×

Usia Berapa Sebaiknya Si Kecil Dilatih Membaca?

Bagikan Artikel :

Usia Berapa Sebaiknya Si Kecil Dilatih Membaca?

Mengajarkan huruf, angka hingga membaca dan berhitung bukan lagi hanya di sekolah saja. Orang tua juga berperan penting dalam keikutsertaan mengajarinya. Agar tumbuh kembangnya optimal sebaiknya orangtua mengajari membaca sebelum si Kecil masuk sekolah. Lalu, kapan usia anak mulai bisa diajarkan membaca? Sebaiknya persiapkan anak untuk melalui tahap proses membaca. Umumnya, anak yang memasuki usia 6–7 tahun sudah mahir membaca. Sedangkan ibu bisa mengajarkan anak membaca, saat anak memasuki usia 4–5 tahun.

Tahapan Anak Untuk Mulai Berlatih Membaca

  1. Pada Usia 1–3 Tahun
    Pada usia ini, biasanya anak akan mengerti apa yang dibacakan oleh orangtuanya. Anak-anak akan mampu untuk menyebutkan gambar yang ada dalam buku. Anak juga akan mengenal dan mempunyai buku kesayangan yang lebih sering dibaca dibandingkan buku yang lain. Tidak ada salahnya ibu mendampingi anak dengan membacakan buku yang diinginkan anak secara jelas. Jangan lupa untuk mengenali gambar atau tulisan yang ibu bacakan untuk anak. Dengan begitu, anak akan lebih mengenal jenis huruf.
  2. Usia 4–5 Tahun
    Pada usia ini, anak sudah mengenal jenis huruf dan mulai bisa diajarkan untuk membaca. Anak akan mengembangkan kosakata yang ia miliki. Tidak hanya itu, anak juga bisa membaca tanda maupun simbol yang mereka lihat. Anak usia ini juga sudah mulai mengenal suku kata, sehingga lebih mudah untuk diajarkan membaca satu atau dua kata. Memasuki usia 5 tahun, biasanya anak-anak sudah mulai paham cara membaca yang sesuai dengan artinya. Mereka juga mulai mampu untuk mengidentifikasi cerita dari bacaan yang mereka baca.
  3. Usia 6–7 Tahun
    Usia ini biasanya anak sudah memiliki buku kesayangan untuk dibaca. Biasanya, di usia ini mereka sudah mulai bisa membaca beberapa kalimat dengan jelas. Jika ada kata atau kalimat yang kurang mereka pahami, mereka akan bertanya atau memperhatikan gambar yang disediakan dalam buku. Mereka juga akan mengoreksi dirinya sendiri saat mendapati mereka salah membaca suatu kata. Itulah beberapa tahapan usia dimana ibu bisa mendampingi anak dalam memasuki proses membaca. Biasanya, memasuki usia 8 tahun hingga ke atas, anak sudah mulai mampu membaca bacaan lebih detail dan rapih. Pada usia ini, anak-anak juga akan lebih mengerti bacaan yang mereka baca.
  4. Usai 8-13 tahun
    Bahkan, memasuki usia 8–13 tahun kemampuan membacanya sudah sangat baik. Kondisi ini membuat anak sudah bisa menentukan jenis bacaan yang ia sukai. Mulai dari komik, cerpen, biografi, hingga novel. Sebaiknya dampingi anak dalam setiap proses membaca sehingga kemampuan anak dapat dilatih secara optimal. Tentunya, kondisi ini juga perlu dibantu dengan kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik. Selain memberikan berbagai jenis makanan sehat untuk memenuhi asupan nutrisi, ibu juga bisa memberikan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 14, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ibu hamil

  • Oleh : Feri Hariadi
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok…saya hamil 6 bulan sering nyeri kemaluan ada bengkaknya juga.kata bidan saya di desa saya juga ada varises bagiman a cara mengatasinya apakah saya juga bisa lahir normal

  • Oleh : Feri Hariadi
  • BENJOLAN PAYUDARA

  • Oleh : Teguh Prastio
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hai Dok saya mau tanya, kenapa adik perempuan saya yg berumur 23 tahun ada benjulan di atas putingnya dan benjolan nya itu pecah ngeluarkan nanah hijau.
    Jenis penyakit apa ini dok

    #mohon di jabab.

  • Oleh : Teguh Prastio
  • Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Tolong kasih tau saya.. ini knpa ada benjolan di pinggir vagina.. kadang terasa sakit

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok.

    telur bebek+madu

  • Oleh : fadlan lamarundu
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    pertanyaan pertama:
    apakah dgn meminum kuning telur bebek+madu baik untuk kesehatan?

    pertanyaan kedua:
    kalo memang dgn meminum kuning telur bebek+madu baik untuk kesehatan atau bnyk khasianya, sebaiknya untuk mengkonsumsi kuning telur bebek+madu itu baiknya pagi hari atau malam hari?

    semoga jawaban ibu bisa bermanfaat

    Tanya Bidan