×

Bahaya Pada Plasenta Yang Belum Lahir Setelah 30 Menit Janin Lahir

Bagikan Artikel :


Persalinan adalah hal yang dinanti-nanti, karena akan lahirnya seorang buah hati untuk menemani keluarga. Namun persalinan tidak selamanya berjalan dengan semestinya. Adakalanya terdapat penyulit persalinan secara tiba-tiba tanpa adanya indikasi seperti retentsio plasenta. Retensio plasenta merupakan plasenta yang belum lahir dalam setengah jam setelah janin lahir. Seharusnya setelah bayi lahir dalam jangka waktu 10-30 menit akan disertai kelahiran plasenta.

Retensio plasenta dapat mengancam jiwa karena berpotensi terjadi perdarahan dan infeksi hingga kematian. Jika hal ini terjadi maka membutuhkan penanganan yang lebih serius.

Retensio plasenta belum terlepas dari dinding rahim karena tumbuh dan melekat lebih dalam atau sudah terlepas tetapi belum keluar karena lemahnya kontraksi rahim dan akan meyebabkan perdarahan yang banyak. Bila plasenta belum lepas sama sekali tidak akan terjadi perdarahan tetapi bila sebagian plasenta sudah lepas akan terjadi perdarahan

Faktor Risiko pada Wanita Bersalin yang Mengalami Retensio Plasenta

Terjadinya retensio plasenta dapat memberikan efek negatif pada kualitas kontak ibu dengan bayi yang dilahirkan maupun kesehatan nifasnya. Retensio plasenta juga, dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berdekatan, menyusui dan berkenalan dengan bayi barunya serta dalam jangka panjang bisa menyebabkan ibu anemis. Pada kasus berat dapat menyebabkan perdarahan akut, infeksi, perdarahan post partum sekunder, histerektomi (pengangkatan rahim), dan bahkan kematian ibu. Retensio plasenta terjadi pada 3% kelahiran pervaginam sedangkan 15% retensio plasenta adalah ibu yang pernah mengalami retensio plasenta sebelumnya.

Tanda Gejala Retensio Plasenta

1. Plasenta belum lahir setelah 30 menit
2. Perdarahan segera
3. Kontraksi rahim baik
4. Tali Pusat putus akibat kontraksi berlebihan
5. Inversio uteri akibat tarikan (bagian dari dinding rahim bagian atas terbalik ke arah bawah bahkan terkadang sampai keluar menonjol sampai mulut rahim (serviks) dan ke dalam vagina.
6. Perdarahan lanjutan

Faktor Penyebab risiko retensio plasenta

1. Grandemultipara, yaitu wanita yang memiliki lebih dari 5 kelahiran sebelumnya berisiko karena telah terjadi penurunan sel–sel bekas luka rahim, akibat dari kuret berulang atau bekas operasi sesar berisiko karena plasenta dapat tertanam lebih dalam pada rahim

2. Kehamilan ganda (kembar), yang memerlukan penempelan plasenta yang luas.

3. Plasenta previa (letak penempelan plasenta menghalangi jalan lahir), karena tempat melekatnya terdapat di bagian yang mempunyai pembuluh darah sedikit, sehingga perlu melekat lebih dalam lagi.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pentingkah Pemeriksaan TORCH Pada Ibu Hamil ?

  • Oleh : Sherly davies
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu Bidan nama saya Adinda Laras dan sekarang ini saya sedang hamil untuk yang pertama kali jadi perasaan antara khawatir, takut dan cemas dan senang bercampur. Apa saya perlu melakukan tes torch bu ? Tapi saya tidak memiliki riwayat pelihari kucing dan kehamilan saya juga baik – baik saja tapi tetap saja saya merasa takut. Menurut bu bidan saya harus bagaimana ?

    program hamil yang pernah operasi pengangkatan kista

  • Oleh : rosnyala
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    pagi bu bidan, saya mau tanya, pada bulan juni lalu saya operasi pengangkatan kista/ pengikisan kista d ovarium, sebesar 10centi, kanan kiri, sekarang saya mau program hamil alami bu. kira” apa saja yang perlu saya lakukan yah bu? karna selama 6bulan setelah operasi, siklus haid saya jadi tidak teratur. baru 2 / 3 bulan ini haid saya teratur. dan selama ini setelah operasi saya sudah coba ikuti kalender dan berhubungan saat masa” subur.. tp sampe sekarang belum jg hamil bu.. bagaimana yah bu? mohon info nya dan kira” apa yang harus saya konsumsi guna keberhasilan untuk kehamilan ini yah bu?
    terimakasih.

    Pil Kontrasepsi

  • Oleh : zane65n04843
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    tentang kehamilan

  • Oleh : ridhillah gusni
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    buk bidan, saya baru menikah 5 bulan lalu, smpe saat ini masih belum hamil. saya mengalami flek udh sekitar 2 minggu ini, des saya telat mens 10 hari, namun tadi pagi coba tespack hasil nya negative, jadi flek saya itu kenapa ya buk bidan..?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan