×

Trik Agar Si Kecil Mau Makan Buah

Bagikan Artikel :

Trik Agar Si Kecil Mau Makan Buah

Selain manis dan menyegarkan buah memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan pencernaan. Orang yang kurang suka makan buah sering mengalami masalah pencernaan salah satunya yaitu sembelit. Biasanya ini dialami oleh anak-anak yang pilih-pilih makanan. Sebagai orang tua, hal ini akan membuat cemas dan khawatir. Tapi tenang aja Bun, kali ini curhat bidan akan share beberapa tips agar si Kecil mau makan buah. Nah, berikut beberapa tips yang bisa bunda coba!

  1. Beri contoh oleh orangtuanya
    Apa yang mereka lihat itulah yang akan mereka lakukan, oleh karena itu jika orang tuanya sering makan buah-buahan maka anak-anak pun pasti akan mengikutinya.
  2. Singkirkan Camilan Manis dan Asin
    Singkirkanlah camilan manis dan asin yang tak menyehatkan. Makanan seperti ini sering kali membuat anak ‘ketagihan’. Selanjutnya, sajikanlah buah-buahan yang menarik perhatiannya. Ketika camilan asin dan manis lenyap dari rumah, maka anak lebih cenderung menikmati buah-buahan yang telah ibu sajikan.
  3. Berikan buah-buahan yang beragam agar tidak bosan
    Sebaiknya jangan menyajikan buah-buahan pada anak yang itu-itu saja. Cobalah berikan menu yang terdiri dari beragam jenis buah. Sebab, semakin banyak buah yang ibu tawarkan, maka semakin banyak pula pilhan untuk Si Kecil.
    Menurut ahli di Stanford Children’s Health, menggabungkan berbagai warna dan jenis buah, bisa mengembangkan banyak rasa sehingga Si Kecil jadi lebih tertarik. Menu buah-buahan yang beragam, tak cuma mencukupi kebutuhan gizi anak saja, tapi juga bisa mencegah timbulnya rasa bosan pada anak.
  4. Biarkan Mereka Memilih
    “Tak kenal maka tak sayang”. Cara membujuk anak agar mau makan buah juga bisa dimulai dengan mengedukasi dirinya. Berilah mereka informasi menarik dan manfaat buah-buahan bagi tubuhnya, tentunya dengan bahasa yang mudah mereka mengerti. Selanjutnya, ajaklah mereka untuk memilih buah-buahan saat berbelanja. Biarkan mereka memilih buah mana yang menarik menurutnya.
  5. Pastikan Ketersediaannya
    Selain dua hal di atas, cara agar anak mau mengonsumsi buah tentunya dengan memastikan ketersediaan buah di rumah. Pastikan buah-buahan segar selalu tersedia. Namun, ingat, letakan buah-buahan di tempat yang bisa dilihat oleh anak.
    Misalnya, meletakan semangkuk apel dan pisang di atas meja dapur yang bisa berfungsi sebagai pengingat. Cara yang satu ini terbilang efektif bagi anak-anak yang lebih besar.
  6. Sembunyikan di Makanan Lain
    Umumnya anak tidak tahu bahwa dirinya telah mengonsumsi buah-buahan, ketika ibu menyembunyikannya di makanan lain. Ibu bisa kok memotong kecil-kecil buah-buahan dan menambahkannya pada makanan lain. Misalnya, memadukan apel atau stroberi pada oatmeal untuk sarapan paginya.
  7. Diolah menjadi makanan lain
    Nah bunda juga bisa lebih berkreasi menyiapkan makanan dengan bahan-bahan buah-buahan. Misalnya di buat jus, salad buah, sop buah, Vietnams spring roll, mango cheese cream, smoothies dan lain-lain. Si kecil tentu akan mencoba dan menyukainya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 31, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Perbedaan darah haid sama keguguran

  • Oleh : Altapi Altapi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok kenapa suka kram perut sma kram pinggang mual² pusing lelah ngantuk kenapa klo misalkan hamil kan dok saya kan sudah haid tapi darah nya ngegumpal seperti orang keguguran kenapa itu dok

  • Oleh : Altapi Altapi
  • Reproduksi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

    Belum bisa tengkurap

  • Oleh : Yuli Awalia
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang dok, kenapa yah anak saya 5bulan 11 hari blum bisa tengkurap sendiri

  • Oleh : Yuli Awalia
  • Warna seperma kuning dan ejakulasi dini

  • Oleh : Saepudin
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Maaf dok mau tanya saya udah lama mengalami warna sperma kuning itu kurang lebih setengah taun awalnya sih gk curiga cuma kesini kesini jadi kepikiran karena keseringan mengalaminya … Untuk cara mengatasinya gimana mohon kasih saran dok mau itu dengan obat atau konsultasi dulu agar lebih terperinci agar tau awalnya datang dari mana ,, makasih dok di tunggu bls’an nya

  • Oleh : Saepudin
  • Tanya Bidan