×

Tips Agar Si Kecil Pandai Berhitung

Bagikan Artikel :

Tips Agar Si Kecil Pandai Berhitung
Little boy planning in classroom.

Mengajarkan anak berhitung adalah suatu tantangan bagi orangtua. Kadang bunda dibuat stress oleh si Kecil. Meski demikian bunda harus sabar dan terus belajar bersama si Kecil. Lalu bagaimana cara ampuh agar si Kecil pandai berhitung?

Berhitung merupakan kemampuan dasar yang penting untuk anak-anak. Anak-anak yang mahir berhitung sejak dini akan lebih mudah memahami konsep matematika tingkat lanjut di sekolahnya. Berikut ini beberapa strategi sederhana yang dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa suka dan tertariknya pada berhitung.

Usia Berapa Si Kecil Mulai Belajar Berhitung?

Usia anak yang normal untuk mulai belajar berhitung matematika yaitu usia 4-5 tahun. Pertumbuhan dan perkembangan anak dapat Bunda pantau sesuai poin-poin berikut:2-4

  1. Usia 2-3 tahun mulai belajar menghitung jari
  2. Usia 4 tahun mulai mempelajari kata-kata dan menganti kata-kata dengan pola tertentu, menulis beberapa huruf, mengucapkan dan mengulangi kata-kata sederhana, menambah kosa kata
  3. Usia 5 tahun mulai berhitung jumlah benda atau mainan hingga angka 10
  4. Pada saat usia 6-10 tahun merupakan momen yang tepat untuk anak belajar berhitung, tentu harus disertai kemampuan anak yang sudah memahami berbagai kosakata. Pada usia 6 sampai 10 tahun ini, anak belajar untuk menghitung, memahami angka, memahami jumlah seperti berapa banyak item diatas lantai, mengidentifikasi bentuk dasar persegi dan segitiga, memahami waktu dan nilai dari mata uang, memahami arti dan penggunaan angka 1 sampai 10. Kelas 1 SD anak dapat berhitung menambah dan mengurangi angka 1 sampai 10, pada kelas 2 SD dapat berhitung menambah dan mengurangi angka sampai puluhan, dan pada kelas 3 SD mulai belajar perkalian dan pembagian.

Cara Mengajarkan Anak Berhitung

  1. Ajak anak berhitung kebutuhan harian
    Saat sedang berbelanja tanyakan kepada anak berapa banyak barang yang akan dibeli, seperti berapa jumlah minuman kemasan, jumlah bahan-bahan makanan (pisang, apel, bawang, melon, telur) lalu tanyakan total harga dari semua barang belanjaan tersebut. Beri batas harga yang barang yang boleh dibeli, misalnya maksimal seratus ribu rupiah, maka anak akan berpikir dan menghitung barang dengan harga tertentu yang harus dibatalkan agar tidak melebihi batas seratus ribu rupiah yang telah ditentukan.
    Bila anak Bunda kesulitan, maka boleh dipinjamkan kalkulator, meskipun anak jadi tidak berhitung sendiri, ini adalah awal dari penggunaan dan perkenalan berhitung yang baik bagi anak. Bunda juga mengajari anak berhitung saat memasak, jelaskan kepada anak jumlah bahan makanan yang akan dipakai, misalnya Bunda akan memasak nasi dan mengambil beras dengan cangkir, isilah cangkir beras tersebut sebanyak 1/3 cangkir lalu ulangi sebanyak 3 kali sehingga anak mengerti konsep matematika yang akan dipakai sehari-hari, yaitu 3 buah cangkir yang terisi 1/3 akan setara dengan 1 cangkir penuh. Buat lingkungan anak seolah bermain agar anak senang dan semangat dalam berhitung.
  2. Bermain roleplay
    Saat bermain peran dengan anak, Bunda dapat berperan sebagai kasir dan anak sebagai pembeli. Berikan uang (dapat berupa uang mainan) kepada anak dan sarankan anak untuk memakai sebagian dari uang tersebut untuk membeli makanan favorit anak. Bunda juga dapat menambah kupon agar anak lebih terlatih dalam berhitung. Bila anak sudah mahir maka Bunda dapat bertukar peran menjadi pembeli dan anak sebagai kasir.
  3. Ajak anak bermain games
    Bunda dapat menyemangati anak dengan menjelaskan bahwa berhitung itu bisa membuat anak menjadi orang hebat dimasa depan. Banyak karir yang bisa anak capai bila dapat berhitung dengan baik, anak bisa menjadi astronot, programmer permainan, ilmuwan, dokter, arsitek, dosen, pilot dan sebagainya.
  4. Ajak Anak Menghitung Makanan yang Akan Dikonsumsi
    Saat anak konsumsi makanan, Bunda bisa meletakkan sejumlah hidangan di depannya. Ajaklah anak menghitung jumlah menu yang ada.
  5. Belajar Berhitung dengan Lagu
    Selain membaca, menghitung juga bisa dilakukan dengan lagu. Salah satu lagu yang cocok digunakan untuk belajar berhitung adalah lagu dengan judul Satu Satu Aku Sayang Ibu.
  6. Belajar Berhitung dengan Mainan
    Belajar bisa dilakukan sambil bermain. Bunda bisa meminta anak menghitung mainan saat merapikannya.
  7. Ajak Anak Menghitung lewat Aplikasi
    Tak dapat dipungkiri, era teknologi kini semakin maju. Ada beberapa aplikasi yang dapat mendukung anak untuk berlajar menghitung.
  8. Belajar Melalui Film
    Tips mengajarkan anak berhitung selanjutnya adalah melalui film. Bunda bisa mengajak anak menonton film edukasi yang tentunya ada kaitan dengan menghitung.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bingung dengan seseorang yang ngasih harapan ke kita ngajak serius sedangkan dia

  • Oleh : fajar prasetyo
  • 3 tahun yang lalu

    Dia tadinya mau ngajak serius sama saya dan saya juga mau serius sama dia …dan sedangkan dia punya pacar.
    Dia pernah ditinggal pacarnya nikah ?
    Saya takut kalau dia masih punya fikiran kalau menganggap cwo itu sama semua?

    kehamilan

  • Oleh : winda dwipayani
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    saya telat haid sekitar 5 hari, hari pertama haid terakhir saya tanggal 9 oktober 2020 , berapakah usia kehamilan saya , dan usia kehamilan keberapakah lebih baik dilakukan usg ?

    dan apakah normal/tidak jika saya akhir2 ini serig diare setelah makan ?

  • Oleh : winda dwipayani
  • Pil Kontrasepsi

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Apakah KB aman untuk wanita yang baru menikah?

  • Oleh : Alfiyah
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

    Perbedaan bercak kehamilan dan menstruasi

  • Oleh : Raysha Azzahra
  • 3 tahun yang lalu

    Hpt saya bulan april tgl 22 dok tapi darah yg keluar saat menstruasi hanya sedikit seperti bercak kemudian tgl 3 mei keluar bercak lagi berwarna coklat kira kira karna apa ya dok soal nya saya belum pernah seperti ini berbahaya gak dok

    Tanya Bidan