×

8 Tanda Bahaya Pada Persalinan Yang Harus Diketahui

Bagikan Artikel :

Hal penting yang perlu diketahui bagi seorang wanita hamil dan keluarga mereka ialah tentang deteksi dini dan tanda-tanda bahaya ataupun komplikasi dari kelahiran. Hal ini untuk mempermudah perencanan darurat jika hal hal buruk terjadi. Berikut ini Team Curhat Bidan, akan informasikan mengenai 8 tanda bahaya pada persalinan yang harus diketahui.

Kebanyakan wanita, termasuk penyandang cacat dapat melahirkan secara selamat. Tapi ketika sesuatu berjalan salah selama persalinan, sangat penting bagi wanita untuk mendapatkan perawatan yang baik untuk menyelamatkan hidupnya, dan sang bayi.

8 Tanda Bahaya Pada Persalinan Yang Harus Diketahui


1. Air Keluar Dari Vagina

Mungkin tanda ini tidak berarti Anda akan melahirkan dalam waktu 24 jam. Namun pergilah ke pusat kesehatan atau rumah sakit segera. Ketika air di dalam Rahim telah rusak, risiko jauh lebih tinggi bahwa Anda atau bayi Anda bisa mendapatkan infeksi serius. Anda mungkin diharuskan untuk mendapatkan beberapa cairan atau obat-obatan di vena.

2. Posisi Bayi Berbaring Menyamping

Pastikan Anda melahirkan di tempat dengan dokter atau bisa yang sudah ahli. Saat posisi bayi berbaring menyamping, jangan mencoba untuk mengubah posisi bayi setelah persalinan dimulai. Ini dapat merobek Rahim atau memisahkan plasenta dari dinding Rahim. Seorang bayi yang berbaring menyamping tidak dapat lahir tanpa operasi.

3. Pendarahan Sebelum Bayi Lahir

Menjelang hari persalinan, ada beberapa wanita hamil yang mengalami pendarahan tiba-tiba. Pastikan Anda untuk segera pergi ke rumah sakit. Jika Anda mengalami pendarahan darah berwarna merah terang, itu bisa berarti plasenta terpisah dari dinding Rahim atau yang menutupi pembukaan Rahim. Ini sangat berbahaya, sehingga perlu sang ahli untuk mengatasinya demi menyelamatkan nyawa sang ibu beserta bayi yang dikandungnya.

4. Demam Tinggi

Demam biasanya merupakan tanda bahwa adanya infeksi. Jika demam Anda tidak begitu kuat, Anda mungkin memerlukan beberapa cairan. Perbanyak minum air, the atau jus dan mencoba untuk buang air setiap beberapa jam. Namun, jika demam Anda sangat tinggi, dan Anda bahkan menggigil, segera pergi rumah sakit atau ke bidan Anda, karena Anda perlu mengkonsumsi beberapa obat-obatan antibiotic segera.

5. Proses Melahirkan Terlalu Lama

Ketika proses persalinan Anda telah berlangsung lebih dari 1 hari dan 1 malam, atyau jika Anda sudah mendorong keras selama lebih dari 2 jam, Anda mungkin perlu beberapa obat-obatan atau bahkan sebuah operasi Caesar untuk melahirkan sang bayi. Saat Anda melahirkan dengan bidan, pastikan untuk mendiskusikannya dan segera membawa Anda ke rumah sakit.

6. Terdapat Cairan Berwarna Hijau Atau Coklat

Saat terdapat cairan berwarna hijau atau coklat keluar, dan jika masih dalam proses persalinan dini atau tahap awal, atau bisa dikatakan saat belum mulai mendorong, hal yang terbaik bagi bayi Anda yaitu harus dilahirkan di rumah sakit. Biasanya, air yang keluar jelas berwarna merah muda, perairan berwarna coklat atau hijau berarti kemungkinan besar bayi Anda telah bercampur dengan tinda dalam kandungan dalam waktu yang lama, dan hal ini jelas-jelas dalam kesulitan.

Related Posts :

    Jika ibu jauh dalam persalinan dan bayi akan segera lahir, pastikan ibu untuk mendorong sekeras yang dia bisa, untuk memastikan bayi keluar dengan cepat. Segera setelah kepala bayi keluar dan sebelum ibu mengambil napas yang pertama, pastikan ibu untuk berhenti mendorong. Segera bidan atau perawat menyeka mulut dan hidung bayi dengan jari yang di bungkus kain bersih, atau menggunakan bola hisap untuk menghisap lender. Setelah hidung dan mulut bayi sudah dibersihkan, ibu bisa melanjutkan untuk mendorong hingga seluruh tubuh bayi keluar.

    Nah itulah 8 tanda bahaya pada persalinan yang harus diketahui oleh Anda dan keluarga Anda. Semoga menjadi pengetahuan yang berguna untuk menghadapi segala hal hal yang mungkin tidak terbayangkan.

    Mungkin tertarik juga untuk membaca :

    Mengenal Lebih Jauh Tentang Posisi Jongkok Saat Persalinan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 21, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Sering Muntah Saat Diberikan ASI

  • Oleh : penneybolinger
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Halo bu bidan saya Delia usia 26 tahun. Saya mau tanya tentang soal bayi. Bayi saya jalan 7 minggu bu tapi kenapa bayi saya sering muntah kalau sedang di berikan asi.

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 6 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dan jika penis tidak berejakulasi apakah bisa hamil?(penis dan vagina bertemu 1 sama lain)

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Tanya Bidan