Permainan Yang Cocok Untuk Kesehatan Bayi Usia 0-12 Bulan

Bidan Online | Permainan untuk bayi usia 0-12 bulan memang susah-susah gampang. Tetapi jika para orang tua memilih jenis permainan yang salah, maka akan berakibat fatal bagi pertumbuhan si kecil.

Bermain merupakan fasilitas belajar untuk bayi yang baru lahir. Kegiatan yang sederhana dalam bermain bisa membantu merangsang perkembangan otak bayi. Juga perlu bunda ketahui, bayi bisa diajak bermain sejak bayi mulai lahir.

Type permainan untuk bayi 0-12 bulan pastinya tidak akan sama dengan permainan bayi diatas 12 bulan. Seperti yang kami jelaskan diatas, menentukan permainan yang pas untuk kesehatan jiwa bayi itu memang susah-susah gampang. Memang banyak berbagai jenis permainan dipasaran yang cocok untuk umur bayi. Tapi lebih baik lagi jika bunda bisa memakai benda disekeliling kita untuk dijadikan sebagai alat bermain yang menyenangkan bagi bayi dan anak.

Permainan Yang Bisa Dilakukan Bunda Untuk Bayi 0-12 Bulan


1. Memanggil Nama Bayi
Dengan membiasakan memanggil nama si kecil, bisa disebut sebagai kelompok bermain dan latihan. Karena permainan ini akan bermanfaat untuk melatih daya tangkap si kecil dan merangsang si kecil untuk menanggapi suatu pengucapan.

2. Bernyanyi

Si kecil belajar dengan cara mengikuti!, begitulah teori evaluasi bayi. Dengan membiasakan bernyanyi, bunda sudah mengajak si kecil untuk belajar mengetahui kosakata baru dan melatih si kecil untuk berbicara. Untuk itu, bunda harus melafalkan setiap kata dengan benar, karena hal ini akan ditiru dan diserap oleh si kecil kelak. Tapi ingat yah bun bernyanyilah yang sesuai untuk si kecil.

3. Permainan Cilukba
Permainan menutup wajah dengan tangan dan tampakkan lagi oleh tangan. Permainan ini akan memberikan pengertian bagi si kecil, jika ia tidak bisa melihat sebuah benda yang tertutup sesuatu. Selain itu cobalah menutup wajah dengan media lain yang aman, dan biarkan si kecil yang membukanya.

4. Menggendong, Mengajaknya jalan
Untuk bayi baru lahir, ikatan emosi yang kuat aka terbentuk melalui aktivitas-aktivitas si kecil layaknya menggendong. Dengan membiasakan menggendong berati membiasakan bayi untuk berhubungan dengan bunda juga keramaian, ini dapat menolong bayi tumbuh menjadi pribadi yang EASY-GOING dan Tidak canggung di keramaian.

5. Mainan yang Digantung
Mainan yang digantung dengan warna warni tepat diatas bayi akan menjadi daya tarik tersendiri untuk si kecul. Mainan yang digantung akan menstimulasikan penglihatan si kecil. Tapi bunda, perhatikan keamanan ketika si kecil mencoba untuk menyentuhnya usahakan dalam ikatan yang kuat agar mainan tidak jatuh menimpa si kecil.

6. Permainan Lidah
Seperti “Mana Lidahnya” lalu julurkan lidah anda, bisa saja si kecil akan mengikutinya. Permainan ini menstimulasikan daya tangkap, penglihatan dan respon si kecil.

7. Permainan Buku Bertekstur
Cobalah bunda untuk memberikan buku yang bertekstur pada si kecil atau berikan media lainnya yang memiliki tekstur yang tentunya aman bagi si kecil. Dengan demikian permainan ini bermanfaat untuk mengasah indra perasaan si kecil.

8. Membuka Bungkus
Kegiatan seperti membuka dan menutup kado juga bisa dilakukan untuk mengasah rasa keingintahuan si kecil. Selain itu, sistem buka tutup kado atau media lainnya akan melatih syaraf-syaraf motorik.

9. Permainan Merangkak/menggelinding (kucing mengejar tikus)
Mengejar tikus merupakan permainan yang bisa dilakukan di rumah atau tempat tinggal kita bersama buah hati kita. Si kecil dibiarkan mengejar bundanya dengan cara merangkak. Permainan ini bermanfaat agar sistem gerak pada kaki bayi terlatih dan kuat.

Jika bayi sudah merangkak bola salah satu permainan yang baik untuk merangsang kemampuan si kecil dalam merangkak. Ia akan menyentuh bola sehingga bola akan menggelinding, lalu kemudian ia merangkak lagi untuk meraih nya, begitu pun seterusnya. Pilihlah bola yang cocok untuk bayi yang bisa melatih kemampuan sensori bayi, atau juga bola yang jika dipencet akan berbunyi sehingga bisa melatih logika sebab akibat si kecil.

Nah itulah permainan-permainan yang sederhana juga bermanfaat bagi kesehatan jiwa bayi, juga untuk menstimulasi motorik halus, kasar serta panca indra si kecil. Untuk Para Ibu yang memiliki buah hati kecil di bawah 12 bulan, bunda bisa mencoba dan mengembangkannya. Semoga Bermanfaat :))

Citra Dewi Amd.Keb - June 23, 2016
Diskusi Dari:
Intan Royana

Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Aolia SucCie Priyatna

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Tika

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Riza

Selamat pagi bu bidan, saya penasaran nih apakah pria juga memiliki masa subur? Saya hanya tahu wanita saja yang memiliki masa subur. Mohon jawabannya bu bidan

Dijawab Oleh : Riza