Penyebab Kenapa Bayi Tidak Mau Minum ASI Beserta Solusinya

www.curhatbidan.com – Tidak semua pada bayi dapat langsung minum ASI dengan lancar dan tanpa kendala. Tidak jarang pada bayi sering dijumpai yang tiba-tiba menolak untuk disusui dalam jangka waktu tertentu, karena dengan alasan yang tidak diketahui oleh sang Ibu.

Bayi disebut mogok menyusu (Nursing-Strike) jika dia menolak menyusu padahal belum waktunya juga disapih. Pada dasarnya, bayi yang menolak untuk minum ASI merasakan ketidaknyamanan yang tersendiri saat akan disusui. Bahkan bisa jadi ia merasakan suatu perubahan pada ibu yang kadang juga tidak disadari oleh sang ibu sendiri. Maka dari itu harus pandai-pandailah untuk mengenali prilaku bayi yang terkait dalam pemberian ASI pada mereka.

Penyebab Bayi Tidak Mau Minum ASI

Untuk mengetahui, apa saja penyebab bayi mogok menyusu memang tidaklah mudah, namun setidaknya Anda juga dapat memeriksa beberapa hal yang menjadi pemicu umum bayi saat tidak mau minum ASI. Hal tersebut diantaranya :

1. Tidak Nyaman

Rasa nyeri kecil yang sedang dialami oleh sang bayi akan membuatnya tidak nyaman untuk melakukan menyusu. Karena tumbuh gigi, infeksi telinga, sariawan, hingga rasa nyeri akibat imunisasi juga dapat menyebabkan bayi menjadi mogok untuk minum ASI. Jika masalah ini terjadi, alangkah baiknya berikan pada bayi saat ia sedang mengantuk. Karena biasanya bayi akan menyusu sampai kemudian tertidur.

2. Kurang Sehat

Kondisi bayi yang sedang kurang sehat juga dapat membuat bayi kesulitan dalam menghisap dengan baik, sehingga ASI yang didapatnya sedikit. Dan akhirnya bayi pun akan merasakan cape atau frustasi, sehingga akan menolak untuk menyusu.

3. Terlalu Lama Tidak Diberi ASI

Jika sering tertunda dalam memberikan ASI saat bayi ingin menyusu atau lamanya berpisah dengan sang ibu, maka akan menyebabkan bayi menjadi rewel saat akan disusui. Tetapi dalam kondisi ini biasanya kendalanya tidak akan lama.

4. Aroma Berbeda

Adanya perubahan aroma pada sang Ibu seperti parfum, lotion, deodoran, ataupun sabun juga akan mempengaruhi sang bayi tidak mau minum ASI. Karena hal tersebut akan membuat ia menjadi merasa asing serta menolak untuk disusui. Dalam pola makan yang salah pada sang ibu juga akan mengubah rasa ASI sehingga ia malah tidak mau minum ASI.

5. Kurangnya Produksi ASI

ASI yang baik merupakan ASI eksklusif dalam waktu selama 6 bulan penuh. Apabila sang ibu telah memberikan selingan susu formula saat usia 6 bulan, maka otomatis produksi ASI pada ibu akan berkurang. Dalam pola makan yang salah juga akan menyebabkan ASI menjadi tidak lancar, atau bahkan pasokan ASI yang sudah menyurut bisa menjadi tanda kehamilan.

Jika sang bayi mengalami masalah tidak mau minum ASI, maka sebaiknya tingkatkan insentitas kedekatan dengan sang bayi. Lalu apakah ada solusi untuk bayi yang mogok menyusu?

Berikut ada beberapa solusi yang dapat dipelajari, diantaranya :

  • Lakukanlah berbagai eksperimen terhadap posisi menyusui, karena bisa jadi sang bayi merasa kurang nyaman dengan posisi Anda saat menyusui.
  • Menyusui saat bayi sudah mulai mengantuk.
  • Susui ia sambil bergerak, seperti menyusui sambil ditimang-timang.
  • Tidak ada salahnya untuk membawa ia ke dokter untuk memastikan apakah ada penyakit seperti infeksi atau sariawan. Sehingga dokter pun akan memberikan obat untuk mengatasi permasalahan pada mulut sang bayi.
  • Susui ia ditempat yang terbebas dari gangguan apapun. Karena banyak sekali bayi yang berusia 6-9 bulan mengalami mogok untuk menyusui karena sedang senang-senangnya untuk melihat pada lingkungan sekitarnya.
  • Usahakan sesering mungkin untuk melakukan skin to skin (kontak antar kulit), maka hal ini akan menyamankan sang bayi.

Related post :

Citra Dewi Amd.Keb - March 10, 2017
Diskusi Dari:
Dewi

Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Silvia Rizkiana Sari

Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
Terimakasih

Dijawab Oleh : Silvia Rizkiana Sari
Diskusi Dari:
Jenni

Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Gek Anik

Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

Dijawab Oleh : Gek Anik