  6. Makanan bergizi
    Makan buah dan sayur aneka warna, sumber vitamin C (brokoli, jeruk dll) vitamin D seperti tuna, susu, sereal dll serta yogurt untuk probiotik.
  7. Mendoakan si Kecil agar tetap sehat

Kesalahan Orang Tua Yang Membuat Anak Mudah Sakit

  1. Tidak mengajarkan cuci tangan dengan sabun di air mengalir
  2. Menggunakan dot maupun teether yang jatuh tanpa dibersihkan terlebih dahulu
  3. Mencuci piring kurang bersih
  4. Membiarkan anak makan makanan yang jatuh ke tanah
  5. Berlebihan menggunakan produk anti bakteri
  6. Melarang anak berinteraksi dengan hewan
  7. Tidak membuka jendela
  8. Membiarkan anak main gedger seharian
  9. Ventilasi udara yang kurang
  10. Membiarkan orang lain menciumnya

Agar Anak Mau Diajak Untuk Hidup Sehat

Anak tidak mau karena ia belum mengerti seberapa penting menjaga kebersihan. Oleh Karena itu anda perlu memberi tahu pentingnya menjaga kesehatan dengan kata-kata yang sederhana. Anak juga harus diperkenalkan dengan gaya hidup sehat sejak dini. Berilah pujian dan hadiah apabila Si Kecil sudah melalukan gaya hidup yang sehat dan memintanya untuk mempertahankan kebisaan yang sehat.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 30, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah haid

  • Oleh : Yunita Oktaviani
  • 1 tahun yang lalu

    Bu bidan saya sudah menikah 1 tahun.
    Tp saya tdk haid sdh sekitar 11 bulan tp saya blm jg hamil. Sdh usg kata nya tdk ada miom atau kista. Masalah nya apa ya?

  • Oleh : Yunita Oktaviani
  • Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Apakah wajar usia kehamilan 4w belum terlihat kantung janin?

  • Oleh : Anisa Azzahra
  • 4 bulan, 4 minggu yang lalu

    Malam.. saya mau tanya. HPHT saya tgl 19 mei dengan siklus yg tidak teratur dan panjang. Ketika tgl 19 juni saya keluar bercak darah saya kira haid. Tanggal 20 nya pun sama keluar bercak darah sedikit. Tapi ketika tgl 21 bercak darah hilang total dan saya coba tespack hasilnya positif tgl 23 juni saya usg transvaginal dan dokter bilang bahwa kantung janin belum terlihat, dokter bilang ada cairan diluar rahim dan saya divonis hamil diluar kandungan. Padahal saya tdk ada nyeri perut sama sekali dan keluar bercak darah pun hanya tgl 19 dan 20 juni saja.

    Yang mau saya tanyakan apakah benar cairan diluar rahim itu sudah pasti hamil diluar kandungan? Dan apakah siklus haid yang tdk teratur dan panjang mempengaruhi usia kehamilan sehingga kantung janin belum terlihat pada saat itu? Terimakasih

  • Oleh : Anisa Azzahra
  • Bercak Hitam Saat Menstrulasi

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • Keputihan tidak normal dan gumpalan daging didalam vagina

  • Oleh : Aisyah Syah
  • 8 bulan yang lalu

    Saya mengalami keputihan selama bertahun-tahun, awalnya warnanya kuning dan berbau, dan sekarang warnanya berubah menjadi putih kental dgn bau amis. Tidak menimbulkan gejala seperti gatal, dan panas. Dan ada gumpalan daging putih kemerahan didalam vagina saya dan menutupi lubangnya, ketika saya buang air kecil tidak merasakan sakit apapun…

  • Oleh : Aisyah Syah
  • Tanya Bidan