Penyebab Gigi Anak Berantakan

Ginsul, susunan gigi tidak rata, gigi tumbuh tumpah tindih, atau gigi maju ke depan memang banyak dialami oleh anak-anak. Tumbuh dengan memiliki gigi yang kurang rapi akan membuat kepercayaan diri anak perlahan menurun, pasalnya gigi yang tidak rapi tersebut akan terus menerus terjadi hingga dewasa.

Anak-anak yang memiliki gigi yang kurang rapi akan merasa malu saat tersenyum bahkan ada pula yang sengaja menyembunyikan senyumannya dengan menutup mulutnya menggunakan kedua tangannya. Tentu Bunda tidak inginkan melihat si kecil tumbuh tanpa percaya diri dengan giginya? Tapi tahukah bunda apa yang menjadi penyebab dari gigi yang tumbuh berantakan pada anak?

Berikut beberapa faktor penyebab gigi berantakan pada anak-anak:

  • Karena Faktor keturunan

Orang tua yang memiliki gigi berantakan akan cenderung menurunkannya gen gigi berantakan kepada anaknya. Faktor keturunan ini bisa menyebabkan seseorang memiliki rahang yang besar atau kecil atau bisa juga memiliki ukuran gigi yang besar atau kecil maka gigi akan tampang bejejal dan berantakan.

  • Terlalau lama minum susu memakai dot.
  • Memiliki kebiasaan menghisap ibu jari.
  • Kebiasaan menggigit-gigit pensil atau kuku.
  • Kebiasaan mengeluarkan lidah
  • Kebiasaan mulut mengannga (melongo).
  • Dari makanan

Anak-anak memang sangat menyukai makanan manis seperti kue, coklat, permen dan yang lainnya. Tapi secara berlebihan mengkonsumsi makanan yang manis akan membuat gigi anak rusak apalagi apabila anak susah disuruh untuk menggosok giginya sesudah makan makanan manis tersebut. terlalu sering mengkonsumsi makanan manis akan membuat gigi anak keropos dan menghitam.

Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti itu nyatanya bisa menjadi penyebab tumbuhnya gigi anak berantakan dan terlihat tidak rapi. Sebelum itu terjadi mulailah dari sekarang untuk lebih memperhatikan lagi masalah gigi pada anak-anak, agar gigi anak-anak tetap sehat, bersih dan indah. Langkah awal yang perlu bunda beritahukan kepada anak untuk merawat giginya ialah selalu rutin menggosok gigi 3 kali sehari. Itu adalah langkah sederhana yang bisa membuat gigi anak-anak tampak lebih indah. Untuk mengatasi gigi yang sudah berantakan pada anak-anak Bunda bisa melakukan penanganan dengan menemui dokter gigi.

Citra Dewi Amd.Keb - March 18, 2017
Diskusi Dari:
Marini Sjola Manoppo

Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Mbak aty

Selamat siang dok, saya kan sering membunyikan bagian jari dan juga persendian saya saat sedang pegal. Apakah hal ini berbahaya dok bagi kesehatan?

Dijawab Oleh : Mbak aty
Diskusi Dari:
Intan Royana

Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Tania

maaf sebelumnya. saya mau tanya.
istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
terimakasih

Dijawab Oleh : Tania