×

Tips Ampuh Bikin Bayi Tertidur

Bagikan Artikel :

Tips Ampuh Bikin Bayi Tertidur

Bunda sudah ngantuk, tapi baby masih ngajak main? Atau tidur jadi berantakan karena terbawa jam tidur baby yang belum teratur ?. gimana sih cara baby bisa tidur dan tidur di jam yang teratur?. Sedangkan menidurkan bayi itu kadang butuh perjuangan besar dan tidak mudah. Nah kali ini Bidan Citra akan memberikan tips untuk menidurkan bayi dengan mudah.

Mengapa Baby Sulit Tidur?

Bayi yang menolak ketika diajak tidur bisa terjadi karena beberapa sebab. Mungkin karena ia belum mengantuk, atau ada sesuatu hal yang menarik perhatiannya. Bisa saja itu adalah mainan baru, kehadiran kerabat yang datang menginap di rumah Anda atau hal lainnya. Dan Anda merasa khawatir bayi tak akan mendapat manfaat tidur bagi perkembangannya karena waktu tidur yang kurang.
Menurut pengalaman pribadi, bayi mungil kita sangat peka terhadap apa yang dirasakan ibunya. Mungkin Anda sedang gelisah atau memikirkan suatu hal ketika menidurkan bayi Anda, dan ini bisa membuat detak jantung Anda tak seteratur biasanya. Bayi Anda merasa tak nyaman karena perubahan detak jantung Anda dan ini membuatnya tak ingin tidur.
Bebaskanlah diri Anda dari segala pikiran negatif ketika Anda menidurkan bayi, untuk membuatnya merasa nyaman. Ajak bayi bermain atau berjalan-jalan di sore hari agar ia merasa lelah dan segera tertidur di malam hari.

Agar Si Kecil Bisa Tidur

  1. Banyak dokter yang percaya jika pukul 18:30 dan 19:00 merupakan waktu yang tepat untuk mulai menidurkan bayi di bawah usia 1 tahun.
  2. Mandi dengan air hangat ditambah dengan usapan lembut penuh kasih sayang dapat membuat buah hati menjadi tenang, santai, dan relaks.
  3. Pilih pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti katun, untuk menghindari iritasi pada kulit Si Kecil dan membuat Si Kecil sering terbangun.
  4. Tidurkan si kecil dalam ruangan dengan pencahayaan redup.
  5. Pijat Si Kecil selama 15 menit agar ia tertidur lebih cepat.
  6. Ketika berada dalam kandungan, si kecil terbungkus cairan ketuban. Bedong memberi sensasi yang sama dan membantu dia tidur lebih baik.
  7. Berikan ASI sebelum Si Kecil terbangun dari tidurnya. Jika Si Kecil tidur lebih dulu dari Anda, jangan lupa memberinya ASI ketika Anda hendak tidur. Cara ini dipercaya dapat membuat si kecil tidur lebih lama.
  8. Minyak esensial lavender dikenal dapat membuat siapapun yang menghirupnya menjadi santai dan relaks. Namun, untuk anak usia di bawah 6 bulan atau memiliki kulit dan hidung sensitif, wewangian penenang tersebut cukup didapatkan dari deterjen saat mencuci perlengkapan tidur mereka.
  9. Taruh tangan bunda di perut, lengan, dan kepala Si Kecil untuk membuatnya tenang ketika hendak diletakkan di tempat tidur.
  10. Ketika bayi lahir, mereka dapat mengenali suara orang Berbicara dengan nada menenangkan seperti mendongeng atau menyanyikan lagu nina bobo dapat membantu Si Kecil ke alam mimpi lebih cepat.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 29, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Akibat di obat

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bun selamat malam dan maaf menganggu waktunya semoga degan iklhas hati menerima curhatan saya, sedikit mau curhat ini bun dulu waktu kandungan umur 4 bulan di obat rencana mau di gugurin ternyata tidak berhasil setelah itu keluar darah kental dari V dan saya sangat kecewa bun sekarang anak saya lahir dengan bobot yang normal seperti biasa biasa apakah obatnya tidak bermasalah terimakasih☹️

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Kafein?

  • Oleh : Disa Khaerunisa
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    Tentang miss v

  • Oleh : Dwi Tini
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya kemaren habis cukur rambut di miss v terus ga lama itu ada bisul, lama2 udh pecah terus jadi bengkak dan gatal. Gmna cara ngatasinya dok?

  • Oleh : Dwi Tini
  • Keram perut

  • Oleh : Kikie Amel
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya positif hamil, mens akhir 29juni tp blm memeriksakan diri ke dokter, yg saaya rasakan perut sakit seperti mau haid.. Saya pernh mengalami keguguran pd bln desember 2019 ktnya janin tdk berkembang, normal kah hamil sy yg sering sakit sperti mau haid ini dok??

  • Oleh : Kikie Amel
  • Kurang berat badan

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • 3 minggu, 6 hari yang lalu

    Dok sy mau tanya sy kan dari gadis sdh kurus tapi sekarang sy sdh hamil knp ngk naik berat badan nya ya dan berat badan ideal hamil di semester 3 itu brapa takut baby nya kurang nutrisi

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • Tanya Bidan