×

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

Ketika buah hati yang dinanti-nanti lahir, bunda tentu masih bingung bagaimana cara memandikanya. Sehingga banyak orangtua yang memilih pelayanan home service kepada bidan untuk menjemur dan memandikan bayi.

Nah oleh karena itu, kali ini bidan Citra akan share cara memandikan bayi baru lahir yang bisa bunda lakukan di rumah..

Perlengkapan yang dibutuhkan saat memandikan bayi

• Waslap lembut
• Ember atau bak mandi kecil
• Sabun dan sampo khusus bayi
• Handuk (disarankan yang ada penutup kepala atau hoodie)
• Popok kering
• Pakaian ganti
Pastikan perlengkapan tersebut disimpan di dekat Anda, sehingga mudah dijangkau ketika membutuhkannya.

Related Posts :

    Cara memandikan bayi baru lahir yang tali pusarnya belum lepas

    1. Gunakan alas dengan permukaan datar
      Alasi meja atau permukaan yang datar seperti lantai dengan alas empuk yang tahan air atau handuk lembut. Anda juga bisa melakukannya di meja untuk mengganti popok bayi.
      Baringkan bayi telentang, kemudian tahan bagian belakang kepala dan lehernya dengan salah satu tangan Anda
    2. Usap dengan lembut
      Setelah dibaringkan, usap tubuh bayi dengan lembut. Mulai dari kepala terlebih dahulu, lalu wajah, telinga, dada, punggung, sampai kaki.
      Usapkan secara perlahan dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air yang cukup hangat. Ini salah satu langkah dari cara memandikan bayi baru lahir.
      Setelah tubuhnya basah, usap lagi dengan waslap dengan sabun yang sangat lembut dan aman untuk bayi yang baru lahir
    3. Bersihkan kedua kelopak mata
      Untuk membersihkan kedua kelopak matanya, siapkan dua lembar kapas lembut yang tidak banyak seratnya.
      Mulailah dari bagian mata yang dekat dengan hidung dan usap ke arah luar. Ulangi pada kelopak mata satunya dengan kapas yang baru. Hati-hati saat mengusap wajah, hindari air masuk ke dalam mulut yang bisa membuat bayi tersedak.
    4. Bersihkan setiap sela-sela tubuh
      Pastikan Anda juga menyeka lekukan-lekukan tubuhnya seperti ketiak, leher, belakang telinga, dan lutut bagian belakang. Ini termasuk cara memandikan bayi baru lahir yang tepat.
    5. Membersihkan alat kelamin
      Akhiri dengan membersihkan organ intim dan pantat bayi, mulai dari depan ke belakang. Angkat bayi dengan kedua tangan Anda dan bungkus dengan handuk kering. Pastikan semua bagian sudah bersih sampai tidak ada feses bayi yang tertinggal.
    6. Ayun-ayun sebelum dipakaikan baju
      Sebelum memakai popok atau baju, peluk dan timang-timang si buah hati. Hal ini bisa memberikan rangsangan bagi indra perabanya sekaligus membangun ikatan yang kuat antara Anda dan bayi. Namun jangan terlalu lama karena si kecil bisa kedinginan.

    Cara memandikan bayi baru lahir yang tali pusarnya sudah lepas

    1. Siapkan air hangat
      Siapkan bak mandi bayi dengan air hangat (dengan suhu kira-kira 37 derajat Celsius) setinggi 5 sentimeter. Kemudian pindahkan bayi ke dalam bak mandi dengan posisi agak tegak.
      Tahan bagian belakang kepala dan leher bayi dengan tangan Anda yang tidak dominan. Artinya, gunakan tangan kiri untuk yang tidak kidal dan tangan kanan untuk yang kidal.
    2. Usap tubuh dengan lembut
      Setelah menahan bagian belakang kepala dan leher, Anda bisa mulai mengusap dengan lembut wajah si kecil memakai waslap. Ikuti dengan kepala dan sekujur tubuhnya. Lalu, tuang sabun mandi yang aman untuk bayi baru lahir di waslap.
      Usap lagi wajah dan seluruh badan bayi, jangan lupa untuk membersihkan setiap lekukan dan lipatan tubuhnya (tak perlu sampai ke dalam telinga atau hidung).
    3. Bersihkan area lipatan
      Bersihkan kedua kelopak mata bayi dengan kain lembut atau kapas yang tidak banyak seratnya. Akhiri dengan membersihkan pantat bayi dan area kelamin, mulai dari depan ke belakang
    4. Biarkan bayi menikmati waktu mandi
      Untuk memberi stimulasi indra peraba bayi, biarkan si buah hati menikmati waktu mandinya dan tuangkan air hangat ke perut atau bahunya pelan-pelan.
      Angkat bayi dengan kedua tangan Anda dan bungkus dengan handuk yang kering. Peluk dan timang-timang bayi setelah mandi untuk menjalin ikatan dan kasih sayang antara ibu dan anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 23, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Pebri Dianti
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya mau nanya, dari awal pertama saya haid mengapa volume darah yg keluar itu sedikit kadang bercak bercak saja dan masa haid nya cuman berlangsung 3 hari itu sudah bersih. Itu bagaimana dok apakah memang sel darah saya yg sedikit atau apa dok? Berbahaya atau tidak?Terimakasih.

    Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Onani

  • Oleh : Herry Firdaus
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sy sudah punya istri tapi masih suka onani itu knp ?

    Terkait KB IUD

  • Oleh : Musiroh Roh
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bian, saya mau bertanya apakah normal jika keputihan berwarna coklat dan terkadang nyeri di panggul. Dan bercampur darah lengket berbau amis. Dulu saya tidak pernah seperti ini namun setelah memakai KB IUD organ vagina saya tidak nyaman, tolong dijawab yaa bu bidan
    Wassalamu’alaikum

  • Oleh : Musiroh Roh
  • Ngilu sendi dan sekitar vagina

  • Oleh : willianbyrnes6
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin bertanya saat ini saya sering merasakan ngilu di persendian juga di area sekita vagina. Gejala tersebut muncul setelah sebulan lalu saya melahirkan, apakah ini berbahaya? dan saya minta saran cara untuk mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

    Tanya Bidan