×

Tips Agar Tidak Menjadi Toxic Parents

Bagikan Artikel :

Tips Agar Tidak Menjadi Toxic Parents

Sebagai orang tua kita tentu ingin melihat anak bahagia dan tidak terjerumus pada hal yang negative. Terkadang perlakuan kita dengan tujuan baik, malah dengan cara yang tidak tepat. Sehingga bisa dikatakan toxic parents. Secara garis besar toxic parent yaitu memperlakukan anak dengan cara yang implisit dan lebih halus, namun bersifat destruktif. Orang tua yang bersifat toxic parents tentu akan jauh dengan anak, karena anak tidak akan merasa nyaman. Oleh karena itu, yuk cegah dan putus pola asuh beracun ini dengan cara :

Cara Mencegah Toxic Parent

  1. Minta maaf kepada anak
    Jika orang tua sudah telanjur kehilangan kesabaran dan melakukan kesalahan, misal mengeluarkan kata cacian, mau tidak mau orang tua harus meminta maaf kepada anak. Selanjutnya, bicarakan dengan bahasa yang dipahami anak. Ingatkan anak bahwa ibunya sangat mencintainya dan jelaskan kepadanya mengapa ibunya kehilangan kesabaran. Penting untuk menjelaskan bahwa situasi itu terjadi bukan karena si Kecil anak yang nakal.
  2. Menurunkan ekspektasi
    Ketika memiliki ekspektasi yang tinggi dan hal yang diinginkan tidak bisa terwujud, seseorang akan cepat lelah, lalu menjadi toxic parent. Meluangkan waktu untuk me-time adalah salah satu cara agar seorang ibu mampu menurunkan ekspektasinya. Ketika me-time, ia menerima bahwa kondisinya bisa lelah dan butuh waktu untuk memulihkan dirinya sendiri.
  3. Mengelola stres
    Dengan ekspektasi yang disesuaikan kondisi, maka seorang ibu akan lebih mudah untuk mengelola pikirannya, yang dapat menjadi sumber stresnya.
  4. Jangan langsung menegur dan menasehatinya anak
    Ketika anak melakukan hal yang salah, sebaiknya kita tidak langsung mengklaim kesalahanya dan menceramahinya. Sebaiknya menasehati anak ketika kondisi anak sedang tenang. Dengan demikian anak akan lebih menerima nasehat kita.
  5. Bangun komunikasi efektif dengan pasangan
    Berdasarkan survei, 68 persen responden mengakui bahwa kesibukan masing-masing sering menjadi pemicu konflik pasangan saat mengasuh si Kecil. Para ibu menyadari bahwa kurangnya istirahat dan bantuan suami untuk mengurus tugas rumah tangga menjadi dua faktor yang memengaruhi suasana hati ketika mengasuh anak.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 9, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Obat pencahar untuk ibu hamil

  • Oleh : davegillison
  • 7 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan

    TElat menstruasi

  • Oleh : zamrud zulaikha
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    pagi bu bidan??? saya mau tanya . saya umu 26 untuk th ini . baru menikah 28 november 2018 . 2 bulan setalh nikah menstruasi di tgl yg sama ini menginjak 3 bulan pernikahan jadi telat menstruasi 5 hari . apa yang harusnya saya lakukan?? sedangkan saya sudah trspek juga bbrpa x hasil negatif . dan dengan kondisi seperti ini apakah saya masih boleh mekakukan berhubungan suami istri . terima kasih !:)

    Telat haid

  • Oleh : Nov As
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan. Sebulan yg lalu saya minum obat promil herbal. Dan bulan ini saya sudah 10 hari telat haid. Dan saya testpack dihari ke 7 hasilnya garis 2 atau positif. Tapi saya tidak merasakan tanda2 kehamilan seperti mual dan muntah. Kira2 saya hamil atau hanya efek dari obat promil yg saya minum?

    Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    Menstruasi

  • Oleh : Pebri Dianti
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau nanya, dari awal pertama saya haid mengapa volume darah yg keluar itu sedikit kadang bercak bercak saja dan masa haid nya cuman berlangsung 3 hari itu sudah bersih. Itu bagaimana dok apakah memang sel darah saya yg sedikit atau apa dok? Berbahaya atau tidak?Terimakasih.

    Tanya Bidan