×

Tips Aman Nyeker Pada Anak

Bagikan Artikel :

Tips Aman Nyeker Pada Anak

Nyeker adalah istilah Bahasa Jawa yang berarti tanpa alas kaki. Setelah diteliti membiarkan anak bermain tanpa alas kaki di luar rumah merupakan hal yang penting untuk perkembangannya. Terlihat sangan sederhana, namun hal ini dapat membuat anak memiliki tubuh sehat, kreaktif, prestasi akademik, stabilitas emosi dan kemampuan social yang baik.
Psikoterapis Amy Morin berbagi tips yang perlu diingat ketika orang tua mempertimbangkan bakal membiarkan si kecil nyeker:

  1. Pastikan tempat tidak ada serangga atau hewan yang berbahaya
  2. Tetap perbarui vaksinasi tetanus anak. Beraktivitas di luar rumah ada risiko anak menginjak benda tajam yang bisa menyebabkan mereka terkena tetanus.
  3. Tetap pakaikan tabir surya di kaki anak. Ingat, Bun. Kaki bisa terbakar matahari seperti bagian tubuh lain
  4. Ingat suhunya. Pada hari yang panas, bertelanjang kaki di atas pasir atau aspal dapat menyebabkan luka bakar serius. Makanya, jika hari cerah, anak harus mengenakan sepatu.
  5. Temui dokter jika anak mengalami luka tusukan. Soalnya, luka tusuk pada kaki bisa jadi masalah serius. Jadi, pastikan untuk menghubungi dokter jika anak menginjak benda tajam.
  6. Tetap memakai sepatu dalam situasi yang tidak aman. Jangan biarkan anak berjalan tanpa alas kaki
  7. Pertimbangkan lingkungan. Pikirkan kemungkinan ada serangga, parasit, ular, atau hewan lain yang mungkin bersentuhan dengan kaki anak.
  8. Anak tetap memakai sepatu saat berjalan di sekitar kolam, rumput basah, atau di ruang ganti kolam remang. Sebab, lingkungan yang hangat dan lembap bisa jadi tempat jamur, virus, dan bakteri tumbuh subur.

Tips Aman Nyeker Pada Anak

  1. Lakukan dengan tanpa paksaan, penuh kasih sayang dan tatapn mata yang menyakinkan anak bahwa ini baik-baik saja
  2. Cari temapt yang memiliki banyak tekstur seperti tempat berumput atau pasir
  3. Perhatikan benda tajam kotoran atau serangga yang membahayakan anak.
  4. Potong kuku sependek mungkin dan segera cuci bersih kaki anak setelah bermain
  5. Hindari temapt yang ramai dan patuhi 3M

Keuntungan Lain Nyeker Dibanding Memakai Sepatu

Ketika anak memakai sepatu, masalah terbesarnya adalah gerakan kaki yang jadi kaku. Padahal, seorang anak senang berlari bebas, memanjat pohon, bahkan jungkir balik.
Kurangnya kontak langsung dengan permukaan tempat dia berlari atau memanjat, juga bisa menyebabkan masalah. Yaitu tidak bisa terhubung dengan traksi cabang pohon, misalnya, yang dapat menyebabkan anak tergelincir dan jatuh.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 31, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kapan masa subur pria?

  • Oleh : Riza
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya penasaran nih apakah pria juga memiliki masa subur? Saya hanya tahu wanita saja yang memiliki masa subur. Mohon jawabannya bu bidan

    Penyakit wanita

  • Oleh : Alfina Anggraeni
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Aaalamualaikum dok, saya mau bertanya, di bagian mis v saya di sebelah kanan membengkak, kira kira gejala apa

  • Oleh : Alfina Anggraeni
  • Keluar keputihan dan bercak darah

  • Oleh : Echa Helma
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok, mau tanya saya tanggal 23 juli 2021 keputihan dan vagina rasanya gatal, besoknya keputihan di sertai bercak darah di hari ketiga gatalnya hilang namun keputihan sama bercak darah masih ada udah 6 hari, keputihannya warna kuning namun tidak berbau, itu kenapa ya dok, mohon jawabannya

  • Oleh : Echa Helma
  • telat haid

  • Oleh : ursulakimmel80
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Syirly Urmila
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Siang dok,,, saya ibu menyusui usia 27 tahun bayi usia 1 tahun,,, sya mw tanya,,, tdi pagi wktu sya belanja ke warung tanpa sengaja payudara terkena pukulan tangan sya sendiri,,, saya baru sadar saat bayi sya mau menyusu d payudara saya sebelah kanan ada benjolan sprti ASI yg trsumbat akibat pukulan td,,, tresa nyeri klo dipegang,,, itu kenapa ya dok

  • Oleh : Syirly Urmila
  • Tanya Bidan