×

Tips Agar Anak Tidak Bosan Dan Malas Saat Belajar Di Rumah Selama Pandemi Virus Corona

Bagikan Artikel :

Tantangan baru bagi orangtua menjadi guru saat anak belajar di rumah selama pandemic virus corona. Belajar di rumah adalah aturan yang diterapkan pemerintah pada dunia pendidikan saat ini. Walaupun kebijakan itu sangat baik tetapi belajar di rumah terkadang muncul rasa malas dibandingkan ketika berada di sekolah. Selain itu belajar di rumah dalam jangka waktu yang panjang sangat membosankan. Sebagai orang tua hal ini tentu membuat bingung. Tapi tenang dulu Bun, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar di rumah agar tidak membosankan: Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Di Rumah 1. Ciptakan Ruang Belajar yang Kondusif Ruangan belajar yang bersih akan menciptakan suasana belajar di rumah yang menyenangkan. Selain itu, kerapian juga membuat belajar kita menjadi nyaman. Hal ini menjadikan pikiran pikiran lebih jernih untuk menyerap materi yang dipelajari. Bandingkan apabila ruangan tidak rapi dan kotor, belajar tidak akan nyaman dan tidak bisa fokus. 2. Belajar Sambil Bermain Belajar sambil bermain merupakan salah satu cara agar belajar di rumah tidak membosankan. Belajar tidak selalu dilakukan dengan metode kuno. Belajar bisa dilakukan dengan belajar sambil bermain. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan bermain peran, bermain kuis, melakukan permainan, dan hal-hal lain yang menyenangkan. Melalui kegiatan seperti itu, anak pasti berfikiran kalau belajar bukan merupakan suatu hal yang membosankan. 3. Sediakan Kebutuhan Belajar Memastikan semua kebutuhan belajar untuk menunjang proses belajar. Apabila alat tulis hingga jaringan internet sudah terpenuhi dengan baik maka belajar pun akan lebih fokus dan dapat menyerap materi yang diperoleh dengan maksimal. Bayangkan, apabila tiba-tiba koneksi internet terputus, konsentrasi belajar pasti akan hilang. 4. Siapkan Camilan Ternyata, tidak hanya suasana belajar menyenangkan saja yang perlu diperhatikan, perut juga perlu diperhatikan. Menyediakan camilan ketika belajar di rumah juga dapat membantu menghilangkan rasa bosan dan lapar. Rasa lapar dapat menjadikan kurang fokus ketika belajar. Oleh karena itu, siapkan camilan yang bergizi untuk membantu otak bekerja secara optimal. 5. Beri Waktu Jeda Berikan waktu jeda setengah jam hingga satu jam sebelum mempelajari materi selanjutnya. Hal ini bisa menghindari stress karena berfikir secara terus menerus. 6. Kenali Gaya Belajar Anak Gaya belajar yang salah dapat menentukan hasil belajar anak. terkadang, anak tidak bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal bukan karena tidak bisa, akan tetapi cara belajar mereka yang salah. Apabila anak senang belajar dengan mendengarkan musik maka bisa dilakukan sambil mendengarkan musik sesuai yang mereka sukai. Apabila anak senang belajar sambil melihat gambar maka bisa dilakukan dengan memperhatikan gambar-gambar.

Tantangan baru bagi orangtua menjadi guru saat anak belajar di rumah selama pandemic virus corona. Belajar di rumah adalah aturan yang diterapkan pemerintah pada dunia pendidikan saat ini. Walaupun kebijakan itu sangat baik tetapi belajar di rumah terkadang muncul rasa malas dibandingkan ketika berada di sekolah.

Selain itu belajar di rumah dalam jangka waktu yang panjang sangat membosankan. Sebagai orang tua hal ini tentu membuat bingung. Tapi tenang dulu Bun, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar di rumah agar tidak membosankan:

Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Di Rumah

  1. Ciptakan Ruang Belajar yang Kondusif
    Ruangan belajar yang bersih akan menciptakan suasana belajar di rumah yang menyenangkan. Selain itu, kerapian juga membuat belajar kita menjadi nyaman. Hal ini menjadikan pikiran pikiran lebih jernih untuk menyerap materi yang dipelajari. Bandingkan apabila ruangan tidak rapi dan kotor, belajar tidak akan nyaman dan tidak bisa fokus.
  2. Belajar Sambil Bermain
    Belajar sambil bermain merupakan salah satu cara agar belajar di rumah tidak membosankan. Belajar tidak selalu dilakukan dengan metode kuno. Belajar bisa dilakukan dengan belajar sambil bermain. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan bermain peran, bermain kuis, melakukan permainan, dan hal-hal lain yang menyenangkan. Melalui kegiatan seperti itu, anak pasti berfikiran kalau belajar bukan merupakan suatu hal yang membosankan.
  3. Sediakan Kebutuhan Belajar
    Memastikan semua kebutuhan belajar untuk menunjang proses belajar. Apabila alat tulis hingga jaringan internet sudah terpenuhi dengan baik maka belajar pun akan lebih fokus dan dapat menyerap materi yang diperoleh dengan maksimal. Bayangkan, apabila tiba-tiba koneksi internet terputus, konsentrasi belajar pasti akan hilang.
  4. Siapkan Camilan
    Ternyata, tidak hanya suasana belajar menyenangkan saja yang perlu diperhatikan, perut juga perlu diperhatikan. Menyediakan camilan ketika belajar di rumah juga dapat membantu menghilangkan rasa bosan dan lapar. Rasa lapar dapat menjadikan kurang fokus ketika belajar. Oleh karena itu, siapkan camilan yang bergizi untuk membantu otak bekerja secara optimal.
  5. Beri Waktu Jeda
    Berikan waktu jeda setengah jam hingga satu jam sebelum mempelajari materi selanjutnya. Hal ini bisa menghindari stress karena berfikir secara terus menerus.
  6. Kenali Gaya Belajar Anak
    Gaya belajar yang salah dapat menentukan hasil belajar anak. terkadang, anak tidak bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal bukan karena tidak bisa, akan tetapi cara belajar mereka yang salah. Apabila anak senang belajar dengan mendengarkan musik maka bisa dilakukan sambil mendengarkan musik sesuai yang mereka sukai. Apabila anak senang belajar sambil melihat gambar maka bisa dilakukan dengan memperhatikan gambar-gambar.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 20, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kanker payudara

  • Oleh : Irma Andari
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu saya punya masalah dgn payudara putingnya jika ditekan mengeluarkan cairan berwarna putih bening. Apakah ini termasuk gejala kanker payudara? Bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

    Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Telat Haid

  • Oleh : Ira Putri
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamuallaikum ibu bidan….
    Saya mau tanya saya udah telat haid 19hari sudah berapa kali tes hasilnya negatif salahnya itu dimana ya dok….
    saya jadi bingung…..
    terus saya keputihan terus kayak air terus ada juga berlendir……
    Mintak solusinya dok itu apakah saya beneran hamil atau tidak….
    Terimakasih y dok atas bantuanya

  • Oleh : Ira Putri
  • Benjolan Bawah Dagu

  • Oleh : Rennym
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Tanya Bidan