Bantu Lancarkan Persalinan Dengan Berjalan Kaki Dipagi Hari

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tanya Bidan – Saat memasuki usia kehamilan di trisemester akhir banyak para ibu hamil yang mulai mencemaskan proses persalinannya. maka dari itu ibu membutuhkan sebuah informasi guna membantu anda dalam mengatasi kecemasan menjelang persalinan. Dan informasi ini akan jauh lebih baik apabila ibu sampaikan ke suami anda juga yang mana sebagai pendamping yang nantinya akan menemani saat persalinan.

    Tidak hanya sekedar informasi saja yang anda perlukan, namun anda juga memerlukan beberapa cara guna persiapan menjelang melahirkan. Tidak hanya bagi pasangan yang baru akan memiliki buah hati saja, akan tetapi persiapan ini wajib dimiliki oleh setiap ibu yang akan menyambut kelahiran bayinya. Dan salah satu persiapan yang bisa anda persiapkan adalah ketenangan, dengan anda mengelola stress dan mengurangi ketakutan saat menghadapi persalinan.

    Selain itu ada beberapa diantaranya kegiatan kecil yang justru memiliki manfaat yang luar biasa untuk membantu persalinan yakni dengan melakukan jalan kaki disetiap paginya untuk bantu melancarkan persalinan, bagi ibu yang menginginkan persalinan normal maka anda bisa gunakan cara ini sebagai langkah untuk melancarkannya.

    Manfaat Jalan Kaki Dipagi Hari Bagi Ibu Hamil

    Jalan kaki yang dilakukan dipagi hari akan memberikan ibu ketenangan dan kesegaran udara bagi sistem pernafasan selama hamil, jalan kaki setiap pagi juga merupakan gerakan yang sehat, aman dan paling mudah untuk dilakukan bagi ibu hamil. Selain itu berikut ini manfaat lain dari jalan kaki setiap pagi bagi ibu hamil

    1. Bantu memperkuat otot menjelang persalinan
      Teruntuk anda yang sering melakukan jalan kaki disetiap paginya dengan teratur apalagi ditrisemester ketiga tentunya akan membantu anda dalam mempersiapkan persalinan. Otot otot anda yang akan dibutuhkan dalam membantu proses melahirkan akan jauh lebih kuat. Seperti salah satu penelitian yang telah dilakukan mengemukakan bahwa dengan adanya gerakan ringan yang dilakukan ibu hamil akan membantu dalam menguatkan otot yang salah satunya otot panggul.
    2. Buat wanita hamil lebih bugar.
      Melakukan aktifitas jalan kaki dipagi hari dengan teratur akan bantu anda dalam menjaga kesehatan dan juga mengurangi keluhan yang umumnya sering terjadi selama kehamilan. Dan menurut penelitian yang dilakukan di Califonia, wanita hamil lebih bugar tentunya akan jauh lebih mudah dalam melakukan proses mengejan. Bahkan wanita hamil yang sering melakukan senam hamil atau juga yoga akan mungkin mengalami proses persalinan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan ibu hamil yang jarang melakukan olahraga selama kehamilannya.
    3. Membantu mengurangi resiko kehamilan yang bermasalah.
      Dengan anda melakukan gerakan yang teratur dipagi harinya seperti olahraga berjalan kaki, maka anda bisa mengurangi resiko mengalami kehamilan yang bermasalah. Seperti beberapa diantaranya adalah resiko pre-eklamsia dan juga diabetes.
    4. Kurangi stress fisik dan mental.
      Latihan fisik yang dilakukan ibu hamil secara teratur akan memicu untuk hadirnya hormon endorfin yang bisa memberikan efek psikologis yaitu memberikan ketenangan secara mental. Selain akan melepaskan ketegangan mental, maka gerakan secara teratur ini juga akan membantu anda guna mengurangi stress fisik. Hal ini karena jalan kaki dipagi hari tidak membuat tubuh wanita hamil kelelahan yang berlebihan.
    5. Bantu menjaga kenaikan badan dengan wajar
      Kebiasaan hidup sehat yang salah satunya dengan melakukan latihan sehat seperti jalan kaki akan membantu anda dalam menjaga kenaikan berat badan yang wajar selama kehamilan. Karena hal ini berhubungan dengan jalan kaki yang mana merupakan latihan fisik dalam menjaga pembuluh jantung ibu hamil, dan dikarenakan hal ini tidak akan terlalu membebani persendian lutut. Maka dengan cara ini akan menjaga berat badan anda selama kehamilan.
    6. Bantu meningkatkan kualitas tidur selama kehamilan.
      Keluhan yang pada umumnya sering dialami oleh ibu hamil yaitu kesulitan tidur, dan dengan anda melakukan olahraga teratur seperti dengan melakukan olahraga jalan kaki setiap pagi maka hal ini akan membantu anda dalam mengurangi masalah kesulitian tidur.

    Nah itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari teraturnya
    melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Mari Ikuti 5 Gerakan Sehat Untuk Wanita Hamil.  Semoga informasinya
    memberikan manfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - December 26, 2016
    Diskusi Dari:
    Nenk Marsya

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    Hani fahrunnisa

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Dijawab Oleh : Hani fahrunnisa
    Diskusi Dari:
    puji

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

    Dijawab Oleh : puji
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

    Perlu Jawaban