×

Berapa Sih Biaya Jasa Doula Untuk Proses Melahirkan?

Bagikan Artikel :

Berapa Sih Biaya Jasa Doula Untuk Proses Melahirkan?

Banyak sekali para ibu bersalin yang ingin menggunakan jasa doula untuk mengurangi rasa dsakit saat bersalin. Doula ini sudah terlatih membantu Bunda selama hamil, menghadapi proses persalinan, juga setelah Bunda melahirkan. Tapi ngomong-ngomong berapa sih biaya jasa doula?. Nah biaya jasa doula ini macam-macam, biasanya mulai dari Rp2,5 juta – Rp 5 juta. Doula ini memiliki paket empat kali pertemuan, termasuk wawancara awal sebelum persalinan. Kemudian dilanjutkan dengan tiga pertemuan lagi, termasuk saat melahirkan dan sekali pertemuan setelah melahirkan.

Jenis-jenis Doula

Ada dua jenis doula. Pertama, birth doula sebagai pendamping ibu hamil mempersiapkan proses persalinan, termasuk memberikan informasi detail sebelum persalinan, dan membantu proses kelahiran bayi.
Kedua, postpartum doula membantu ibu setelah persalinan untuk menyesuaikan diri dengan tanggung jawab sebagai orangtua. Serta mendampingi ibu mencarikan informasi-informasi yang dibutuhkan pasca melahirkan.

Apakah Doula Sama Dengan Babysitter ?

Doula memiliki spesialisasi khusus untuk membantu pemulihan ibu setelah melahirkan. Dia akan membimbing bagamana cara yang baik untuk menyusui dan mengurus bayi.
Berbeda dengan pengasuh atau babysitter,tugas doula tidak hanya berpusat pada kesejahteraan bayi, namun juga kesehatan mental dan fisik orangtua si bayi, juga kemandirian keluarga.
Doula juga biasanya dibekali dengan pelatihan untuk membantu mengatasi trauma pasca melahirkan. Doula akan menjadi orang kepercayaan ibu selama ia berjuang mengatasi ketakutan saat melahirkan, bahkan saat ibu berusaha mandiri menjadi orangtua.

Bagaimana Caranya Agar Bisa Menjadi Doula?

Untuk menjadi seorang doula, seseorang harus terlebih dulu menjalani pelatihan yang dilakukan oleh DONA International (organisasi doula internasional dan tertua), juga tambahan dari beberapa lembaga lain yang memberikan pelatihan pada calon doula seperti Amani Birth (lembaga doula muslim). Yang akan dibuktikan dengan sertifikat pelatihan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 3, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    Menjaga Kesehatan Sperma

  • Oleh : Alwia
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Kuret Akibat Keguguran

  • Oleh : Ramadhan
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan