×

Sebelum Baju Baru Untuk Bayi Dipakai, Cuci Dulu Ya!

Bagikan Artikel :

Sebelum Baju Baru Untuk Bayi Dipakai, Cuci Dulu Ya!

Bunda, baju baru untuk si kecil tidak bisa langsung digunakan. Penting sekali untuk bunda selalu mencuci pakaian dan perlengkapan bayi yang baru dengan bersih.
Apalagi sebelum kelahiran si buah hati ke dunia umumnya seorang ibu telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan lengkap. Mulai dari kasur, seprai, keranjang, mainan dan bahkan baju-baju mungil si kecil pun didapatkan dengan keadaan baru. Bahkan masih tertempel label pembelian berikut denga harga yang tertera diatasnya.
Akan tetapi sebaiknya, perlengkapan dan pakaian baru pada si buah hati tidak langsung dikenakan pada bayi. Alangkah lebih baik jika anda mencuci terlebih dahulu semua pakaian bayi dengan baik. Hal ini dikarenakan kulit bayi anda umumya masih begitu sensitif. Sementara pakaian yang baru tidak menjamin kebersihan dengan baik. Meskipun anda melihat penampilan baju terlihat bersih. Namun sebenarnya, terdapat banyak zat berbahaya pada baju yang apabila dikenakan langsung pada si buah hati akan bereaksi bahaya untuk kulitnya. Jadi demikian, setiap kali anda membeli baju baru atau perlengkapan lainnya untuk si buah hati. Sebaiknya, cuci terlebih dahulu peralatan tersebut sampai bersih dan baru kenakan sesuka hati anda untuk mereka. Kulit bayi lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Oleh karenanya, jangan hanya memperhatikan kualitas dari bahan pakaian dan melihat kondisi baru dari baju bayi. Namun, anda pun penting untuk selalu mengetahui perawatan baju dan cara mencuci pakaian yang baru dibeli. Dengan begini maka si kecil akan dapat terhindar dari resiko atau masalah yang akan mungkin timbul dari penggunaan pakaian.

Dampak Apabila Baju Baru Bayi Tidak Dicuci Dulu

Umumnya tidak semua baju bayi dapat dicuci dengan metode yang sama. Ada beberapa baju bayi yang memerlukan penanganan yang cukup khusus. Jadi demikian, sewaktu membeli penting sekali untuk anda selalu memperhatikan cara perawatan pakaian dengan baik. Baju bayi yang terjaga dengan baik kebersihannya dan terawat dengan apik akan membuat pakaian terasa nyaman dan tahan lama. Sehingga demikian, anda tidak perlu khawatir mengenai keselamatan si kecil.

Related Posts :

    Sewaktu membeli pakaian untuk bayi atau anak anda, sebaiknya jangan lupa untuk selalu mencucinya terlebih dahulu sebelum memakaikan pada si buah hati. Hal ini dilakukan untuk memastikan zat-zat tertentu yang mungkin berbahaya berkurang kadarnya. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi kadar formaldehida yang terkandung dalam pakaian. Perlu diketahui formaldehida adalah senyawa yang mudah menguap dan digunakan secara luas oleh industri tekstil dan pakaian. Kandungan formaldehida yang melebihi batas pada kain akan mungkin mengakibatkan iritasi pada selaput lendir, menyebabkan peradangan dan resiko kanker pada kulit.

    Tips Mencuci Baju Baru Bayi

    1. Gunakan deterjen yang aman untuk bayi. Penggunaan deterjen sewaktu mencuci tidaklah dapat dilakukan dengan sembarang. Hal ini kembali lagi dengan kondisi kulit si kecil yang masih begitu rentan dan sensitif. Sehingga mungkin penggunaan deterjen biasa akan mungkin menimbulkan resiko untuk kulit halusnya.
    2. Pastikan bahwa deterjen yang diguankan bebas pemutih, pewarna, pewangi ataupun kandungan yang akan dapat mengiritasi kulit bayi.
    3. Pisahkan pakaian berwarna dengan pakaian kotor. Memilah pakaian bayi ketika hendak mencuci tidak hanya sebatas memisahkan antara baju berwarna dengan yang polos. Akan tetapi, ketika berhadapan dengan kegiatan mencuci bayi anda harus teliti. Pisahkan antara pakaian kotor dengan pakaian bayi yang hanya terdapat keringat. Hal ini penting sekali untuk mencegah penyebaran kuman atau bakteri yang tersisa menempel pada pakaian lainnya. Untuk itu, maka sebaiknya pisahkan antara baju bayi dengan popok kainnya yang terkena dengan noda poopnya dan begitu seterusnya.
    4. Perhatikan penjemuran penting sekali untuk anda dapat menjemur pakaian si kecil sampai kering. Hanya saja, sebaiknya hindari menjemur dibawah sinar matahari yang terlalu terik. Apalagi membuat pakaian si kecil sampai kaku dan keras. Selain membuat pakaian sulit rapih. Tindakan ini akan mungkin membuat serat kain menjadi rusak. Pada akhirnya membuat si kecil yang menggunakan pakaian ini merasa tidak nyaman. Untuk itu, cukup menjemur pakaian sampai kering dan lembut.
    5. Pastikan agar anda menyetrikanya dengan baik untuk menghilangkan serangga yang menempel pada saat dijemur.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 11, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keguguran

  • Oleh : Dewi
  • 8 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

    diare pada bayi 2 bulan

  • Oleh : Luluk mukarromah
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

    terima kasih

    Hamil Dengan Haid Yang Tak Normal

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Sakit dan perih

  • Oleh : Dika andriani
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan