×

Tips Anti Stress Untuk Ibu Rumah Tangga

Bagikan Artikel :

Tips Anti Stress Untuk Ibu Rumah Tangga

Tau gak ibu-ibu menurut penelitian tahun 2012 dari University og Akron, ibu rumah tangga ternyata lebih rentan mengalami stress dari pada ibu yang bekerja lho. Sudah tidak heran lagi ya, merawat anak dan mengurus rumah setiap hari, melakukan rutinitas yang sama berulang-ulang memang bikin lelah jiwa raga. Nah agar mood gak naik turun kali ini Bidan Citra mau kasih tips biar ga stress.

Cara Mengurangi Stres Bagi Ibu Rumah Tangga

  1. Menekuni suatu hobi
    Mungkin Anda berpikir bahwa hobi adalah hal terakhir yang dapat dilakukan dengan semua kesibukan mengurus rumah dan anak, namun memiliki aktivitas yang mengalihkan perhatian dan pikiran Anda dari pekerjaan rumah tangga yang membuat stres dan dapat menenangkan pikiran adalah kuncinya. Temukanlah kegiatan apapun yang dapat bekerja untuk menenangkan mental, cara mengatasi stres dan depresi dan memberikan Anda suasana yang berbeda untuk cara mengatasi stres pada ibu rumah tangga.
  2. Mengenali pemicu stres Anda
    Pikirkanlah mengenai kegiatan Anda dalam satu hari. Apakah ada waktu ketika Anda selalu merasa tingkat stres mulai meningkat? Mungkin sewaktu memandikan anak, kerusuhan di pagi hari, atau saat lainnya. Jika Anda telah menemukan situasi yang paling membuat stres, hal itu akan membantu Anda untuk mengelola stres tersebut ketika akan muncul dan memungkinkan untuk mencari cara mencegahnya. Mengenali pemicu stres untuk dapat mencari cara mengatasi stres berat akan membawa efek yang besar pada tingkat stres Anda.
  3. Tetapkan jadwal harian
    Seorang ibu rumah tangga yang tidak memiliki jadwal rutin mungkin saja akan menjadi stres. Buatlah jadwal rutinitas mingguan Anda sendiri dan anak – anak untuk mengurangi kekacauan yang biasa terjadi di rumah. Tentukan jadwal yang tetap setiap harinya. Mengetahui apa yang akan terjadi setiap hari atau paling tidak pada sebagian hari akan membantu Anda untuk mengontrol arus kegiatan dan mengendalikan stres setiap harinya.
  4. Dengarkan musik
    Cara mengatasi stres pada ibu rumah tangga berikutnya adalah dengan mendengarkan musik. Musik dapat mengubah suasana hati kita, seperti yang telah diketahui banyak orang. Susunlah beberapa daftar putar pada alat pemutar musik Anda yang dapat Anda dengarkan ketika sedang melakukan pekerjaan rumah tangga. Mendengarkan musik favorit berguna untuk menjauhkan tanda – tanda depresi dan ciri -ciri sakit jiwa ringan.
  5. Sempatkan berolah raga
    Olah raga atau banyak bergerak dapat mengurangi stres yang dirasakan. Usahakan untuk memperbanyak gerak tubuh, misalnya berolah raga sendiri di rumah dengan bantuan video olah raga, mengajak anak berjalan – jalan di sekitar rumah, mengikuti kelas yoga dengan anak dan lain sebagainya. Meluangkan waktu untuk melakukan gerak tubuh dalam satu hari akan membawa manfaat positif pada tubuh dan pikiran. Anda juga dapat melakukan gerak tubuh ketika anak – anak sedang bersama ayahnya, agar Anda memiliki sedikit waktu pribadi sebagai cara mengatasi stres pada ibu rumah tangga.
  6. Libatkan anak – anak
    Ibu rumah tangga merasa bahwa mereka selalu harus melakukan segalanya sendirian di rumah. Memasak, mengurus anak, membersihkan rumah, berbelanja, semuanya. Sementara Anda sebenarnya dapat melibatkan anak untuk sedikit membantu. Buatlah anak menjadi bagian dari kegiatan Anda sehari – hari di rumah untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah, tentunya disesuaikan dengan usia mereka. Lihatlah apa yang menjadi minat anak pada pekerjaan rumah, dan tugaskan mereka untuk mulai bekerja.
