Pentingnya Asupan Asam Folat Pada Masa Awal Kehamilan

Menurut Dr. Bambang Fajar, Sp.OG dari RS International Bintaro, Tangerang, asam folat adalah salah satu gugus yang berperan dalam pembentukan DNA pada proses erithropoesis. Yaitu, dalam pembentukan sel-sel darah merah atau eritrosit (butir-butir darah merah) dan perkembangan sistem syaraf.

Sedangkan kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Noroyono Wibowo, di Jakarta mengungkapkan bahwa,”ibu hamil harus mengkonsumsi mikronutrien utama pada masa sebelum dan awal kehamilan. Mikronutrien ini antara lain asam folat, vitamin B12, vitamin B6, antioksidan, zat besi, dan zinc”. Terutama asam folat, karena sangat baik dalam mencegah kecacatan otak pada anak. Maka dari itu, berikut ini pentingnya asupan asam folat pada masa kehamilan.

Pentingnya Asupan Asam Folat Pada Masa Awal Kehamilan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tubuh orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari atau sama dengan 2 gelas susu. Sedangkan pada wanita hamil, asupan asam folat yang diperlukan 800 mikrogram per hari.

Orang yang kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan metabolisme DNA, akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi intisel terutama sel-sel yang cepat membelah. Sedangkan pada ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat menyebabkan naiknya risiko anemia. Sehingga ibu mudah lelah, letih, dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran.

Sebenarnya, mengkonsumsi asam folat tidak hanya ketika hamil saja, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat. Asam folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asam folat bisa mencegah anemia dan menurunkan risiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects) dan sebagai antidepresan.

Bahaya kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat berpengaruh pada janin seperti misalnya menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan, seperti:

  • Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang,
  • Bayi mengalami bibir sumbing,
  • Bayi lahir dengan berat badan rendah
  • Down syndrome
  • Bayi mengalami kelainan pembuluh darah yang diakibatkan oleh rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah
  • Lepasnya plasenta sebelum waktunya
  • Mengalami gangguan buang air besar dan kecil
  • Anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi
  • Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi.

Maka dari itu, penting sekali bagi setiap orang untuk memenuhi asupan folat setiap harinya. Adapun sumber atau penghasil asam folat yang bisa Anda dapatkan diantaranya yaitu: sayuran hijau, hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan dan jeruk. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk dapat menghambat kerusakan folat. Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian dan buah kecuali jeruk. Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kehamilan. Oleh sebab itu, digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi.

Itulah betapa pentingnya asupan asam folat bagi ibu hamil dan janin. Bagi Anda yang ingin menanyakan seputar keluhan kesehatan selama masa kehamilan. Silahkan dishare di kolom tanya bidan, dan kami akan menjawabnya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Citra Dewi Amd.Keb - December 26, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Pantangan makanan setelah sunat

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
ANGGUN

Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

Dijawab Oleh : ANGGUN
Diskusi Dari:
hanis

Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
ade

Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

Dijawab Oleh : ade