×

Cara Cerdas Menghadapi Rasa Takut Menjelang Persalinan

Bagikan Artikel :

Cara Cerdas Menghadapi Rasa Takut Menjelang Persalinan

Dagdigdugser memang sering dialami ibu hamil menjelang persalinan. Tidak jarang rasa takut ini membuat ibu sulit tidur dan sering begadang. Biasanya rasa takut menghadapi persalinan ini disebabkan karena beberapa hal seperti :

  1. Bagaimana kalau saya harus di induksi sehingga nyeri yang dirasakan 2 kali lipat?
  2. Bagaimana jika saya tidak bisa melahirkan secara alami?
  3. Bagaimana saya mengatasi rasa sakit akibat kontraksi?
  4. Bagaimana cara mengetahui pereda nyeri yang harus digunakan?
  5. Bagaimana jika saya tidak bisa ngeden?
  6. Bagaimana jika terjadi robekan pada vagina dan dibutuhkan jahitan?
  7. Bagaimana jika terjadi komplikasi dalam persalinan?

Ini normal karena Bunda tidak dapat meramalkan apa yang akan terjadi. Tetapi, rasa takut ini jangan dibiarkan terus karena dapat membuat Bunda stress, janin stress dan menghambat persalinan.

Nah untuk menghindari rasa takut menjelang persalinan, kali ini curhat bidan akan share tips cerdas menghadapi rasa takut bersalin. Sapa saja kah? Simak di bawah ini yah Bun!

  1. Berdoa
    Berdoalah kepada Tuhan. Serahkah kepada Tuhan termasuk rasa takut yang Bunda alami. Tuhan bisa menenangkan rasa takut dan menghilangkanya. Dengan berdoa kepada Tuhan, Bunda akan merasa tenang, damai dan lebih berani.
  2. Lakukan teknik relaksasi
    Melakukan teknik relaksasi, misalnya dengan meditasi, bisa mengurangi rasa takut melahirkan, sehingga Bumil bisa merasa lebih tenang mendekati waktu persalinan.
    Salah satu cara yang paling mudah untuk melakukan meditasi adalah dengan memejamkan mata dan menarik napas dalam-dalam, lalu mengembuskannya secara perlahan. Fokuskan perhatian Bumil pada proses masuk dan keluarnya udara saat bernapas, sambil mengosongkan pikiran.
  3. Bicarakan dengan pasanga/orang terdekat
    Dengan bercerita, pasangan jadi tahu mengenai ketakutan yang Bunda rasakan dan bisa membantu mencari jawaban atas rasa takut tersebut. Dokter juga dapat memberikan informasi yang benar untuk mengurangi kekhawatiran Bunda.
  4. Ikuti kelas persalinan
    Mengikuti kelas persalinan bisa membantu Bunda untuk mengurangi rasa takut melahirkan. Melalui kelas persalinan, Bunda akan dilatih untuk mengendalikan rasa sakit ketika bersalin dan diberi tahu mengenai pilihan metode persalinan yang bisa Bumil jalani.
  5. Tetap berfikir positif
    Jangan pikirkan hal-hal negative yang mengelilingi. Pikirkanlah hal-hal positive maka hal-hal positive akan terjadi pula. Bunda pasti bisa mengendalikan rasa takut jika selalu berfikir positive.
  6. Bawa barang-barang yang bisa membuat Bunda nyaman saat melahirkan
    Masuk ruang bersalin bisa membuat Bunda tambah takut dan tegang. Padahal, jika Bunda tegang, proses persalinan bisa makin lama.
    Nah, agar bisa rileks menjelang persalinan, bawalah barang-barang yang bisa membuat Bunda nyaman, seperti bantal dan selimut kesayangan Bumil, tasbih, atau pemutar musik portable.
    Rasa takut merupakan hal yang umum dirasakan ibu hamil sebelum melahirkan. Walaupun begitu, ketakutan ini perlu diatasi agar proses persalinan yang lancar.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 30, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Warna seperma kuning dan ejakulasi dini

  • Oleh : Saepudin
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Maaf dok mau tanya saya udah lama mengalami warna sperma kuning itu kurang lebih setengah taun awalnya sih gk curiga cuma kesini kesini jadi kepikiran karena keseringan mengalaminya … Untuk cara mengatasinya gimana mohon kasih saran dok mau itu dengan obat atau konsultasi dulu agar lebih terperinci agar tau awalnya datang dari mana ,, makasih dok di tunggu bls’an nya

  • Oleh : Saepudin
  • Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Haid

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya umur 19 tahun,udah dua bulan saya tidak haid,bagaimana ya caranya? Solusinya,smga d jawab ya,,makasih dok sebelumnya

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • Kehamilan

  • Oleh : adrienne1132
  • 6 tahun yang lalu

    Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

    Masa subur apakah bisa hamil

  • Oleh : Dhani
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Mau bertanya, saya kemarin tgl 19/09/2020 berhubungan intim, sedangkan saya di tgl 15/09/2020 selesai haid apakah saat berhubungan intim saya masa subur. Terimakasih

  • Oleh : Dhani
  • Tanya Bidan