  7. Jangan lupa mengambil napas
    Menarik napas merupakan suatu kegiatan yang sudah jelas, namun ketika Anda sedang stres, pola pernapasan akan berubah dan bisa memperberat emosi yang sudah dirasakan. Anda dapat menenangkan diri sendiri dengan berfokus kepada pernapasan selama beberapa menit.
  8. Menghilangkan pikiran negatif
    Ibu rumah tangga terkadang berpikir bahwa mereka tidak cukup melakukan sesuatu yang berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain. Pikiran negatif tersebut tidak akan membantu dalam usaha mengatasi stres dan justru membuatnya semakin buruk. Menghilangkan pikiran negatif memang bukanlah sesuatu yang mudah karena Anda harus mengekang pikiran tersebut terus menerus sebagai cara menghilangkan beban pikiran hingga Anda terbiasa untuk berpikiran positif.
  9. Mengurangi tuntutan pada diri sendiri
    Terlalu keras pada diri sendiri adalah penyebab stres berikutnya. Seringnya ibu rumah tangga merasa harus memenuhi berbagai harapan tertentu yang ia anggap diinginkan orang lain sehingga bekerja lebih keras daripada seharusnya. Padahal, orang lain tentunya tidak mengetahui apa yang ia alami sehari – harinya dirumah. Mengurangi tuntutan kepada diri sendiri menjadi sesuatu yang sanggup dikerjakan daripada sesuatu yang harus dikerjakan ketika tidak ada waktu akan menjadi cara mengatasi stres pada ibu rumah tangga yang efektif.
  10. Memiliki waktu tenang sejenak
    Tidak semua hal harus Anda kerjakan walaupun Anda tidak memiliki asisten yang membantu di rumah. Terkadang kita membutuhkan waktu untuk tenang sejenak tanpa adanya keributan yang biasa terjadi setiap hari. Itu artinya diantara segala kesibukan Anda di rumah, usahakanlah untuk berhenti sejenak dan mengambil napas. Hal ini penting untuk mengambil waktu dan merefleksikan diri Anda dan juga menenangkan pikiran. Temukan waktu singkat dan tempat yang tenang di rumah untuk menenangkan diri, bernapas dalam, dan berhenti sejenak memikirkan tugas – tugas yang harus dilakukan di rumah.
  11. Jangan memaksa diri
    Jika Anda sudah merasakan bahwa ambang batas stres mendekat, jangan terus memaksa diri untuk melakukan hal – hal yang membuat Anda stres tersebut hanya agar kegiatan tersebut cepat selesai. Jauhi pemicunya untuk sementara dengan mengambil sedikit waktu untuk menenangkan diri. Lakukan sesuatu yang menyenangkan untuk menurunkan tingkat ketegangan dan mencegah stres memuncak, lalu kembalilah mengerjakan tugas Anda setelah perasaan menjadi tenang.
  12. Bangun lebih awal
    Akan lebih menyenangkan untuk ibu rumah tangga yang sibuk untuk bangun lebih awal setiap hari dari pada anggota keluarga yang lain. Mendapatkan sedikit waktu tenang sebelum semua kesibukan di pagi hari terjadi akan efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi rutinitas. Anda bisa melakukan hal – hal pribadi, misalnya berlatih yoga, membaca buku, mandi, atau cukup hanya mencuri waktu tenang sejenak tanpa melakukan apapun.
  13. Kurangi kebisingan
    Apabila rumah Anda penuh dengan suara televisi, radio, pemutar musik atau lainnya ketika Anda sedang merasa stres memuncak, maka matikan semuanya lebih dulu. Suara – suara bising hanya akan menambah tingkat stres Anda ketika suasana rumah juga sedang tidak terkendali. Katika anak – anak sedang sulit ditenangkan atau Anda sedang dalam keadaan terbebani banyak pekerjaan, sebaiknya hentikan dulu semua sumber kebisingan agar Anda dapat berpikir lebih terkendali.
  14. Mulailah dari langkah kecil
