Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

Selamat datang dan terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung ke website Bidan Online, di artikel kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik yaitu Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur karena taukah Anda, bahwa penyebab kematian pada bayi terbanyak adalah kelahiran bayi prematur. Bayi yang dikategorikan sebagai bayi prematur merupakan bayi yang lahir sebelum usia kehamilan sang ibu 37 minggu.

Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

Bayi yang lahir prematur biasanya rentan terkena berbagai masalah kesehatan karena perkembangan bayinya belum sempurna ketika lahir.

Pada saat seperti ini, ASI sangat diperlukan untuk bayi prematur karena untuk mencegah kematian sang bayi. Meskipun sebenanrya bayi yang lahir prematur tidak bisa menghisap payudara dan tidak bisa dilakukan inisiasi menyusui sejak dini maka dari itu solusinya dengan meneteskan ASI ke mulut bayi.

Dr dr Rinawati Rohsiswanto, SpA dokter spesialis anak konsultan bayi prematur Bunga Rampai, mengatakan bahwa pemberian ASI ini bertujuan pada kelenjar – kelenjar daya tahan tubuh bayi yang berfungsi untuk melindungi usus yang masih rentan terkena infeksi.

Anda mungkin sudah pasti tau, bahwa air susu ibu ini memiliki khasiat dan kandungan yang sangat kaya sekali dan menjadi faktor imun serta pertumbuhan bayi terlebih pada bayi prematur.

Dan, beliau juga mengatakan bahwa penggunaan susu formula ini menjadi pilihan terakhir yang diberikan bayi. Jika bayi prematur tidak mendapakan ASI sama sekali atau donor ASI maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan susu formula.

Namun sayangnya, kandungan gizi kolostrum dalam ASI sangat tinggi dan jika kolostrum mengandung rendah lemak serta tinggi protein. Jika bayi tidak mendapatkan kolostrum yang cukup maka bisa lebih mudah terkena infeksi terlebih jika bayi prematur karena daya tahan tubuhnya kurang dan sangat rentan maka dari itu ini yang menjadi faktor utama kenapa bayi prematur banyak yang meninggal.

Citra Dewi Amd.Keb - December 8, 2017
Diskusi Dari:
Lia Rachma

Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Sahputri Ramadhani

Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
Diskusi Dari:
Mocil Ngocol

Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
liya

bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

Dijawab Oleh : liya