×

Tips Agar Tidak Menjadi Toxic Parents

Bagikan Artikel :

Tips Agar Tidak Menjadi Toxic Parents

Sebagai orang tua kita tentu ingin melihat anak bahagia dan tidak terjerumus pada hal yang negative. Terkadang perlakuan kita dengan tujuan baik, malah dengan cara yang tidak tepat. Sehingga bisa dikatakan toxic parents. Secara garis besar toxic parent yaitu memperlakukan anak dengan cara yang implisit dan lebih halus, namun bersifat destruktif. Orang tua yang bersifat toxic parents tentu akan jauh dengan anak, karena anak tidak akan merasa nyaman. Oleh karena itu, yuk cegah dan putus pola asuh beracun ini dengan cara :

Related Posts :

    Cara Mencegah Toxic Parent

    1. Minta maaf kepada anak
      Jika orang tua sudah telanjur kehilangan kesabaran dan melakukan kesalahan, misal mengeluarkan kata cacian, mau tidak mau orang tua harus meminta maaf kepada anak. Selanjutnya, bicarakan dengan bahasa yang dipahami anak. Ingatkan anak bahwa ibunya sangat mencintainya dan jelaskan kepadanya mengapa ibunya kehilangan kesabaran. Penting untuk menjelaskan bahwa situasi itu terjadi bukan karena si Kecil anak yang nakal.
    2. Menurunkan ekspektasi
      Ketika memiliki ekspektasi yang tinggi dan hal yang diinginkan tidak bisa terwujud, seseorang akan cepat lelah, lalu menjadi toxic parent. Meluangkan waktu untuk me-time adalah salah satu cara agar seorang ibu mampu menurunkan ekspektasinya. Ketika me-time, ia menerima bahwa kondisinya bisa lelah dan butuh waktu untuk memulihkan dirinya sendiri.
    3. Mengelola stres
      Dengan ekspektasi yang disesuaikan kondisi, maka seorang ibu akan lebih mudah untuk mengelola pikirannya, yang dapat menjadi sumber stresnya.
    4. Jangan langsung menegur dan menasehatinya anak
      Ketika anak melakukan hal yang salah, sebaiknya kita tidak langsung mengklaim kesalahanya dan menceramahinya. Sebaiknya menasehati anak ketika kondisi anak sedang tenang. Dengan demikian anak akan lebih menerima nasehat kita.
    5. Bangun komunikasi efektif dengan pasangan
      Berdasarkan survei, 68 persen responden mengakui bahwa kesibukan masing-masing sering menjadi pemicu konflik pasangan saat mengasuh si Kecil. Para ibu menyadari bahwa kurangnya istirahat dan bantuan suami untuk mengurus tugas rumah tangga menjadi dua faktor yang memengaruhi suasana hati ketika mengasuh anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 9, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    . selamat mlm bu bidan

  • Oleh : Ris Aris Maulana
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mlm bunda

  • Oleh : Ris Aris Maulana
  • Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan saputri
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok

    Terkait KB IUD

  • Oleh : Musiroh Roh
  • 7 bulan, 4 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bian, saya mau bertanya apakah normal jika keputihan berwarna coklat dan terkadang nyeri di panggul. Dan bercampur darah lengket berbau amis. Dulu saya tidak pernah seperti ini namun setelah memakai KB IUD organ vagina saya tidak nyaman, tolong dijawab yaa bu bidan
    Wassalamu’alaikum

  • Oleh : Musiroh Roh
  • Tentang flek

  • Oleh : Arvindy Vindy
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya kan kemarin sempet telat haid 3 hari tapi sudah mengeluarkan flek dikit setetes, lalu ke 4 hari nya saya keluar darah lumayan lalu 5 – 8 hari balik sedikit keluarnya itu pun sekali kadang di singa hati aja, lalu ke 9 gak keluar lalu saat saya kerja keluar lagi darah sedikit pada siang hari dan ke 10 juga gitu , lalu ke 14 nya saya udah gak keluar ya dok, saya berhubungan sama suami saya pada pagi hari gpp kok siang balik keluar flek coklat lagi dok kenapa ya dok

    Tentang payudara

  • Oleh : Nur Nur
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu bidan selama saya hamil, bagian bawah payudara saya merah gatal krn gak sadar saya garuk jadinya luka lecet bagian bawah payudara saya?
    Apa itu normal bawaan hamil atau kanker

    Tanya Bidan