×

5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

Bagikan Artikel :

Selamat datang dan terima kasih sudah berkunjung ke website Bidan Online. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik, inspiratif dan tentunya memiliki manfaat yang baik terlebih bagi Anda yang memiliki bayi prematur yaitu 5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur, berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Related Posts :

    Tidak ada orang tua yang menginginkan kelahiran bayi nya prematur dan sayangnya ada sebagian orang tua yang mengalami hal ini. Jika bayi lahir sebelum usia 37 minggu maka bisa dikatakan itu merupakan bayi prematur.

    5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

    Fakta Bayi Prematur

    Berdasarkan data dari WHO tahun 2013, kurang lebih 1.5 juta bayi terlahir prematur setiap tahunnya di dunia dan jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan Negara Indonesia sendiri berada dalam urutan 5 dari 10 negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di seluruh dunia. Sebagian dari Anda juga mungkin mengetahui bahwa penyebab meninggalnya bayi baru lahir di bawah usia 4 tahun adalah kaerna prematur sedangkan penyebab kedua yaitu pneumonia untuk anak di bawah usia 5 tahun.

    Ciri – Ciri Bayi Prematur

    • Memiliki ukuran tubuh lebih kecil dengan berat badan di bawah 2.5 kg
    • Kulit tipis dan rapuh
    • Memiliki banyak lanugo atau rambut halus di tubuhnya
    • Suhu tubuh berubah menjadi lebih rendah
    • Mengalami masalah dengan pernafasan
    • Kurangnya refleks dalam menyedot dan menelan

    Faktor Pemicu Kelahiran Bayi Prematur

    Sebenarnya untuk penyebab secara pasti kelahiran bayi prematur belum bisa diketahui secara jelas. Tapi penyebabnya lebih besar pada ibu yang sebelumnya sudah pernah mengalami kelahiran bayi prematur, kelahiran kembang, jarak dengan kehamilan kurang dari 6 bulan dan mengalami keguguran atau aborsi berulang, infeksi pada ibu hamil serta ibu yang merokok dan mengkonsumsi obat – obatan.

    Komplikasi Bayi Prematur

    Bayi yang terlahir sebelum usia 37 minggu dimana pembentukan tubuh belum sempurna dan komplikasi akan lebih mudah terjadi. Masalah kesehatan yang seringkali dialami oleh bayi prematur  yaitu masalah pernafasan dimana paru paru bayi berfungsi engan baik dan umumnya dibantu dengan alat untuk melahirkan.

    Tidak hanya itu saja, komplikasi lainnya terjadi pada jantung, metabolisme serta daya tahan (immune system). pencernaan dialami bayi prematur atau SIS (kematian mendadak pada bayi) yang bisa saja terjadi. Masalah seperti perkembangan perilaku, psikologis, pendengaran dan penglihatn juga lebih rentan dialami oleh bayi prematur.

    Penanganan Kelahiran Bayi Prematur

    Bunda, sebenarnya kelahiran bayi prematur bisa dicegah dengan injeksi saat kehamilan dan membantu perkembangan paru paru serta janin apabila diketahui adanya masalah tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan perawatan khusus di bagian NICU atau Neonatal Intensive Care Unit.

    Sebagian bayi ada yang membutuhkan peralatan medis seperti disinari jika bilirubin tinggi atau pemberian antibiotik apabila bayi mengalami infeksi. Bahkan sekarang ada metode lain yaitu “Kangaroo mother care” (bayi dipeluk ibu agar mengalami skin-to-skin contact dan pemberian ASI yang sering)  dan ini sangat efektif jika diterapkan pada bayi prematur yang lebih sehat.

    Meskipun orang tua mengalami tantangan yang cukup berat dari berbagai segi, namun kelahiran bayi prematur juga ternyata banyak menginspirasi banyak orang.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 1, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    reproduksi

  • Oleh : fahmi firmansyah
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum wr wb. Maaf mau tanya penis saya bengkok apakah itu normal apa ada kelainan , mohon penjelasannya trimakasihh. Wassalamu,alaikum wr wb

    Sakit Perut Bagian Bawah

  • Oleh : Nurul
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

    BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Kapan masa subur pria?

  • Oleh : Riza
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya penasaran nih apakah pria juga memiliki masa subur? Saya hanya tahu wanita saja yang memiliki masa subur. Mohon jawabannya bu bidan

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

  • Oleh : demetriusnies67
  • 1 tahun yang lalu

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan