Persalinan Macet yang Disebabkan oleh Presentasi Puncak Kepala

Secara umum, posisi normal bagi janin untuk dilahirkan per vaginam adalah posisi kepala di bawah dengan presentasi belakang kepala (saat lahir kepala bayi menghadap ke bawah). Apabila presentasi persalinan bukan belakang kepala, maka akan menghambat proses penurunan kepala dan memperlama masa persalinan secara keseluruhan.

Adapun risiko terburuk adalah macetnya persalinan sehingga harus dibantu, baik dengan forsep, vakum, atau melalui operasi Caesar. Pada pemeriksaan sebelum persalinan, Salah satu presentasi yang abnormal (tidak normal) adalah presentasi puncak kepala. Presentasi puncak kepala adalah keadaan dimana puncak kepala merupakan bagian terendah, hal ini terjadi apabila derajat defleksinya ringan (perubahan bentuk). Presentasi puncak kepala adalah presentasi kepala dengan defleksi/ekstensi minimal dengan sinsiput merupakan bagian terendah.

Presentasi puncak kepala adalah bagian terbawah janin yaitu puncak kepala, pada pemeriksaan dalam teraba UUB (ubun-ubun besar) yang paling rendah, dan UUB sudah berputar ke depan.

Penyebab Presentasi Puncak Kepala

Letak defleksi ringan (perubahan bentuk) biasanya disebabkan:

a) Kelainan panggul (panggul picak)

b) Kepala bentuknya bundar

c) bayi kecil (BBLR) atau IUFD (meninggal dalam kandungan)

d) Kerusakan dasar panggul

e) Sering ditemukan pada janin besar atau panggul sempit.

f) Multiparitas (anak lebih dari 4)

g) Perut gantung

h) Anensefalus

i) Tumor leher rahim bagian depan.

Faktor Terjadinya Presentasi Puncak Kepala

 

Pada kehamilan normal, kepala janin pada waktu melewati jalan lahir berada dalam keadaan fleksi (gerak menekuk atau membengkokkan), tetapi pada kasus ini fleksi tidak terjadi sehingga kepala dalam keadaan defleksi(perubahan bentuk dalam arah yang mengakibat adanya pembebanan vertical). Dengan posisi seperti itu mengakibatkan terjadinya partus lama dan robekan jalan lahir yang lebih luas. Meskipun persalinan sedikit lebih lama dan lebih sukar daripada persalinan normal baik bagi ibu maupun anaknya, prognosisnya cukup baik. Umumnyaterjadi fleksi dan melanjut ke persalinan normal

 

Cara Mendeteksi Presentasi Puncak Kepala

a) Pemeriksaan radiologis CT scan saat kehamilan, Presentasi Puncak Kepala membantu dalam menegakkan diagnosis kedudukan dan menilai panggul.

b) USG pada saat kehamilan

c) Pemeriksaan dalam pada proses persalinan teraba ubun-ubun besar.

Penanganan

1. Dapat ditunggu kelahiran spontan

2. Episiotomi (pengguntingan jaringan yang terletak antara lubang vagina dengan anus)

3. Bila 1 jam dipimpin mengejan tak lahir, dan kepala bayi sudah didasar panggul, maka dilakukan ekstraksi forcep/vakum. Usahakan lahir pervaginam karena kira-kira 75 % bisa lahir spontan. Bila ada indikasi ditolong dengan vakum/forsep biasanya anak yang lahir di dapati caput (edema kulit kepala anak) daerah UUB.

 

 

Citra Dewi Amd.Keb - July 23, 2018
Diskusi Dari:
Vita Ratnasari

Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Jenni

Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ramadhan

Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

Dijawab Oleh : Ramadhan