Perkuat Sistem Imunitas Anak Untuk Mengatasi DBD Dengan Jambu Biji

Penyakit demam berdarah dengue atau yang disingkat sebagai DBD adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia.

Gejal-gejala demam berdarah dengue 

  • Mengalami demam tinggi, umumnya mencapai 40°C.
  • Munculnya rasa sakit pada bagian belakang mata, sendi, otot, ataupun tulang.
  • Sakit kepala parah juga bisa menyertai gejala-gejala pada anak.
  • Mudah mengalami memar.
  • Munculnya ruam pada sebagian besar tubuh.
  • Pendarahan ringan melalui hidung atau pada gusi.

Di sebagian negara Asia, termasuk Indonesia Demam berdarah dengue bisa berujung kepada kematian anak, karena itulah, melakukan pencegahan dengan memperkuat sistem imunitas anak adalah menjadi salah satu langkah tepat Bunda untuk meminimalkan anak-anak terserang penyakit demam berdarah.

Salah satu langkah untuk memperkuat sistem imunitas tubuh dan melindungi anak dari resiko demam berdarah adalah dengan mengkonsumsi cukup vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup pada tubuh dapat memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak. Ada begitu banyak sumber makanan yang mengandung vitamin C yang bisa Bunda berikan pada anak seperti  Kubis, Paprika hijau, Brokoli, Ubi jalar, Lobak, Pepaya, Buah Leci, jeruk dan yang lainnya. Tapi dari sekian banyak sumber makanan tersebut buah jambu biji mengandung sumber vitamin C paling tinggi. Dan juga buah jambu biji merah dipercaya dapat mencegah penyakit DBD.

Vitamin C pada jambu biji mempunyai dua fungsi dalam tubuh yaitu sebagai ko-faktor dan ko-enzim. Selain itu, vitamin C sangat erat kaitannya dengan pembentuk kolagen dalam tubuh, pembentukan sintesis karnitin yang berfungsi untuk mengangkut asam lemak rantai panjang, peningkatan serapan dan metabolisme zat besi dan absorpsi kalsium, serta penguatan daya tahan tubuh terhadap infeksi dalam hal ini seperti infeksi virus dengue.

Bunda bisa memberikan anak buah jambu biji ini sebagai cemilan anak, bisa juga dibuat jus agar anak bisa lebih mudah mengkonsumsinya dan lebih menyukainya. Sebuah penilitian menunjukan saat jus jambu diberikan kepada penderita demam berdarah dengan dosis 500 cc  jus jambu biji dan sekali dalam 24 jam, menunjukkan penderita demam berdarah mengalami demam selama 2-3 hari dibanding yang biasanya mengalami demam selama 4-6 hari.

Jambu biji ini dapat menghambat pertumbuhan virus dengue serta mempercepat peningkatan trombosit darah.

Demam berdarah pada anak-anak memang cukup berbahaya tapi bunda tidak perlu panik. Perkuat sistem imunitas sebelum dan ketika anak sakit dan segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran penaganan Demam Berdarah yang Tepat.

Citra Dewi Amd.Keb - February 18, 2017
Diskusi Dari:
Gita Febian

bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
ALif AL Maun Yoyox

Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

Dijawab Oleh : ALif AL Maun Yoyox
Diskusi Dari:
Ramadhan

Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

Dijawab Oleh : Ramadhan
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
ade

Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

Dijawab Oleh : ade