×

Trik Agar Si Kecil Mau Makan Buah

Bagikan Artikel :

Trik Agar Si Kecil Mau Makan Buah

Selain manis dan menyegarkan buah memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan pencernaan. Orang yang kurang suka makan buah sering mengalami masalah pencernaan salah satunya yaitu sembelit. Biasanya ini dialami oleh anak-anak yang pilih-pilih makanan. Sebagai orang tua, hal ini akan membuat cemas dan khawatir. Tapi tenang aja Bun, kali ini curhat bidan akan share beberapa tips agar si Kecil mau makan buah. Nah, berikut beberapa tips yang bisa bunda coba!

  1. Beri contoh oleh orangtuanya
    Apa yang mereka lihat itulah yang akan mereka lakukan, oleh karena itu jika orang tuanya sering makan buah-buahan maka anak-anak pun pasti akan mengikutinya.
  2. Singkirkan Camilan Manis dan Asin
    Singkirkanlah camilan manis dan asin yang tak menyehatkan. Makanan seperti ini sering kali membuat anak ‘ketagihan’. Selanjutnya, sajikanlah buah-buahan yang menarik perhatiannya. Ketika camilan asin dan manis lenyap dari rumah, maka anak lebih cenderung menikmati buah-buahan yang telah ibu sajikan.
  3. Berikan buah-buahan yang beragam agar tidak bosan
    Sebaiknya jangan menyajikan buah-buahan pada anak yang itu-itu saja. Cobalah berikan menu yang terdiri dari beragam jenis buah. Sebab, semakin banyak buah yang ibu tawarkan, maka semakin banyak pula pilhan untuk Si Kecil.
    Menurut ahli di Stanford Children’s Health, menggabungkan berbagai warna dan jenis buah, bisa mengembangkan banyak rasa sehingga Si Kecil jadi lebih tertarik. Menu buah-buahan yang beragam, tak cuma mencukupi kebutuhan gizi anak saja, tapi juga bisa mencegah timbulnya rasa bosan pada anak.
  4. Biarkan Mereka Memilih
    “Tak kenal maka tak sayang”. Cara membujuk anak agar mau makan buah juga bisa dimulai dengan mengedukasi dirinya. Berilah mereka informasi menarik dan manfaat buah-buahan bagi tubuhnya, tentunya dengan bahasa yang mudah mereka mengerti. Selanjutnya, ajaklah mereka untuk memilih buah-buahan saat berbelanja. Biarkan mereka memilih buah mana yang menarik menurutnya.
  5. Pastikan Ketersediaannya
    Selain dua hal di atas, cara agar anak mau mengonsumsi buah tentunya dengan memastikan ketersediaan buah di rumah. Pastikan buah-buahan segar selalu tersedia. Namun, ingat, letakan buah-buahan di tempat yang bisa dilihat oleh anak.
    Misalnya, meletakan semangkuk apel dan pisang di atas meja dapur yang bisa berfungsi sebagai pengingat. Cara yang satu ini terbilang efektif bagi anak-anak yang lebih besar.
  6. Sembunyikan di Makanan Lain
    Umumnya anak tidak tahu bahwa dirinya telah mengonsumsi buah-buahan, ketika ibu menyembunyikannya di makanan lain. Ibu bisa kok memotong kecil-kecil buah-buahan dan menambahkannya pada makanan lain. Misalnya, memadukan apel atau stroberi pada oatmeal untuk sarapan paginya.
  7. Diolah menjadi makanan lain
    Nah bunda juga bisa lebih berkreasi menyiapkan makanan dengan bahan-bahan buah-buahan. Misalnya di buat jus, salad buah, sop buah, Vietnams spring roll, mango cheese cream, smoothies dan lain-lain. Si kecil tentu akan mencoba dan menyukainya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 31, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hamil atau tidak

  • Oleh : Khanifah Syafira
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamuallaikum ibu bidan ..
    Saya mau tanya ..
    Saya sudah telat haid satu Minggu dan di keputihan saya ada bercak darah tapi cuma sedikit dan hanya terjadi dalam 2 hari .. setelah itu keputihan saya jadi banyak dan warnanya agak bening .. saya pikir saya hamil karna ciri2nya menuju ke arah tanda kehamilan tapi pas saya respek hasilnya negatif ..

    Apakah ada yang salah pada saya Bu ?

  • Oleh : Khanifah Syafira
  • Masa subur

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 5 tahun yang lalu

    Masa nifas saya selesai tgl 4nov.2017..Masa subur saya kira2 tgl BRP yah..

    resiko petting

  • Oleh : Asep Lambo
  • 3 bulan, 4 minggu yang lalu

    Izin bertanya,
    Tanggal 14 adalah awal pertama saya menstruasi dan berhenti di tanggal 19

    Di tanggal 22 saya melakukan petting dengan pasangan saya(dengan pakaian lengkap CD dan celana),apakah beresiko hamil?

    Terus di tanggal 28 ini saya mengalami pengeluaran cairan,ciri cairannya bening, apakah ini pertanda hamil?atau pertanda saya sedang masa subur saya?
    Terimakasih:)

  • Oleh : Asep Lambo
  • Pil Kontrasepsi

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Masalah haid

  • Oleh : Yunita Oktaviani
  • 2 tahun yang lalu

    Bu bidan saya sudah menikah 1 tahun.
    Tp saya tdk haid sdh sekitar 11 bulan tp saya blm jg hamil. Sdh usg kata nya tdk ada miom atau kista. Masalah nya apa ya?

  • Oleh : Yunita Oktaviani
  • Tanya Bidan