×

5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

Bagikan Artikel :

Selamat datang dan terima kasih sudah berkunjung ke website Bidan Online. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik, inspiratif dan tentunya memiliki manfaat yang baik terlebih bagi Anda yang memiliki bayi prematur yaitu 5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur, berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Tidak ada orang tua yang menginginkan kelahiran bayi nya prematur dan sayangnya ada sebagian orang tua yang mengalami hal ini. Jika bayi lahir sebelum usia 37 minggu maka bisa dikatakan itu merupakan bayi prematur.

5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

Fakta Bayi Prematur

Berdasarkan data dari WHO tahun 2013, kurang lebih 1.5 juta bayi terlahir prematur setiap tahunnya di dunia dan jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan Negara Indonesia sendiri berada dalam urutan 5 dari 10 negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di seluruh dunia. Sebagian dari Anda juga mungkin mengetahui bahwa penyebab meninggalnya bayi baru lahir di bawah usia 4 tahun adalah kaerna prematur sedangkan penyebab kedua yaitu pneumonia untuk anak di bawah usia 5 tahun.

Ciri – Ciri Bayi Prematur

  • Memiliki ukuran tubuh lebih kecil dengan berat badan di bawah 2.5 kg
  • Kulit tipis dan rapuh
  • Memiliki banyak lanugo atau rambut halus di tubuhnya
  • Suhu tubuh berubah menjadi lebih rendah
  • Mengalami masalah dengan pernafasan
  • Kurangnya refleks dalam menyedot dan menelan

Faktor Pemicu Kelahiran Bayi Prematur

Related Posts :

    Sebenarnya untuk penyebab secara pasti kelahiran bayi prematur belum bisa diketahui secara jelas. Tapi penyebabnya lebih besar pada ibu yang sebelumnya sudah pernah mengalami kelahiran bayi prematur, kelahiran kembang, jarak dengan kehamilan kurang dari 6 bulan dan mengalami keguguran atau aborsi berulang, infeksi pada ibu hamil serta ibu yang merokok dan mengkonsumsi obat – obatan.

    Komplikasi Bayi Prematur

    Bayi yang terlahir sebelum usia 37 minggu dimana pembentukan tubuh belum sempurna dan komplikasi akan lebih mudah terjadi. Masalah kesehatan yang seringkali dialami oleh bayi prematur  yaitu masalah pernafasan dimana paru paru bayi berfungsi engan baik dan umumnya dibantu dengan alat untuk melahirkan.

    Tidak hanya itu saja, komplikasi lainnya terjadi pada jantung, metabolisme serta daya tahan (immune system). pencernaan dialami bayi prematur atau SIS (kematian mendadak pada bayi) yang bisa saja terjadi. Masalah seperti perkembangan perilaku, psikologis, pendengaran dan penglihatn juga lebih rentan dialami oleh bayi prematur.

    Penanganan Kelahiran Bayi Prematur

    Bunda, sebenarnya kelahiran bayi prematur bisa dicegah dengan injeksi saat kehamilan dan membantu perkembangan paru paru serta janin apabila diketahui adanya masalah tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan perawatan khusus di bagian NICU atau Neonatal Intensive Care Unit.

    Sebagian bayi ada yang membutuhkan peralatan medis seperti disinari jika bilirubin tinggi atau pemberian antibiotik apabila bayi mengalami infeksi. Bahkan sekarang ada metode lain yaitu “Kangaroo mother care” (bayi dipeluk ibu agar mengalami skin-to-skin contact dan pemberian ASI yang sering)  dan ini sangat efektif jika diterapkan pada bayi prematur yang lebih sehat.

    Meskipun orang tua mengalami tantangan yang cukup berat dari berbagai segi, namun kelahiran bayi prematur juga ternyata banyak menginspirasi banyak orang.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 1, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Agar tidak hamil.

  • Oleh : Sumarni
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mat mlm dok.sya sdah mlahirkan anak pertama.cara agar untuk mnunda kehamilan saya,bagaimna dok

    Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 10 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    siklus haid

  • Oleh : liya
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

    Hamil Dengan Haid Yang Tak Normal

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Cara merawat kehamilan kembar agar tetap sehat

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan