Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Curhatbidan.com, Tidak hanya orang dewasa saja yang mengalami perut kembung, anak-anak juga bisa mengalami masalah tersebut. Sebagai orang tua Anda harus lebih memperhatikan kesehatan anak terutama masalah pada perutnya.

Tahukah bunda kebiasaan memberi makan anak-anak sambil bermain, menonton televisi, berlari-lari serta mengunyah makanan dengan cepat ternyata bisa membuat perut kembung sebab terlalu banyak menelan udara. Memang beberapa anak mengalami sulit makan dan bunda sering memberi makan anak sambil bermain dengan tujuan anak akan mudah memakan makananannya. Hal tersebut memang menjadi alternatif yang biasa dilakukan dan hasilnya juga anak jadi ingin makan. Tapi dari kebiasaan tersebut ternyata ada dampak yang tidak baik seperti yang dijelaskan tadi yaitu anak bisa mengalami perut kembung.

Ketukkan jari secara perlahan dan lembut pada dinding perut. Dengarkanlah suaranya, jika nyaring dapat dipastikan perut anak kembung.

Kembung disebabkan penumpukan gas di dalam perut. Meski perut memiliki daya tampung gas, jika volumenya berlebih dapat menyebabkan gangguan.

Perut kembung yang dialami oleh anak-anak tidaklah datang dengan sendirinya. Ada juga  beberapa penyebab dari perut kembung tersebut, antara lain terlalu banyak menelan udara saat makan, tidak mengunyah makanan secara perlahan, mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat yang sulit di cerna sehingga sulit di serap oleh usus, mengalami beberapa penyakit seperti sembelit, obstruksi usus dan penyakit crohn.

Bila anak Anda mengalami perut kembung jangan dibiarkan begitu saja segara lakukan pengobatan karena keluhan tersebut bisa membuat anak tidak nyaman dalam melakukan aktivitas bermain dan belajarnya.

Cara sederhana dan mudah untuk mengatasi perut kembung anak

  • Yang pertama beri pijatan pada tubuh anak terutama di daerah punggung, seputar perut dan dada.
  • Balurkan penghangat pada perut, dada dan punggung seperi balsem.
  • Menghindari mengkonsumsi makanan penghasil gas seperti es krim, minuman bersoda, kacang-kacangan dan kol.
  • Beri anak minumman hangat untuk memancing sendawa atau kentut.
  • Beri anak obat perut kembung yang aman atau Anda juga  bisa mencoba untuk meletakkan bantal pemanas di perutnya, dan memberikannya air putih atau cairan sekitar 29,5 hingga 59 mililiter setiap 10 atau 15 menit agar anak Anda tetap terhidrasi.

Itulah beberap penyebab dan cara sederhana untuk mengatasi perut kembung yang dialami oleh anak-anak. Kesehatan tubuh anak adalah prioritas pertama dan paling penting bagi semua orang tua, karena tidak ada di dunia ini orang tua yang menginginkan anaknya sakit. 

Citra Dewi Amd.Keb - May 25, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Lutfi Maharani

Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
Diskusi Dari:
Ratu

Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat pagi,

saya hidayat,
istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

karena saya saat ini sedang keluar kota
dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

mohon jawabannya Ibu Bidan

salam,
hidayat

Dijawab Oleh :