    Mungkin Anda merasa sangat lelah dan sedang tidak ingin melakukan apapun yang berkaitan dengan pekerjaan rumah, namun Anda juga tahu jika tidak dikerjakan maka tugas Anda akan menjadi semakin berat. Jika demikian, Anda dapat memulai dari langkah kecil terlebih dahulu. Bagilah pekerjaan yang harus Anda lakukan menjadi langkah – langkah kecil sedikit demi sedikit hingga dapat diselesaikan dengan tuntas. Stres yang tidak diatasi bisa berkembang menjadi macam – macam gangguan jiwa, bukan hanya pada ibu rumah tangga namun juga ada dampak stres pada wanita hamil.
  15. Jangan khawatirkan masa depan
    Pikiran kita kerap kali maju beberapa langkah dan menemukan sesuatu untuk dikhawatirkan di masa depan. Mengantisipasi keadaan adalah suatu pemikiran yang bagus, namun tidak halnya jika itu membuat Anda selalu khawatir akan masa depan. Cara mengatasi stres pada ibu rumah tangga yang terbaik adalah jika Anda bisa memusatkan pikiran hanya pada kesulitan yang akan dihadapi hari ini atau pada masa sekarang ini saja terlebih dahulu. Mengatasi masalah satu persatu akan lebih baik jika dimulai dari masalah yang ada di depan mata, dan bukannya khawatir terhadap masalah yang belum terjadi.
  16. Berusaha lebih fleksibel
    Anda bisa mengalami stres jika terlalu kaku menerapkan target dalam kegiatan sehari – hari. Misalnya jika makan siang tidak tersaji tepat jam 12 siang maka Anda akan panik dan mulai tertekan. Atau Anda memiliki aturan untuk selalu menyajikan makanan di piring tertentu, dan menjadi kesal ketika piring tersebut tidak dapat ditemukan. Berusahalah untuk beradaptasi dengan berbagai macam situasi yang terjadi di rumah Anda dan bersikap lebih fleksibel agar segala kesulitan dapat diatasi dengan baik, dan tidak perlu menimbulkan stres.
    Cara mengatasi stres pada ibu rumah tangga hanya akan dapat berhasil baik jika Anda dapat mengizinkan diri sendiri untuk mengambil kesempatan tersebut. Kerap kali omongan dari orang sekitar pun turut memperparah stres yang dirasakan, namun kita tidak dapat mengontrol apa yang akan orang lakukan atau katakan kepada kita. Perkuatlah keyakinan diri Anda apabila merasa diri Anda sudah benar, dan terimalah saran apabila Anda membutuhkannya. Jangan segan pula untuk mengakui kesalahan yang diperbuat, lalu berusaha memperbaikinya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 16, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Anak usia 2 tahun tidak mau makan sayur

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    Menambah berat badan bayi dalam kandungan dengan posisi bayi yang sungsang

  • Oleh : tylermcphillamy
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Kanker payudara

  • Oleh : Irma Andari
  • 9 bulan yang lalu

    Bu saya punya masalah dgn payudara putingnya jika ditekan mengeluarkan cairan berwarna putih bening. Apakah ini termasuk gejala kanker payudara? Bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

    Penting

  • Oleh : Ananda
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Sekitar bulan agustus 2018 saya di haid hanya 2 hari saja yaitu pd tgl 16 dan 17. Perut bagian kanan juga terasa sakit. Setelah diperiksa ternyata usus besar saya bermasalah. Hingga hari ini 15 desember 2018 saya belum juga haid,perut juga membesar dan keras serta ada benjolan yg suka berpindah-pindah bahkan kadang berdenyut. Kira-kira saya kenapa ya ? Saya belum menikah. Ingin periksa lagi tapi ada rasa malu. Mohon di balas. Terimakasih

    curhat

  • Oleh : Aini Muti
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan