Penyebab Sesak Napas saat Hamil yang Perlu Diwaspadai

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Sesak napas merupakan kondisi yang umum terjadi pada saat kehamilan. Ibu tidak perlu khawatir, karena sebagian kasus sesak napas pada saat hamil tidaklah berbahaya. Namun, walaupun begitu, terdapat pula kondisi sesak napas yang bisa mengindikasikan adanya hal yang serius.

    Sesak napas mungkin sudah mulai dirasakan pada awal kehamilan. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka sesak naapas bisa terasa lebih parah karena diafragma mendapat tekanan dari rahim yang terus membesar. Namun, pernapasam akan mulai membaik pada beberapa minggu menjelang persalinan, yaitu ketika bayi sudah mulai turun ke panggul. Disaat itu, tubuh sudah terasa lebih ringan.

    Berikut ini beberapa penyebab sesak napas saat hamil :

    • Paru-paru tertekan oleh rahim
    • Sesak napas bisa lebih parah jika bayi yang dikandung posisinya masih tinggi, hamil anak kembar, atau memiliki cairan ketuban yang melimpah
    • Tubuh butuh lebih banyak oksigen, karena saat ini bukan hanya ibu yang menghirupnya, tetapi bayi juga membutuhkannya. Hal ini bisa membuat ibu merasa harus menghirup banyak udara dengan menarik napas dalam-dalam
    • Hormon progesteron dapat meningkat saat hamil. Hormon ini bisa menstimulasi pusat pernapasan yang ada di otak. Akibatnya, jumlah udara yang dihirup dan dibuang saat bernapas lebih besar dibandingkan pada saat tidak hamil, meskipun frekuensi pernapasan tidak banyak berubah

    Namun, ibu hamil juga harus waspada, karena sesak napas bisa menjadi sebuah pertanda adanya ketidakberesan dalam tubuh. Kondisi sesak napas ini tidak disebabkan oleh kehamilan. Sesak napas yang disebabkan oleh hal tersebut bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang serius. Segera kunjungi dokter jika ibu mengalami beberapa gejala berikut :

    • Asma yang semakin memburuk
    • Napas cepat
    • Denyut nadi cenderung cepat dan jantung berdebar-debar atau pingsan
    • Sesak napas disertai batuk, demam, dan kedinginan

    Ibu hamil yang sering mengalami sesak napas sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri, baik itu di rumah ataupun di tempat kerja. Jika sesak napas terjadi, segeralah beristirahat. Untuk menghindari sesak napas yang disebabkan karena kekurangan oksigen, maka ibu hamil perlu diet kaya akan zat besi untuk menghindari terjadinya anemia.

    Hindari juga mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan diuretic, seperti makanan pedas salah satunya. Hal ini akan membuat ibu menjadi dehidrasi. Serta jangan melakukan aktivitas yang terlalu padat, seperti naik tangga ataupun berjalan cepat, karena hal ini bisa membuat napas cepat habis. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemeriksaan terhadap kehamilan secara berkala untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - November 30, 2016
    Diskusi Dari:
    Debby

    Siang Bu Bidan,
    Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

    Dijawab Oleh : Debby
    Diskusi Dari:
    Nelly Tampubolon

    Bu umur saya 23 thn saya hmil sdah 7 minggu lbih tpi mngapa msih datang bercak darah sedikit ,apa pnyebabnya

    Dijawab Oleh : Nelly Tampubolon
    Diskusi Dari:
    Vina

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Dijawab Oleh : Vina
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    Ratna Fitria Febriani

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

    Perlu Jawaban