×

5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

Bagikan Artikel :

Selamat datang dan terima kasih sudah berkunjung ke website Bidan Online. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik, inspiratif dan tentunya memiliki manfaat yang baik terlebih bagi Anda yang memiliki bayi prematur yaitu 5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur, berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Tidak ada orang tua yang menginginkan kelahiran bayi nya prematur dan sayangnya ada sebagian orang tua yang mengalami hal ini. Jika bayi lahir sebelum usia 37 minggu maka bisa dikatakan itu merupakan bayi prematur.

5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

Fakta Bayi Prematur

Berdasarkan data dari WHO tahun 2013, kurang lebih 1.5 juta bayi terlahir prematur setiap tahunnya di dunia dan jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan Negara Indonesia sendiri berada dalam urutan 5 dari 10 negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di seluruh dunia. Sebagian dari Anda juga mungkin mengetahui bahwa penyebab meninggalnya bayi baru lahir di bawah usia 4 tahun adalah kaerna prematur sedangkan penyebab kedua yaitu pneumonia untuk anak di bawah usia 5 tahun.

Ciri – Ciri Bayi Prematur

  • Memiliki ukuran tubuh lebih kecil dengan berat badan di bawah 2.5 kg
  • Kulit tipis dan rapuh
  • Memiliki banyak lanugo atau rambut halus di tubuhnya
  • Suhu tubuh berubah menjadi lebih rendah
  • Mengalami masalah dengan pernafasan
  • Kurangnya refleks dalam menyedot dan menelan

Faktor Pemicu Kelahiran Bayi Prematur

Related Posts :

    Sebenarnya untuk penyebab secara pasti kelahiran bayi prematur belum bisa diketahui secara jelas. Tapi penyebabnya lebih besar pada ibu yang sebelumnya sudah pernah mengalami kelahiran bayi prematur, kelahiran kembang, jarak dengan kehamilan kurang dari 6 bulan dan mengalami keguguran atau aborsi berulang, infeksi pada ibu hamil serta ibu yang merokok dan mengkonsumsi obat – obatan.

    Komplikasi Bayi Prematur

    Bayi yang terlahir sebelum usia 37 minggu dimana pembentukan tubuh belum sempurna dan komplikasi akan lebih mudah terjadi. Masalah kesehatan yang seringkali dialami oleh bayi prematur  yaitu masalah pernafasan dimana paru paru bayi berfungsi engan baik dan umumnya dibantu dengan alat untuk melahirkan.

    Tidak hanya itu saja, komplikasi lainnya terjadi pada jantung, metabolisme serta daya tahan (immune system). pencernaan dialami bayi prematur atau SIS (kematian mendadak pada bayi) yang bisa saja terjadi. Masalah seperti perkembangan perilaku, psikologis, pendengaran dan penglihatn juga lebih rentan dialami oleh bayi prematur.

    Penanganan Kelahiran Bayi Prematur

    Bunda, sebenarnya kelahiran bayi prematur bisa dicegah dengan injeksi saat kehamilan dan membantu perkembangan paru paru serta janin apabila diketahui adanya masalah tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan perawatan khusus di bagian NICU atau Neonatal Intensive Care Unit.

    Sebagian bayi ada yang membutuhkan peralatan medis seperti disinari jika bilirubin tinggi atau pemberian antibiotik apabila bayi mengalami infeksi. Bahkan sekarang ada metode lain yaitu “Kangaroo mother care” (bayi dipeluk ibu agar mengalami skin-to-skin contact dan pemberian ASI yang sering)  dan ini sangat efektif jika diterapkan pada bayi prematur yang lebih sehat.

    Meskipun orang tua mengalami tantangan yang cukup berat dari berbagai segi, namun kelahiran bayi prematur juga ternyata banyak menginspirasi banyak orang.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 1, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Kurang berat badan

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok sy mau tanya sy kan dari gadis sdh kurus tapi sekarang sy sdh hamil knp ngk naik berat badan nya ya dan berat badan ideal hamil di semester 3 itu brapa takut baby nya kurang nutrisi

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • Apakah wajar usia kehamilan 4w belum terlihat kantung janin?

  • Oleh : Anisa Azzahra
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Malam.. saya mau tanya. HPHT saya tgl 19 mei dengan siklus yg tidak teratur dan panjang. Ketika tgl 19 juni saya keluar bercak darah saya kira haid. Tanggal 20 nya pun sama keluar bercak darah sedikit. Tapi ketika tgl 21 bercak darah hilang total dan saya coba tespack hasilnya positif tgl 23 juni saya usg transvaginal dan dokter bilang bahwa kantung janin belum terlihat, dokter bilang ada cairan diluar rahim dan saya divonis hamil diluar kandungan. Padahal saya tdk ada nyeri perut sama sekali dan keluar bercak darah pun hanya tgl 19 dan 20 juni saja.

    Yang mau saya tanyakan apakah benar cairan diluar rahim itu sudah pasti hamil diluar kandungan? Dan apakah siklus haid yang tdk teratur dan panjang mempengaruhi usia kehamilan sehingga kantung janin belum terlihat pada saat itu? Terimakasih

  • Oleh : Anisa Azzahra
  • Berat badan tidak ideal

  • Oleh : MURTI DIANASARI
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu nama saya MURTI DIANASARI. Usia saya 26 tahun tinggi badan saya 150 cm. Tapi berat badan saya hanya 35 kg. Saya ingin menaikan berat badan. Bagaimana cara nya bu?

    Sakit tifes

  • Oleh : Chika ELlo
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Tanya Bidan