×

Bolehkah KB Steril Saat Operasi Caesar?

Bagikan Artikel :

Bolehkah KB Steril Saat Operasi Caesar?

Alat kontrasepsi banyak sekali macamnya, ada suntik, pil, IUD, implant, kondom dan steril. Tapi meskipun banyak macamnya tetap saja membuat para Bunda galau untuk memilihnya. Diantara berbagai metode KB, ada yang bersifat permanen lho yaitu KB steril. Biasanya, mereka memilih melakukannya berbarengan dengan proses persalinan sehingga tidak perlu bolak-balik menjalani prosedur pembedahan.

Amankah KB Steril Dilakukan Bersamaan Pasca Operasi Caesar?

Program steril merupakan sebuah operasi yang dilakukan untuk secara permanen mencegah terjadinya kehamilan. Terdapat berbagai metode untuk melakukan sterilisasi dan prosedurnya bergantung dengan metodenya. Salah satu metode yang sering dilakukan untuk sterilisasi adalah ligasi tuba. Tuba merupakan tuba fallopi yang berfungsi sebagai saluran yang dilalui sel telur dari ovarium ke uterus. Ligasi berarti mengikat sesuatu. Metode ini dilakukan dengan cara ligasi dari tuba kiri dan kanan untuk mencegah kehamilan secara permanen. Setelah program steril, Bunda tetap dapat mengalami menstruasi dan dapat berhubungan intim seperti biasanya. Bahkan Bunda dapat merasa lebih tenang karena tidak perlu memikirkan kehamilan yang tidak terduga.

Prosedur program steril bersifat elektif (bukan merupakan suatu tindakan emergency) sehingga dapat dilakukan kapanpun, termasuk setelah melahirkan anak atau dapat dilakukan sekaligus dengan operasi pada perut bunda. Maka melahirkan operasi caesar sekaligus steril diperbolehkan, setelah operasi caesar dilakukan steril juga memungkinkan.

Related Posts :

    Jika memang persalinan yang harus dijalani caesar tentu bisa sekaligus dilakukan prosedur KB steril. Tetapi, jika persalinan yang dijalani pervaginam dan hendak memutuskan KB steril maka bisa dikerjakan H+1 setelah persalinan

    Syarat Dilakukan KB Steril

    1. Sudah memiliki anak lebih dari 3
    2. Memiliki hubungan baik dengan pasangan dan keduanya sudah setuju untuk melakukan metode kontrasepsi yang permanen yaitu program steril
    3. Kehamilan yang dapat menjadi risiko bagi kesehatan bunda
    4. bunda atau pasangan bunda memiliki kelainan genetik yang tidak ingin diturunkan ke anak

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    haid tidak lancar karena spiral

  • Oleh : Putri Izzi
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    assalamualaikum dok. sy menggunakan kb iud atau spiral
    sy haid nya menjadi tdk lancar

    lebih dr 15 hari, apakah ada yg bisa sy lakukan agar itu bisa lekas berhenti

  • Oleh : Putri Izzi
  • Cara menunda kehamilan

  • Oleh : Sumarni
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamu allaikum…bu bidan.sy mau tanya.sya sdah 8 blan hbis mlahirkan.tpi suami dan ibu mertua sya kurang stuju dngan KB.tpi sya ragu tkut hamil lgi.agar sya tdak hmil lgi,bgaimana caranya dok?terimakasi

    Perut gaenak

  • Oleh : Reska Siti
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Perut saya bagian bawahnya mengeras sering sendawa sering kentut terus sering keram gitu di area perut atas dan bawah dan biasa nya kalo mau tiba menstruasi suka keputihan atau keluar lendir bening tapi sekarang kok jadi gaada ini tanda kehamilan apa begah disebabkan makanan?

  • Oleh : Reska Siti
  • Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Sakit payudara

  • Oleh : Pah Udin
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mbk. Pa obat payudara istri sy yg sedang sakit sebelah. Ksian istri sy lg menyusui, umur 2 bulan. Skitx dsebelah kanan. Tidak bisa keluar asix. Mintol slusix mbak.

    Tanya Bidan