×

Tindakan Yang Benar Ketika Anak Dipukul Temannya

Bagikan Artikel :

Tindakan Yang Benar Ketika Anak Dipukul Temannya

Berselisih adalah hal yang wajar. Bahkan jika tidak bisa mengendalikan emosi perselisihan akan disertai dengan saling memukul. Saling memukul ini tidak hanya dijumpai pada orang dewawa, tapi juga anak-anak. Nah bagi orangtua ga mau dong melihan anak saling memukul, atau bahkan sering di memukul atau pukul temanya? Oke, kali ini Bidan Citra akan berikan tips untuk menghadapi hal ini.

Jangan Menyarankan Untuk Memukul Balik

Menghadapi situasi seperti ini, sebaiknya akan jauh lebih baik jika anak diberi satu instruksi yang jelas. Bangunlah pemikiran anak bahwa setiap diperlakukan tidak baik dan terancam harus mampu membela diri, dan segala tindakan harus ada alasanya. Misalnya ketika akan dipukul temannya, lindungi diri dengan menahan atau memegang tanganya, setelah itu tanyakan “kenapa kamu pukul aku? Memang apa salah aku?”. Beri penjelasan pula bahwa untuk mengekspresikan marah tidak perlu dengan tindakan. Dengan demikian saling memukul akan terhindar.

Selain itu, bila anak saling memukul ajarkan dia mengenali situasinya. Misalnya, diperjelas lagi pada anak, siapa yang memukul duluan. “Apakah anaknya harus dipukul balik, tidak harus. Itu justru mengajarkan anak melakukan bullying. Yang benar adalah melakukan penolakan asertif. “Ajarkan anak mengatakan: “Aku tidak suka dipukul sama kamu. Kenapa kamu pukul Aku?”.

Hal ini memang membutuhkan kemampuan kognitif. Juga menilai kemampuan sosial dan emosional. Karena itu orang tua harus menstimulasi kemampuan sosial dan emosional pada anaknya. “Kemampuan emosional mengatur dirinya menstimulasi dengan cara-cara asertif. Jangan langsung menyuruh anak memukul dan mencelakakan teman. Minta dia menolak dipukul.

Jangan Menyuruh Anak Diam Ketika Di Pukul

Sementara bila orangtua menyarankan pada anak untuk mendiamkan kekerasan yang ia alami juga keliru. Di kemudian hari anak dapat menganggap kalau perilaku kekerasan atau perilaku buruk orang lain terhadap dirinya adalah layak. Atau anak itu bisa tumbuh dengan pribadi yang terbiasa memendam rasa marahnya atau emosi negatif untuk menyenangkan hati rang lain.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 18, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    tumbuh gigi saat lahir

  • Oleh : Jasmine Putri Mustofah
  • 2 tahun yang lalu

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Hamil

  • Oleh : reagantozier95
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    saya melakukan onani, kemudian saya mandi, ganti baju memakai sepatu lalu berkendara 15 menit kemudian tangan kanan saya jari telunjuk dan tengah menyentuh bagian atas vagina istri saya dan istri saya baru haid dapat 3 hari apakah bisa hamil ?

    makanan

  • Oleh : arizka fabianti
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok mau tanya … sya hamil anak ke 2 ini kalau makan yang gizi gizi malah membuat mual tp kalau makan makanan tanpa kuah sama mie instan mau …kadang makan sayur keluar lagi….liat sayur aja mual….gmn mengatasinya dok biar saya gk bergantung makanan nggak sehat…sedangkan makanan tidak sehat tidak membuat nafsu makan sy …mohon jawabannya …trima kasih

    Pil Kontrasepsi

  • Oleh : zane65n04843
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan