Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

Selamat datang dan terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung ke website Bidan Online, di artikel kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik yaitu Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur karena taukah Anda, bahwa penyebab kematian pada bayi terbanyak adalah kelahiran bayi prematur. Bayi yang dikategorikan sebagai bayi prematur merupakan bayi yang lahir sebelum usia kehamilan sang ibu 37 minggu.

Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

Bayi yang lahir prematur biasanya rentan terkena berbagai masalah kesehatan karena perkembangan bayinya belum sempurna ketika lahir.

Pada saat seperti ini, ASI sangat diperlukan untuk bayi prematur karena untuk mencegah kematian sang bayi. Meskipun sebenanrya bayi yang lahir prematur tidak bisa menghisap payudara dan tidak bisa dilakukan inisiasi menyusui sejak dini maka dari itu solusinya dengan meneteskan ASI ke mulut bayi.

Dr dr Rinawati Rohsiswanto, SpA dokter spesialis anak konsultan bayi prematur Bunga Rampai, mengatakan bahwa pemberian ASI ini bertujuan pada kelenjar – kelenjar daya tahan tubuh bayi yang berfungsi untuk melindungi usus yang masih rentan terkena infeksi.

Anda mungkin sudah pasti tau, bahwa air susu ibu ini memiliki khasiat dan kandungan yang sangat kaya sekali dan menjadi faktor imun serta pertumbuhan bayi terlebih pada bayi prematur.

Dan, beliau juga mengatakan bahwa penggunaan susu formula ini menjadi pilihan terakhir yang diberikan bayi. Jika bayi prematur tidak mendapakan ASI sama sekali atau donor ASI maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan susu formula.

Namun sayangnya, kandungan gizi kolostrum dalam ASI sangat tinggi dan jika kolostrum mengandung rendah lemak serta tinggi protein. Jika bayi tidak mendapatkan kolostrum yang cukup maka bisa lebih mudah terkena infeksi terlebih jika bayi prematur karena daya tahan tubuhnya kurang dan sangat rentan maka dari itu ini yang menjadi faktor utama kenapa bayi prematur banyak yang meninggal.

Citra Dewi Amd.Keb - December 8, 2017
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Dijawab Oleh : Khansa Adeline
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Cheriesa Maradeka Kusuma

Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Hafis Alfarozi STm

Maaf dok, saya mau tanya.
Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

Dijawab Oleh : Hafis Alfarozi STm