×

Amalan-amalan Untuk Melancarkan Persalinan

Bagikan Artikel :

Amalan-amalan Untuk Melancarkan Persalinan

Kehamilan adalah anugerah dari Allah yang harus disyukuri untuk suami istri, karena tidak semua istri bisa merasakan kehamilan. Tujuan utama dari kehamilan adalah untuk melahirkan generasi penerus yang soleh dan solehah dan memiliki daya guna bagi agama dan orang-orang di sekitarnya. Selain nutrisi dan perhatian, doa yang baik juga penting dibacakan untuk mencapai tujuan mulia tersebut.

Ketika usia kandungan sudah mencapai 9 bulan, pastinya seorang ibu akan mempersiapkan proses persalinan. Selain mempersiapkan kebutuhan sang bayi yang akan lahir, ibu juga harus mempersiapkan kondisi fisik dan mental agar dapat melahirkan dengan mudah dan selamat.

Related Posts :

    Tentu setiap ibu hamil yang akan melahirkan menginginkan persalinan yang lancar bukan? Nah dalam islam ada beberapa amalan yang bisa melancarkan proses persalinan dan mengurangi rasa cemas/khawatir saat akan melahirkan. Apa sajakah itu ?

    1. Membaca doa melahirkan
      Ketika Fathimah RA akan melahirkan, Rasulullah SAW memerintahkan kepada Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin R.A untuk mendampingi putrinya itu.
      Nabi Muhammad SAW meminta keduanya untuk membaca ayat Kursi yang terdapat dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 255, surat Al-A’raf ayat 54 dan surat Al-Falaq serta surat An-Nas di dekat Sayidatina Fathimah RA.
      Sebagai umat muslim yang senantiasa meneladani dan mengikuti sunnah Rasul, maka seorang ibu yang akan melahirkan alangkah baiknya membaca doa-doa tersebut.
    2. Tilawah
      membaca Al Qur’an dengan bacaan yang menampakkan huruf-hurufnya dan berhati-hati dalam melafadzkannya agar lebih mudah untuk memahani makna-makna yang terkandung di dalamnya.
      Saat mendekati persalinan sebaiknya ibu dan suami memperbanyak tilawah untuk menenangkan hati dan melancarkan proses persalinan kelak.
    3. Solat Duha
      Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan setelah matahari terbit hingga sebelum waktu sholat dhuhur dilaksanakan. Sholat dhuha ini selain memudahkan rejeki, juga melancarkan proses persalinan. Nah bumil yuk solat dhuha, jangan lupa berdoa sehabis dhuha untuk meminta kelancaran proses bersalin ya bu.
    4. Berdzikir
      Amalan ibu hamil yang pertama adalah banyak berdoa dan berdzikir. Saat mengetahui kehamilan, hal pertama yang biasanya dilakukan adalah bersyukur kemudian berdoa. Setiap calon orang tua selalu mempunyai harapan besar terhadap anak-anaknya.
      Dzikir yang lebih sering dilakukan dimaksudkan sebagai salah satu bentuk syukur karena telah diberikan kepercayaan janin di dalam rahim. Berzikir akan menjadi amalan ibu hamil yang sangat baik dilakukan selama kehamilan.
    5. Sedekah
      Sedekah memiliki banyak manfaat, betul? Salah satu manfaatnya bagi ibu hamil adalah menenangkan hati dan bisa melancarkan persalinan.
    6. Makan minum yang sehat dan halal
      Amalan ibu hamil yang selanjutnya adalah makan dan minum yang baik. Nutrisi yang baik selama kehamilan akan menunjang tumbuh kembang bayi yang optimal. Ini akan bertambah baik jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang sewajarnya dan terjamin kehalalannya.
    7. Silaturahmi
      Mengunjungi anggota keluarga dan sanak saudara merupakan salah satu cara untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan. Bukannya ketika silaturahmi akan banyak pula yang mendoakan untuk kesehatan ibu dan janin serta kelancaran persalinan? Yuk perbanyak silaturahmi bu, barangkali ada salah satu keluarga yang doanya langsung diijabah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 6, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ukuran payudara

  • Oleh : Norma Widyaningrum
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ibu bidan sy mau tnya, sejak sy sd kelas 6 mulai tumbuh payudara, payudara sy yg sebelah kanan dan sblh kiri beda ukuran nya, lbh bsr yg kiri. Smp sj menikah dan menyusui uk. Payudara masih sama, slesaj menyusui kmbli lg uk. Nya seperti semula, lbh kcil dr yg sblh kanan dan puting payudara sy yg sblh kiri juga kcil. Bgaimana menurut ibu bidan soal uk payudara ? Ukuran payudara kanan lbh besar dr yg sblah kiri ? Apa sebab nya bs demikian ?
    Terima kasih

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Khoirun Nisa
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bismillah..
    Izin bertanya, saya sedang hamil 9bulan dan baru pertama kali saya di cek di bagian payudara, dan terdapat benjolan di bagian kanan bawah payudara saya, ciri ciri benjolannya agak kenyal, bisa bergeser geser jika di gerakan tidak terasa sakit juga.. Yg mau saya tanyakan apakah saya bisa menyusui anak saya ketika lahir nanti? Dan akan berdampak bagaimana jika saya menyusui anak saya dalam ke adaan seperti itu? Terima kasih dok

    BB normal bayi umur 4 bulan

  • Oleh : Ira Sularsih
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bubid, sy Ira punya debay usia 4bulan, yg mau di tanyakan apakah normal BB bayi 10kg. Alhamdulillah anak sy full asi. Terimakasih sebelumnya

  • Oleh : Ira Sularsih
  • Masalah keputihan

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanyak pasangan saya mengalami keputihan kayak air gitu terus gk haid² dia nya terlambat 3 minggu

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Tanya Bidan