Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

Saat masa kehamilan, Anda harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan kesehatan bayi yang dikandung, karena kesehatan janin yang dikandung dipengaruhi oleh kesehatan ibu. Selain itu, asupan makanan ibu juga mesti diperhatikan kandungan gizinya.

Salah satu vitamin atau zat gizi yang perlu diperhatikan selama kehamilan diantaranya yaitu vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi ibu dan janin selama dalam kandungan. Selain itu, berikut ini ulasan artikel kesehatan mengenai pentingnya asupan vitamin B kompleks saat masa kehamilan.

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

Produksi energi dalam tubuh
Ibu hamil membutuhkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan kebutuhan energi tersebut dibagi-bagi dengan janin yang ia kandung. Maka dari itu, konsumsi makanan bervitamin B kompleks sangat cocok diberikan saat hamil untuk menambah energi. Karena, vitamin B kompleks dalam tubuh akan bekerja mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa inilah yang nantinya akan menghasilkan energi didalam tubuh.

Menurunkan risiko bayi cacat lahir
Vitamin B kompleks dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat, terutama yaitu fungsi dari vitamin B9 atau asam folat. Maka dari itu, ibu yang tengah hamil sebaiknya perbanyak asupan makanan bervitamin B kompleks, supaya kebutuhan vitamin B kompleks tersebut dapat terpenuhi dengan cukup.

Mengoptimalkan pertumbuhan janin
Janin yang tumbuh dengan baik akan melahirkan bayi yang sehat dan memiliki tingkat kecerdasan yang baik pula. Maka dari itu, bagi ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi asupan makanan bervitamin B kompleks dengan cukup dan rutin.

Mengatasi masalah kolesterol
Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa kesehatan ibu bisa mempengaruhi kesehatan janin pula. Maka dari itu, untuk mencegah kolesterol naik pada ibu sebaiknya ibu seringlah mengonsumsi makanan bervitamin B kompleks untuk menyeimbangkan kolesterol didalam tubuh.

Meningkatkan sistem imun
Sistem kekebalan tubuh ibu hamil perlu lebih tinggi karena ibu yang sedang hamil lebih rentan terkena penyakit. Dengan mengkonsumsi vitamin b kompleks maka akan meningkatkan sistem imun ibu yang sedang hamil sehingga tidak mudah terserang penyakit dan calon bayi kesehatannya tetap terlindungi dengan baik.

Menjaga kerja sistem pencernaan
Vitamin B kompleks memiliki sifat larut dalam air sehingga akan membantu melancarkan kerja sistem pencernaan didalam tubuh. Vitamin B kompleks juga bekerja lebih aktif dalam hal melancarkan sistem pencernaan diantaranya yaitu vitamin B1, B2, B3 dan B6. Jika ibu hamil mengalami gangguan sistem pencernaan maka akan mengganggu kesehatan ibu atau pun yang ada dalam kandungan.

Meningkatkan memori dan konsentrasi otak
Vitamin B kompleks yang bekerja dalam fungsi ini diantaranya vitamin B6, B9 serta B12. Hal ini sangat baik juga untuk ibu yang sedang hamil sehingga akan semakin meningkatkan kesehatan janin serta ibu.

Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku
Vitamin B kompleks dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Jika kesehatan ibu hamil baik dan terjaga sehingga ibu juga bisa lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan gizi yang dikonsumsi agar bayi bisa lahir dengan lebih sehat.

Menjaga sistem saraf dalam tubuh

Sistem saraf adalah hal yang berhubungan dengan otak dan jiwa. Jika sistem saraf sampai menyerang organ-organ penting dalam tubuh maka dapat berbahaya. Maka dari itu, dengan mengonsumsi asupan vitamin B kompleks maka Anda dapat terhindar dari gangguan sistem saraf dalam tubuh dan menjaga sistem saraf tetap bekerja dengan baik. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil karena berhubungan dengan janin yang dikandungnya. Karena, jika sistem saraf ibu terganggu maka kesehatan janin pun ikut terganggu.

Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi selama masa kehamilan. Jika Anda berniat untuk berkonsultasi pada curhat bidan. Silahkan berkomentar disini yah.

Citra Dewi Amd.Keb - October 17, 2016
Diskusi Dari:
Sheila Marwah

Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang,
Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Nenk Marsya

Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
Terima kasih

Dijawab Oleh : Nenk Marsya

Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

Dijawab Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu