×

Trik Merawat Rambut Si Kecil Yang Keriting

Bagikan Artikel :

Trik Merawat Rambut Si Kecil Yang Keriting

Rambut si kecil keriting Bun? Memang sedikit sulit merawat rambut keriting pada anak a karena rambut lebih cepat kusut. Hal ini tentu membutuhkan produk sampo dan kondisioner khusus, dan juga perlu disisir dengan sikat yang berbeda.

Setiap orang ingin memiliki rambut yang sehat, terutama rambut si kecil. Apabila rambut si kecil terlihat sehat tentu bunda akan dinilai baik dalam mengurus anak. Ciri-ciri rambut yang sehat terlihat bersih, lembut, berkilau, tidak kusut, bergoyang ketika menggelengkan kepala.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, tidak hanya dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan yang baik dan bebas penyakit, tetapi juga melakukan perawatan rambut setiap hari. Nah ada beberapa trik untuk merawat rambut si Kecil yang keriting. Simak penjelasannya di bawah ya Bun!

Related Posts :

    Cara Merawat Rambut Keriting Anak

    1. Sering Memotong Rambut (Trim)
      Karena rambut keriting cenderung mengembang dan mudah kusut, Bunda sebaiknya rutin melakukan trim rambut. Apalagi rambut keriting punya kecenderungan lebih mudah patah dan kering. Selain itu, memotong rambut keriting secara rutin juga menjaga penampilan Si Kecil lebih rapi, dan ia merasa tidak terganggu ketika bergerak aktif.
    2. Jangan Memotong Rambut Sendiri
      Tidak seperti rambut lurus, memotong keriting adalah suatu seni, dan bukan sembarang orang bisa melakukannya. Potong rambut Si Kecil di salon untuk perawatan rambut keriting anak. Ini karena helai rambut keriting tumbuh dengan kecepatan yang berbeda-beda dan ada berbagai tingkat keriting di kepala. Sehingga, perlu menemukan seseorang yang dapat menyeimbangkan semua perbedaan ini. Tentunya, penata rambut di salon akan lebih mengerti bagaimana cara menjadikan rambut keriting lebih teratur dan membuat potongannya lebih rapi ketimbang Bunda memotong sendiri.
    3. Jangan Mencuci Rambut Keriting Setiap Hari
      Sebaiknya jangan mencuci rambut keriting setiap hari, karena dapat membuat rambut kering. Tidak apa-apa bagi rambut keriting untuk tidak keramas selama sehari, atau hanya keramas di bagian yang berminyak saja. Rawat rambut keriting anak dengan mencucinya setidaknya dua kali dalam seminggu, atau ketika aroma rambutnya sudah tidak enak atau mulai muncul ketombe. Ketika menggunakan sampo, jangan menggosok dan mengacak-acak rambut. Namun, gosok kulit kepala dengan ujung jari, dan pijat helaian rambut dengan lembut menggunakan jari-jari juga saat keramas. Meskipun rambut keriting tidak perlu dicuci setiap hari, tetapi jangan sampai tidak menggunaan kondisioner setiap Si Kecil keramas ya. Karena itu, sebaiknya beli paket sampo dan kondisioner khusus untuk anak.
    4. Gunakan Sisir Bergigi Jarang
      Untuk menyisir rambut, sebaiknya gunakan sisi bergigi jarang sebagai produk perawatan rambut keriting anak. Jangan memakai sisir dengan bantalan karena sisir jenis ini tidak dimaksudkan untuk rambut ikal. Sebaiknya, sediakan sisir bergigi jarang di setiap kamar rumah, sehingga apabila Si Kecil sedang terburu-buru, ia tidak menggunakan sisir dengan bantalan. Sebagai produk tambahan, Bunda dapat menyediakan spray khusus rambut ikal yang bisa membantu mengatur rambut keriting anak agar tidak mudah kusut ketika tertiup angin.
    5. Keringkan Rambut dengan Benar
      Ketika mengeringkan rambut, jangan menggosoknya atau mengacak-acak rambut keriting. Sebaiknya, tepuk-tepuk sambil ditekan menggunakan handuk. Lebih baik jika mengeringkan rambut dengan udara. Untuk merawat rambut keriting anak, meskipun terlihat bergerombol, jangan mengacak-acaknya sampai rambut benar-benar kering.
    6. Hindari dari Faktor Perusak Rambut
      Terakhitr, agar rambut keriting anak tetap sehat, hindari dari faktor-faktor yang dapat merusak rambut dan membuatnya rusak atau terlalu kering seperti sinar matahari, bahan kimia berbahaya, pengering rambut, catokan dan lain-lain. Usahakan gunakan topi saat terkena sinar matahari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 22, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit pinggang di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • Keputihan

  • Oleh : Fau Ziyah
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu akhir akhir ini saya keluar keputihan putih susu,berbau seperti tempe busuk,dan gatal Bu kira kira apa penyebab nya yah

    Hamil bagi penderita diabetes

  • Oleh : uye (wanita)
  • 6 tahun yang lalu

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Tentang mslh alat reproduksi wanita

  • Oleh : Husnul Mubarok
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Istri melahirkan normal akan tetapi pendarahan dan di jahit vaginaya dan pertanyaan ya knpa kalu stlh berhubungan istri sy kesakitan Bu bidan? Apakah bahaya? Trmksh

    Bayi Berkeringat Di Malam Hari

  • Oleh : Himawan
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

    Tanya Bidan