Penyebab Tangan Dan Kaki Ibu Hamil Mengalami Pembengkakan

Saat masa kehamilan, tentunya adalah hal wajib yang harus dilakukan ibu hamil dalam menjaga kesehatan. Kesehatan yang penting untuk selalu diperhatikan oleh ibu hamil tidak hanya kesehatan psikis, tapi juga kesehatan fisik. Pada kesehatan fisik, perubahan cukup banyak terjadi pada tubuh ibu selama masa kehamilan. Untuk kesehatan fisik akan dipengaruhi oleh beberapa perubahan fisik selama kehamilan, sehingga ibu hamil seringkali mengeluhkan kesehatan fisik karena belum sebenuhnya bisa beradaptasi dengan kondisi kehamilannya.

Dalam kesehatan psikis ibu hamil, seringkali ditandai dengan perubahan mood pada ibu yang bisa saja menolak untuk makan yang akhirnya mempengaruhi kondisi kesehatan hingga jatuh sakit. Namun sebaiknya gangguan psikis seperti itu harus bisa ditangani secara langsung oleh sendiri juga dukungan keluarga, karena jika tidak makan bagaimana nanti ibu dan janin di dalam kandungannya akan mendapatkan pasokan nutrisi?

Selain hal tersebut, keluhan fisik yang terjadi pada ibu hamil biasanya ditandai dengan beberapa bagian tubuh yang membengkak terutama bagian tangan dan kaki serta jari-jari. Tapi apakah penyebab utama dari terjadinya pembengkakan ini? Apakah pembengkakan tersebut bisa diatasi? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan para ibu hamil saat ini. Sebelum mengetahui cara pasti untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi, simak sedikit ulasan mengapa pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil serta apa Penyebab Tangan Dan Kaki Ibu Hamil Mengalami Pembengkakan. Berikut persembahan selengkapnya, dari Info Bidan berikut ini.

Ibu hamil yang mengalami kondisi ‘bengkak’ pada beberapa bagian tubuhnya, sebenarnya adalah kondisi normal. Pembengkakan yang terjadi diakibatkan cairan tubuh yang meningkat saat hamil. Pada umumnya memang, bengkak lebih bisa dilihat pada bagian tangan dan kaki. Saat hamil mumgkin ibu terlalu banyak berdiri hingga menyebabkan kaki bertumpu terlalu lama untuk menahan bobot tubuh, sedangkan jika tangan bengkak yang menjadi penyebabnya bisa karena pemakaian cincin yang terlalu ketat.

Namun pembengkakan yang terjadi pada tangan lebih dikenal sebagai Oedema, yang disebabkan oleh terhambatnya sirkulasi darah. Mesikpun termasuk keluhan pada kehamilan umum, terutama bagi kehamilan yang memasuki trimester ketiga, Oedema terjadi juga karena penyebab lainnya, termasuk dipengaruhi oleh faktor lingkungan dari udara yang terlalu panas.

Sedangkan tips yang dapat dilakukan untuk membantu ibu hamil mengurangi pembengkakan yang terjadi selama kehamilan, dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini :

  • Menerapkan pola makan sehat sehingga membantu mengatasi dan mengurangi pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh ibu hamil. Anda sebagai ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah apel, dan bawang putih, karena dianggap sebagai cara paling efektif mengatasi pembengkakan.
  • Memperbanyak mengkonsumsi air putih, untuk menghindari dehidrasi.
  • Beristirahat pada siang hari jika memiliki waktu senggang, hal ini dilakukan untuh membuat tubuh menjadi rileks.
  • Mengambil posisi tidur dengan miring kekiri untuk menghindari tekanan pada pembuluh vena membesar.
  • Jika ibu hamil memiliki pekerjaan yang harus berhadapan dengan komputer atau menulis, maka gunakan bangku kecil diatas meja untuk membantu melancarkan dan menjaga sirkulasi darah.
  • Anda bisa meminta suami untuk memijat lembut pada bagian tangan dan kaki yang membengkak, pijatan lembut akan membawa badan merasakan lebih nyaman.
  • Melakukan aktivitas fisik saat sehari-hari seperti jalan-jalani, naik sepeda stasioner, atau berenang.
  • Mengompres air dingin di daerah yang bengkak 3 kali selama kira-kira 15-20 menit. Bungkus kompres dingin dengan handuk, jangan langsung mengenai kulit Anda. Untuk masalah ini bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter.
  • Memakai kaus kaki atau stocking pendukung khusus yang dibuat untuk membantu mengurangi Oedema.

Demikianlah selengkapnya, mengenai ulasan dari mengapa tangan dan kaki pada ibu hamil mengalami pembengkakan, dan tambahan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Citra Dewi Amd.Keb - August 31, 2016
Diskusi Dari:
Hani fahrunnisa

Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Milda

Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

Dijawab Oleh : Milda
Diskusi Dari:
puji

selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

Dijawab Oleh : puji
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman