×

Usia Berapa Sebaiknya Si Kecil Dilatih Membaca?

Bagikan Artikel :

Usia Berapa Sebaiknya Si Kecil Dilatih Membaca?

Mengajarkan huruf, angka hingga membaca dan berhitung bukan lagi hanya di sekolah saja. Orang tua juga berperan penting dalam keikutsertaan mengajarinya. Agar tumbuh kembangnya optimal sebaiknya orangtua mengajari membaca sebelum si Kecil masuk sekolah. Lalu, kapan usia anak mulai bisa diajarkan membaca? Sebaiknya persiapkan anak untuk melalui tahap proses membaca. Umumnya, anak yang memasuki usia 6–7 tahun sudah mahir membaca. Sedangkan ibu bisa mengajarkan anak membaca, saat anak memasuki usia 4–5 tahun.

Tahapan Anak Untuk Mulai Berlatih Membaca

  1. Pada Usia 1–3 Tahun
    Pada usia ini, biasanya anak akan mengerti apa yang dibacakan oleh orangtuanya. Anak-anak akan mampu untuk menyebutkan gambar yang ada dalam buku. Anak juga akan mengenal dan mempunyai buku kesayangan yang lebih sering dibaca dibandingkan buku yang lain. Tidak ada salahnya ibu mendampingi anak dengan membacakan buku yang diinginkan anak secara jelas. Jangan lupa untuk mengenali gambar atau tulisan yang ibu bacakan untuk anak. Dengan begitu, anak akan lebih mengenal jenis huruf.
  2. Usia 4–5 Tahun
    Pada usia ini, anak sudah mengenal jenis huruf dan mulai bisa diajarkan untuk membaca. Anak akan mengembangkan kosakata yang ia miliki. Tidak hanya itu, anak juga bisa membaca tanda maupun simbol yang mereka lihat. Anak usia ini juga sudah mulai mengenal suku kata, sehingga lebih mudah untuk diajarkan membaca satu atau dua kata. Memasuki usia 5 tahun, biasanya anak-anak sudah mulai paham cara membaca yang sesuai dengan artinya. Mereka juga mulai mampu untuk mengidentifikasi cerita dari bacaan yang mereka baca.
  3. Usia 6–7 Tahun
    Usia ini biasanya anak sudah memiliki buku kesayangan untuk dibaca. Biasanya, di usia ini mereka sudah mulai bisa membaca beberapa kalimat dengan jelas. Jika ada kata atau kalimat yang kurang mereka pahami, mereka akan bertanya atau memperhatikan gambar yang disediakan dalam buku. Mereka juga akan mengoreksi dirinya sendiri saat mendapati mereka salah membaca suatu kata. Itulah beberapa tahapan usia dimana ibu bisa mendampingi anak dalam memasuki proses membaca. Biasanya, memasuki usia 8 tahun hingga ke atas, anak sudah mulai mampu membaca bacaan lebih detail dan rapih. Pada usia ini, anak-anak juga akan lebih mengerti bacaan yang mereka baca.
  4. Usai 8-13 tahun
    Bahkan, memasuki usia 8–13 tahun kemampuan membacanya sudah sangat baik. Kondisi ini membuat anak sudah bisa menentukan jenis bacaan yang ia sukai. Mulai dari komik, cerpen, biografi, hingga novel. Sebaiknya dampingi anak dalam setiap proses membaca sehingga kemampuan anak dapat dilatih secara optimal. Tentunya, kondisi ini juga perlu dibantu dengan kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik. Selain memberikan berbagai jenis makanan sehat untuk memenuhi asupan nutrisi, ibu juga bisa memberikan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 14, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Gelembung/kantong

  • Oleh : Dewi Gita
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok, knpa di vagina saya kalau lubangnya di buka trlihat ada seperti gelembung yg isi cairan dok?

  • Oleh : Dewi Gita
  • Kontrasepsi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    gangguan kehamilan

  • Oleh : Rezkika Ayu Pribadi
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    dok,mau tanya dong kenapa ya setelah saya minum soda perut saya sakit sekali nyeri dibagian semua perut dan punggung, pinggang saya juga sakit sekali,dan celana dlm saya terasa basah dan saya lihat pagi hari nya berwarna coklat agak kuning dok, tlg jwb ya

    Pusar bayi yang bernanah

  • Oleh : audrycolunga4
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

    Tentang haid

  • Oleh : Devi Dwi hidayanti Devi
  • 8 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum Bu bidan ini say mau nanya saya devi umur 21 baru menikah dpt 1 tahun saya punya keluhan Bu tentang haid ,haid saya tidak teratur kadang telat 3 bulan tidak haid tapi saat tanggal haid selalu ada gumpalan warna coklat gelap Bu tapi tidak keluar darah SMA Skali saat 3 bulan itu trs sya sempat pijat dlu hbis pijat tu sya lncar haid setelah lancar itu sekarang saya tidak haid lagi 2 bulan dan sama 2 bulan itu sya keluar gumpalan coklat kehitaman tapi gumpalan itu tidak keluar Bu saya bersihkan pake telunjuk dan sya keluarkan ada gumpalan itu tiap tanggal haid itu gimana ya Bu bidan sya minta tolong sarannya dan knp kok seperti itu karena saya ingin hamil 😥 tapi haid saya seperti itu

  • Oleh : Devi Dwi hidayanti Devi
  • Tanya Bidan