×

Tips Agar Anak Tidak Bosan Dan Malas Saat Belajar Di Rumah Selama Pandemi Virus Corona

Bagikan Artikel :

Tantangan baru bagi orangtua menjadi guru saat anak belajar di rumah selama pandemic virus corona. Belajar di rumah adalah aturan yang diterapkan pemerintah pada dunia pendidikan saat ini. Walaupun kebijakan itu sangat baik tetapi belajar di rumah terkadang muncul rasa malas dibandingkan ketika berada di sekolah. Selain itu belajar di rumah dalam jangka waktu yang panjang sangat membosankan. Sebagai orang tua hal ini tentu membuat bingung. Tapi tenang dulu Bun, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar di rumah agar tidak membosankan: Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Di Rumah 1. Ciptakan Ruang Belajar yang Kondusif Ruangan belajar yang bersih akan menciptakan suasana belajar di rumah yang menyenangkan. Selain itu, kerapian juga membuat belajar kita menjadi nyaman. Hal ini menjadikan pikiran pikiran lebih jernih untuk menyerap materi yang dipelajari. Bandingkan apabila ruangan tidak rapi dan kotor, belajar tidak akan nyaman dan tidak bisa fokus. 2. Belajar Sambil Bermain Belajar sambil bermain merupakan salah satu cara agar belajar di rumah tidak membosankan. Belajar tidak selalu dilakukan dengan metode kuno. Belajar bisa dilakukan dengan belajar sambil bermain. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan bermain peran, bermain kuis, melakukan permainan, dan hal-hal lain yang menyenangkan. Melalui kegiatan seperti itu, anak pasti berfikiran kalau belajar bukan merupakan suatu hal yang membosankan. 3. Sediakan Kebutuhan Belajar Memastikan semua kebutuhan belajar untuk menunjang proses belajar. Apabila alat tulis hingga jaringan internet sudah terpenuhi dengan baik maka belajar pun akan lebih fokus dan dapat menyerap materi yang diperoleh dengan maksimal. Bayangkan, apabila tiba-tiba koneksi internet terputus, konsentrasi belajar pasti akan hilang. 4. Siapkan Camilan Ternyata, tidak hanya suasana belajar menyenangkan saja yang perlu diperhatikan, perut juga perlu diperhatikan. Menyediakan camilan ketika belajar di rumah juga dapat membantu menghilangkan rasa bosan dan lapar. Rasa lapar dapat menjadikan kurang fokus ketika belajar. Oleh karena itu, siapkan camilan yang bergizi untuk membantu otak bekerja secara optimal. 5. Beri Waktu Jeda Berikan waktu jeda setengah jam hingga satu jam sebelum mempelajari materi selanjutnya. Hal ini bisa menghindari stress karena berfikir secara terus menerus. 6. Kenali Gaya Belajar Anak Gaya belajar yang salah dapat menentukan hasil belajar anak. terkadang, anak tidak bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal bukan karena tidak bisa, akan tetapi cara belajar mereka yang salah. Apabila anak senang belajar dengan mendengarkan musik maka bisa dilakukan sambil mendengarkan musik sesuai yang mereka sukai. Apabila anak senang belajar sambil melihat gambar maka bisa dilakukan dengan memperhatikan gambar-gambar.

Tantangan baru bagi orangtua menjadi guru saat anak belajar di rumah selama pandemic virus corona. Belajar di rumah adalah aturan yang diterapkan pemerintah pada dunia pendidikan saat ini. Walaupun kebijakan itu sangat baik tetapi belajar di rumah terkadang muncul rasa malas dibandingkan ketika berada di sekolah.

