×

Berikut Tanda Gerakan Janin Saat Akan Menjelang Persalinan

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Kebanyakan ibu hamil melahirkan dimulai diantaranya pada usia kehamilan ke 39 atau pada minggu ke 41, walaupun demikian  tetap saja persiapkan untuk menjelang persalinan perlu disiapkan dari jauh jauh hari. Hal ini dikarenakan kondisi kelahiran bayi pada setiap ibu hamil yang berbeda beda.

Persiapkan bisa dilakukan dengan mengenali tanda dari gerakan janin dalam kandungan saat akan menjelang persalinan. Pada usia kehamilan ibu yaitu ke 36 minggu maka janin anda biasanya sudah memiliki ukuran serta kematangan yang tentunya sudah siap untuk dilahirkan. Organ tubuhnya sudah terbentuk, seperti diantaranya ginjal, paru paru dan juga hati. Hati yang dimiliki oleh janin pada usia kehamilan 36 minggu telah menghasilkan kotoran. Dengan kesiapan organ yang dimiliki oleh janin, maka kehamilan bunda tengah siap untuk memasuki persalinan.

Kondisi janin dalam kandungan tentunya akan terus mengalami gerakan, terlebih dalam melatih paru paru dalam kesiapan pernafasanya setelah nantinya dilahirkan. Pada usia ke 37 minggu janin akan mengubah posisinya guna menyesuaikan persalinan yang nantinya akan bunda hadapi.

Berikut Tanda Gerakan Janin Saat Akan Menjelang Persalinan


Adapun gerakan tanda janin akan menjelang kelahiran ditandai dengan bayi yang mulai turun kepanggul, normalnya kepala janin akan menghadap pada jalan lahir. Gerakan selanjutnya pada usia kehamilan ini adalah dengan lapisan bulu halus mengalami kerontokan serta vernix caseosa atau juga lapisan yang pada umumnya melindungi bayi dalam rahim bunda ini mulai menghilang, bayi akan menelan keduanya yang mana akan mempengaruhi buang air besar pertama yang tentunya berwarna kehitaman.

Related Posts :

    Saat menjelang usia kehamilan pada minggu ke 38, ibu hamil akan sering mengalami kontraksi. Tidak hanya itu, gerakan janin juga akn terus berkembang, yang salah satunya adalah kondisi bayi akan mulai menambah simpanan lemak untuk membantu kondisi suhu badan bayi tetap terjaga setalah nantinya terjadi proses kelahiran.

    Kemudian pada minggu ke 39 kondisi gerakan bayi tengah siap yaitu menghadap ke jalan lahir, dan pada minggu ini cairan amnionm yang jernih akan berubah menjadi agak pucat seperti halnya susu.

    Dan pada minggu terakhir seperti pada usia kehamilan di minggu ke 40, ditandai dengan kondisi rahim ibu yang mulai semakin sempit, dan pada minggu terakhir ini bayi didalam kandungan akan menghasilkan hormon yang dikenal dengan hormon kortison dari kelenjar adrenal, yang mana ikut membantu dalam menyempurkan organ paru paru dan mempersiapkan untuk penerimaan udara setalah lahir. Tidak hanya itu organ reproduksi untuk bayi laki laki kebanyakan testisnya sudah turun sedangkan untuk bayi perempuan, maka ovariumnya masih berada dipinggir panggul sambil, setelah dilahirkan.

    Demikianlah tanda gerakan janin saat akan menjelang persalinan, maka bagi anda yang sudah memasuki usia kehamilan diusia akhir atau di trisemester ketiga sebaiknya senantiasa sudah mengenali tanda tanda menjelang persalinan. Seperti salah satunya ibu hamil yang sering mengalami nyeri pada selangkanan, hal ini dikarenakan posisi kepala janin yang sudah mulai turun kebagian jalan lahir.

    Dan ibu hamil yang sering mengalami sakit pada panggul dan juga tulang belakang bunda yang sakit. Hal ini dikarenakan adanya sebuah pergeseran dan pergerakan janin dalam kandungan.

    Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 12, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sering melakukan onani

  • Oleh : Steven Chin
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saya sering masturbasi apaka itu merbahaya

    Agar Tubuh Sehat dan Ideal Meskipun Bekerja Seharian

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya Yesa dari losarang mau tanya tentang kesehatan wanita, bagaimana sih cara agar tubuh kita tetap sehat, fit, ideal meskipun kesibukan kita penuh dari pagi sampai sore. Ditunggu jwabanya bu bida terimakasih

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • apakah ini hamil atau tidak

  • Oleh : muhammad faiz
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    halo dok saya mau tanya jika remaja melakukan hubungan seks dan tidak menggunakan alat pengaman, tetapi ia mengeluarkan nya di luar di sekitaran perut apakah ada kemungkinan remaja tersebut mengalami kehamilan ?

  • Oleh : muhammad faiz
  • Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Kehamilan

  • Oleh : Nadya Humaira
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau curhat mengenai ttg kehamilan

    Waktu itu saya berhubungan dgn cowo, tetapi tidak langsung. Hanya saja ketika cowo mengeluarkan sperma kena tangan dah mengelapnya dengan tisu. Kemudian tangannya mengenai vagina saya. Apakah dapat menyebabkan kehamilan?

    Tanya Bidan