×

Trik Agar Si Kecil Mau Makan Buah

Bagikan Artikel :

Trik Agar Si Kecil Mau Makan Buah

Selain manis dan menyegarkan buah memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan pencernaan. Orang yang kurang suka makan buah sering mengalami masalah pencernaan salah satunya yaitu sembelit. Biasanya ini dialami oleh anak-anak yang pilih-pilih makanan. Sebagai orang tua, hal ini akan membuat cemas dan khawatir. Tapi tenang aja Bun, kali ini curhat bidan akan share beberapa tips agar si Kecil mau makan buah. Nah, berikut beberapa tips yang bisa bunda coba!

  1. Beri contoh oleh orangtuanya
    Apa yang mereka lihat itulah yang akan mereka lakukan, oleh karena itu jika orang tuanya sering makan buah-buahan maka anak-anak pun pasti akan mengikutinya.
  2. Singkirkan Camilan Manis dan Asin
    Singkirkanlah camilan manis dan asin yang tak menyehatkan. Makanan seperti ini sering kali membuat anak ‘ketagihan’. Selanjutnya, sajikanlah buah-buahan yang menarik perhatiannya. Ketika camilan asin dan manis lenyap dari rumah, maka anak lebih cenderung menikmati buah-buahan yang telah ibu sajikan.
  3. Berikan buah-buahan yang beragam agar tidak bosan
    Sebaiknya jangan menyajikan buah-buahan pada anak yang itu-itu saja. Cobalah berikan menu yang terdiri dari beragam jenis buah. Sebab, semakin banyak buah yang ibu tawarkan, maka semakin banyak pula pilhan untuk Si Kecil.
    Menurut ahli di Stanford Children’s Health, menggabungkan berbagai warna dan jenis buah, bisa mengembangkan banyak rasa sehingga Si Kecil jadi lebih tertarik. Menu buah-buahan yang beragam, tak cuma mencukupi kebutuhan gizi anak saja, tapi juga bisa mencegah timbulnya rasa bosan pada anak.
  4. Biarkan Mereka Memilih
    “Tak kenal maka tak sayang”. Cara membujuk anak agar mau makan buah juga bisa dimulai dengan mengedukasi dirinya. Berilah mereka informasi menarik dan manfaat buah-buahan bagi tubuhnya, tentunya dengan bahasa yang mudah mereka mengerti. Selanjutnya, ajaklah mereka untuk memilih buah-buahan saat berbelanja. Biarkan mereka memilih buah mana yang menarik menurutnya.
  5. Pastikan Ketersediaannya
    Selain dua hal di atas, cara agar anak mau mengonsumsi buah tentunya dengan memastikan ketersediaan buah di rumah. Pastikan buah-buahan segar selalu tersedia. Namun, ingat, letakan buah-buahan di tempat yang bisa dilihat oleh anak.
    Misalnya, meletakan semangkuk apel dan pisang di atas meja dapur yang bisa berfungsi sebagai pengingat. Cara yang satu ini terbilang efektif bagi anak-anak yang lebih besar.
  6. Sembunyikan di Makanan Lain
    Umumnya anak tidak tahu bahwa dirinya telah mengonsumsi buah-buahan, ketika ibu menyembunyikannya di makanan lain. Ibu bisa kok memotong kecil-kecil buah-buahan dan menambahkannya pada makanan lain. Misalnya, memadukan apel atau stroberi pada oatmeal untuk sarapan paginya.
  7. Diolah menjadi makanan lain
    Nah bunda juga bisa lebih berkreasi menyiapkan makanan dengan bahan-bahan buah-buahan. Misalnya di buat jus, salad buah, sop buah, Vietnams spring roll, mango cheese cream, smoothies dan lain-lain. Si kecil tentu akan mencoba dan menyukainya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 31, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bingung hamil atau tidak

  • Oleh : Canti Cintia
  • 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan. Saya mau nanya. Saya udah 6 lebih ngga haid. Saya tes hasilnya negatif terus. Saya usg di bidan juga samar2 bidannya gk mau mesmastikan entah itu apa katanya bukan kista bukan penggumpalan darah dan bukan penebalan dinding rahim. Saya binggung soalnya udah pindah2 bidan katanya juga ga hamil tp perut saya makin membesar sekarang kaki bengkak. Pas 4 bulan sering kedutan. perut saya sekarang beda lagi rasanya lebih kayak gerakan. Kadang suka kenceng. Itu knp ya bu soalnya kalo kata tukang urut saya memang hamil tp kok gitu ya

  • Oleh : Canti Cintia
  • Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    Tentang payudara

  • Oleh : Nur Nur
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu bidan selama saya hamil, bagian bawah payudara saya merah gatal krn gak sadar saya garuk jadinya luka lecet bagian bawah payudara saya?
    Apa itu normal bawaan hamil atau kanker

    Mencegah hamil BO

  • Oleh : Nini Andini
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Mlm dok, sy ingin brtanya
    7hari lalu sy kgguran karna BO, di usia 10w..
    Kapan waktu hamil yg tepat ya dok setelah kgguran? Agar di kehamilan selanjutnya tidak trjadi hamil BO lagi,
    Terimakasih sebelmnya

    Tanya Bidan