Related Posts :

    Selain itu belajar di rumah dalam jangka waktu yang panjang sangat membosankan. Sebagai orang tua hal ini tentu membuat bingung. Tapi tenang dulu Bun, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar di rumah agar tidak membosankan:

    Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Di Rumah

    1. Ciptakan Ruang Belajar yang Kondusif
      Ruangan belajar yang bersih akan menciptakan suasana belajar di rumah yang menyenangkan. Selain itu, kerapian juga membuat belajar kita menjadi nyaman. Hal ini menjadikan pikiran pikiran lebih jernih untuk menyerap materi yang dipelajari. Bandingkan apabila ruangan tidak rapi dan kotor, belajar tidak akan nyaman dan tidak bisa fokus.
    2. Belajar Sambil Bermain
      Belajar sambil bermain merupakan salah satu cara agar belajar di rumah tidak membosankan. Belajar tidak selalu dilakukan dengan metode kuno. Belajar bisa dilakukan dengan belajar sambil bermain. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan bermain peran, bermain kuis, melakukan permainan, dan hal-hal lain yang menyenangkan. Melalui kegiatan seperti itu, anak pasti berfikiran kalau belajar bukan merupakan suatu hal yang membosankan.
    3. Sediakan Kebutuhan Belajar
      Memastikan semua kebutuhan belajar untuk menunjang proses belajar. Apabila alat tulis hingga jaringan internet sudah terpenuhi dengan baik maka belajar pun akan lebih fokus dan dapat menyerap materi yang diperoleh dengan maksimal. Bayangkan, apabila tiba-tiba koneksi internet terputus, konsentrasi belajar pasti akan hilang.
    4. Siapkan Camilan
      Ternyata, tidak hanya suasana belajar menyenangkan saja yang perlu diperhatikan, perut juga perlu diperhatikan. Menyediakan camilan ketika belajar di rumah juga dapat membantu menghilangkan rasa bosan dan lapar. Rasa lapar dapat menjadikan kurang fokus ketika belajar. Oleh karena itu, siapkan camilan yang bergizi untuk membantu otak bekerja secara optimal.
    5. Beri Waktu Jeda
      Berikan waktu jeda setengah jam hingga satu jam sebelum mempelajari materi selanjutnya. Hal ini bisa menghindari stress karena berfikir secara terus menerus.
    6. Kenali Gaya Belajar Anak
      Gaya belajar yang salah dapat menentukan hasil belajar anak. terkadang, anak tidak bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal bukan karena tidak bisa, akan tetapi cara belajar mereka yang salah. Apabila anak senang belajar dengan mendengarkan musik maka bisa dilakukan sambil mendengarkan musik sesuai yang mereka sukai. Apabila anak senang belajar sambil melihat gambar maka bisa dilakukan dengan memperhatikan gambar-gambar.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 20, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apa saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. BulN 3 tgl 11 12 26 syg berhubung intim tapi menggunakan pil kb sekali minum.dan Sampek bulan 4 syg bm m. Tgl 3 BulN 4 aku test garis dua apa saya hamil

  • Oleh : Desy Silvy
  • Batuk dan sesak

  • Oleh : Risky nur
  • 6 tahun, 4 bulan yang lalu

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Nyeri payudara sebelah kanan

  • Oleh : Nadia Kartika
  • 4 tahun yang lalu

    Ass. Dok saya mau tanya. Payudara saya sebelah kanan suka nyeri kadang nyut nyutan. Kata ahli bedah ini gapapa ga jahat. Tapi sampe sekarang masih sakit. Kenapa yaa. Makasih

    Masalah Pencernaan, Susah BAB saat hamil

  • Oleh : Mbak aty
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi,
    Saat ini saya tengah hamil dan memasuki trimester ketiga. Namun, saya mengalami masalah pada pencernaan yang membuat saya susah BAB atau sembelit. Mau minum obat, takutnya kenapa-kenapa. Adakah solusi lain yang bisa mengatasi masalah pencernaan saya selama masa kehamilan?

    Gatal

  • Oleh : Nisa Icaaa
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bubidd, menjelang haid sy selalu gatal, gatalnya dibarengi dengan keputihan seperti lemak . Lalu saya sakit sudah 2hari karna kecapean, sy lihat vagina pun ikut sakit, ada bulat2an putih dan kuning pada area kemaluan sy, sy mau periksa ke dokter takut bubid

  • Oleh : Nisa Icaaa
  • Tanya Bidan