Penyebab Sakit Mata pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Daya tahan tubuh bayi yang belum matang memudahkan virus atau bakteri menyerang katahanan tubuhnya. Hal ini menyebabkan bayi mudah rentan terkena penyakit, salah satunya pada organ mata. Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting dan satu-satunya alat visual manusia. Organ tubuh ini sangat sensitif, terjadi gangguan sedikit saja bisa berakibat fatal. Karena itu, kali ini curhat bidan akan membahas mengenai penyebab sakit mata pada bayi dan cara mengatasinya. Semoga dapat menjadi pedoman yang bermanfaat bagi bunda ketika si kecil mengalami sakit mata.


Penyebab Bayi Mengalami Sakit Mata

Mata merah, bengkak, belekan, atau berair merupakan pertanda bayi mengalami sakit mata. Biasanya bayi akan sering menggosok-gosok matanya karena merasa tidak nyaman. Sakit mata bisa terjadi hanya pada salah satu bagian mata ataupun keduanya. Ada beberapa hal yang penyebab sakit mata pada bayi, diantaranya :

  • Masuknya debu pada mata saat berada di lingkungan yang kotor.
  • Mata bayi terkontaminasi bakteri atau virus akibat kebiasaannya menyentuh daerah sekitar mata atau menggosok-gosok mata setelah menyentuh benda yang mengandung bakteri dan virus.
  • Akibat Paparan radiasi berlebih benda elektronik.
  • Kurangnya asupan vitamin A.
  • Penyumbatan saluran air mata yang menuju hidung, sehingga air mata akan keluar terus menerus. Genangan air mata inilah yang menjadi sarang kuman dan dapat menyebabkan infeksi.

Cara Mengatasi Sakit Mata pada Bayi

Berikut ini merupakan langkah-langkah sederhana untuk mengatasi sakit mata pada bayi yang bisa bunda lakukan sendiri di rumah :

  • Usaplah mata bayi dengan bola-bola kapas atau kain basah yang sangat lembut. Hindari membersihkan mata bayi dengan air hangat, karena bisa memicu terjadinya iritasi. Membersihkan mata bayi dengan obat pembersih mata juga harus dihindari, karena dikhawatirkan mata bayi sensitif terhadap zat-zat dalam cairan pembersih.
  • Teteskan ASI pada mata bayi. Cara tradisional ini masih sering digunakan sampai sekarang. Meskipun berum teruji secara klinis dapat menyembuhkan sakit mata, ASI mengandung nutrisi yang baik untuk sistem imun anak dan dapat membunuh bakteri.
  • Jaga kebersihan tempat tidur bayi agar terhindar dari kotoran atau debu.
  • Jangan membawa bayi ke tempat yang terpapar debu.
  • Pijat dengan telunjuk area lingkar mata bayi dan bagian batang hidungnya untuk melancarkan saluran air mata agar mata bayi tidak terus berair. Lakukan 3 kali sehari dan pastikan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memijat.

Jika langkah-langkah diatas sudag dilakukan tapi tetap tidak ada perubahan, atau adanya peningkatan pembengkakan pada mata bayi disertai dengan demam, maka segera periksakan kondisi bayi anda ke dokter. Penanganan harus secepatnya dilakukan untuk menghindari masalah yang lebih serius. Bunda juga harus lebih perhatian dan mengetahui kondisi bayi. Karena bayi yang masih kecil belum bisa mengekspresikan rasa sakit yang dirasakannya.

Citra Dewi Amd.Keb - March 1, 2017
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
Diskusi Dari:
Tika

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Nani Mulyaningsih

Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

Dijawab Oleh : Nani Mulyaningsih
Diskusi Dari:
Dinda vika

Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

Dijawab Oleh :