Pentingnya Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Perubahan fisik menjadi gendut adalah salah satu yang dihindari ketika naik berat badan. Meskipun demikian, ketika ibu hamil kenaikan berat badan menjadi salah satu ukuran kesehatan janin di dalam kandungan.

Kondisi normal ibu hamil harus mengalami kenaikan berat badan 12-16 kg selama ibu mengalami kehamilan. Sedangkan untuk ibu hamil yang mengawali kehamilan dengan berat badan yang berlebih diusahakan untuk mengalami kenaikan berat badan pada sekitar 5-7 kg selama kehamilan. Lantas, apa saja yang menjadi pengaruh kenaikkan berat badan saat hamil?

Pentingnya Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Ibu hamil harus rajin memantau perkembangan berat badan untuk menunjang tumbuh kembang janin. Pada penelitian yang dilakukan oleh London school of Hygiene & Tropical Medicine, ibu hamil yang mengalami kurangnya kenaikan berat badan akan meningkatkan risiko keguguran di tiga bulan pertama kehamilan. Selain itu, apa saja yang menjadi penyebab sulitnya menaikkan berat badan saat hamil?

  • Hilangnya nafsu makan karena gejala morning sickness dan sangat umum dialami pada 4 bulan pertama kehamilan.
  • Tidak memperdulikan asupan makanan bergizi yang dibutuhkan janin.
  • Ibu mengalami gangguan pencernaan, seperti gigi rusak sehingga makanan tidak dapat di kunyah dengan baik sehingga makanan tidak dapat dicerna dan diserap sempurna.
  • Ibu memiliki riwayat kesehatan seperti paru-paru dan jantung sehingga mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan nutrisi dan oksigen dalam darah menjadi tergangu.
  • Ibu melakukan diet ketat untuk tetap menjaga tubuh yang langsing padahal sangat merugikan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Kenaikkan berat badan saat hamil bisa disebut wajar terjadi bahkan harus dipertimbangkan dengan cara memeriksakan kesehatan agar kenaikkan berat badan sesuai dengan usia kehamilan.

Pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamil yang hanya mengalami kenaikkan berat badan kurang dari 10 kg harus diwaspadai. Adapun alasan mengapa kenaikkan berat badan saat hamil itu penting juga.

  • Ibu hamil harus menyimpan lemak yang akan menjadi makanan untuk bayi
  • Ibu hamil mengalami pembesaran rahim dan persiapan menyusui sehingga ibu hamil harus mengalami kenaikan berat badan
  • Ibu hamil akan mengalami pertambahan darah sehingga kenaikan berat badan disesuaikan dengan usia kehamilan
  • Pertumbuhan janin menjadi alasan utama ibu hamil mengalami kenaikkan berat badan
  • Terdapat plasenta, cairan lainnya dan juga air ketuban yang menjadikan kenaikkan berat badan pada ibu hamil.

Itulah alasan kenapa berat badan harus naik saat masa kehamilan. Semoga info bidan ini bermanfaat bagi Anda yang kini tengah mengandung buah hatinya dan semoga selalu diberikan kesehatan bagi ibu dan janin. Aamiin

Citra Dewi Amd.Keb - December 5, 2016
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Selamat siang bu bidan,

Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

Dijawab Oleh : Yuli Ani
Diskusi Dari:
Anonymous

sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Opik Taufik

Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

Perlu Jawaban