×

Bahaya Pada Plasenta Yang Belum Lahir Setelah 30 Menit Janin Lahir

Bagikan Artikel :


Related Posts :

    Persalinan adalah hal yang dinanti-nanti, karena akan lahirnya seorang buah hati untuk menemani keluarga. Namun persalinan tidak selamanya berjalan dengan semestinya. Adakalanya terdapat penyulit persalinan secara tiba-tiba tanpa adanya indikasi seperti retentsio plasenta. Retensio plasenta merupakan plasenta yang belum lahir dalam setengah jam setelah janin lahir. Seharusnya setelah bayi lahir dalam jangka waktu 10-30 menit akan disertai kelahiran plasenta.

    Retensio plasenta dapat mengancam jiwa karena berpotensi terjadi perdarahan dan infeksi hingga kematian. Jika hal ini terjadi maka membutuhkan penanganan yang lebih serius.

    Retensio plasenta belum terlepas dari dinding rahim karena tumbuh dan melekat lebih dalam atau sudah terlepas tetapi belum keluar karena lemahnya kontraksi rahim dan akan meyebabkan perdarahan yang banyak. Bila plasenta belum lepas sama sekali tidak akan terjadi perdarahan tetapi bila sebagian plasenta sudah lepas akan terjadi perdarahan

    Faktor Risiko pada Wanita Bersalin yang Mengalami Retensio Plasenta

    Terjadinya retensio plasenta dapat memberikan efek negatif pada kualitas kontak ibu dengan bayi yang dilahirkan maupun kesehatan nifasnya. Retensio plasenta juga, dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berdekatan, menyusui dan berkenalan dengan bayi barunya serta dalam jangka panjang bisa menyebabkan ibu anemis. Pada kasus berat dapat menyebabkan perdarahan akut, infeksi, perdarahan post partum sekunder, histerektomi (pengangkatan rahim), dan bahkan kematian ibu. Retensio plasenta terjadi pada 3% kelahiran pervaginam sedangkan 15% retensio plasenta adalah ibu yang pernah mengalami retensio plasenta sebelumnya.

    Tanda Gejala Retensio Plasenta

    1. Plasenta belum lahir setelah 30 menit
    2. Perdarahan segera
    3. Kontraksi rahim baik
    4. Tali Pusat putus akibat kontraksi berlebihan
    5. Inversio uteri akibat tarikan (bagian dari dinding rahim bagian atas terbalik ke arah bawah bahkan terkadang sampai keluar menonjol sampai mulut rahim (serviks) dan ke dalam vagina.
    6. Perdarahan lanjutan

    Faktor Penyebab risiko retensio plasenta

    1. Grandemultipara, yaitu wanita yang memiliki lebih dari 5 kelahiran sebelumnya berisiko karena telah terjadi penurunan sel–sel bekas luka rahim, akibat dari kuret berulang atau bekas operasi sesar berisiko karena plasenta dapat tertanam lebih dalam pada rahim

    2. Kehamilan ganda (kembar), yang memerlukan penempelan plasenta yang luas.

    3. Plasenta previa (letak penempelan plasenta menghalangi jalan lahir), karena tempat melekatnya terdapat di bagian yang mempunyai pembuluh darah sedikit, sehingga perlu melekat lebih dalam lagi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Khoirun Nisa
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bismillah..
    Izin bertanya, saya sedang hamil 9bulan dan baru pertama kali saya di cek di bagian payudara, dan terdapat benjolan di bagian kanan bawah payudara saya, ciri ciri benjolannya agak kenyal, bisa bergeser geser jika di gerakan tidak terasa sakit juga.. Yg mau saya tanyakan apakah saya bisa menyusui anak saya ketika lahir nanti? Dan akan berdampak bagaimana jika saya menyusui anak saya dalam ke adaan seperti itu? Terima kasih dok

    Benjola di vagina

  • Oleh : Rona dwi Arifaa
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya mau nanya saya ada benjolan didekat bibir vagina saya,rasanya nyeri saat jalan dan saat duduk. Sudah 6 hari saya belom meriksaa dan benjolan semakin membesar. Bagaimana cara mengatasinya dan apa nama penyakit dan penyebabnya. Tolong dijawab

    Kehamilan

  • Oleh : Aprilia Cantika
  • 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,maaf saya mau bertanya.
    Sudah dari bulan februari kemarin sampai bulan Maret ini saya belum haid sama sekali,apa begitu sudah terkategorikan saya sedang hamil?

  • Oleh : Aprilia Cantika
  • Cara Mengatasi Ruam Merah pada Kulit Bayi

  • Oleh : Didin Bajarudin
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

  • Oleh : Didin Bajarudin
  • Telat menstruasi

  • Oleh : Sulis Setyawati
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya saya kn gk pernah telat menstruasi.tapi bulan ini saya gk menstruasi sama sekali..dan saya tes kok hasilnya garis satu

    Tanya Bidan