Cara Membedakan Kontraksi Persalinan Palsu Dan Asli

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Kontraksi persalinan palsu pada umumnya dirasakan oleh wanita hamil pada trimester akhir kehamilan. Meski sebenarnya bisa terjadi juga beberapa waktu sebelumnya. Seperti apa rasanya kontraksi persalinan palsu dan bagaimana cara membedakannya dengan yang asli? Untuk mengetahuinya mari kita mengenal lebih jauh mengenai cara membedakan kontraksi persalinan palsu dan asli.

    Saat Anda mendekati tanggal jatuh tempo Anda , tidak ada rasa sakit dan jarang sekali muncul kontraksi sejak pertengahan kehamilan kadang kadang menjadi lebih berirama di trimester akhir, relative lebih dekat dan bahkan menyakitkan. Mungkin menipu Anda untuk berpikir bahwa Anda berada dalam persalinan. Tapi ternyata itu tidak benar, hal itulah yang disebut dengan kontraksi persalinan palsu. Persalinan palsu ini tidak menyebabkan dilatasi leher Rahim Anda secara signifikan, dan kontraksi tidak datang secara konsisten lagi.

    Catatan: Tidak semua wanita mengalami serangan kontraksi persalinan palsu. Dan dalam beberapa kasus, kontraksi yang kuat sebelum persalinan datang secara perlahan atau bisa jadi tanpa peringatan. Bagaimana saya bisa tahu apakah saya di persalinan palsu atau persalinan yang benar?

    Cara Membedakan Kontraksi Persalinan Palsu Dan Asli

    Kadang-kadang sangat sulit untuk mengatakan kontraksi persalinan palsu dari tahap awal persalinan asli. Jika kehamilan Anda berusia 37 minggu atau lebih, berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda mengatasinya:

    1. Kontraksi persalinan palsu tidak bisa ditebak. Mereka datang pada interval yang tidak teratur dan bervariasi dalam lamanya dan intensitas. Meskipun kontraksi persalinan sejati mungkin tidak teratur pada awalnya, dari waktu ke waktu mereka mulai datang secara berkala dan lebih pendek, menjadi semakin lebih intens, dan bertahan lebih lama.

    • Jadi jika Anda memiliki kontraksi di interval ini: 2 menit, 5 menit, 10 menit, 6 menit; misalnya, kemungkinan mereka bukan persalinan nyata.
    • Jika Anda melihat pola seperti ini: 10 menit, 10 menit, 8 menit, 8 menit, 7 menit; mereka cenderung merukan kontraksi persalinan yang nyata.

    2. Jika persalinan palsu, rasa sakit dari kontraksi lebih cenderung berpusat di perut bagian bawah. Sedangkan persalinan asli, Anda mungkin merasa sakit mulai di punggung bawah Anda dan membungkus sekitar perut Anda.

    3. Kontraksi persalinan palsu dapat mereda sendiri ketika Anda memulai atau menghentikan kegiatan atau mengubah posisi tubuh Anda. Kontraksi persalinan sejati akan bertahan dan kemajuan tidak peduli apa yang Anda lakukan.

    4. Kontraksi persalinan palsu juga dapat mereda sendiri ketika Anda makan. Saat makan sesuatu, akan membuat tubuh Anda mengubah aliran pergeseran darah untuk focus ke energy dan hormon, mengarahkan molekul dimana rasa sakit harus pergi. Jika Anda berada dalam tahapan persalinan asli, makan tidak akan mengalihkan perhatian tubuh Anda dan akan terus berkontraksi.

    5. Cobalah mandi dengan air hangat. Membiarkan tubuh Anda untuk rileks, menerapkan panas untuk membuat tubuh Anda hangat dan lebih nyaman akan memberikan bantuan agar nyeri dari kontraksi persalinan palsu Anda mereda. Jika kontraksi persalinan asli, maka cara ini tidak mempengaruhi rasa sakit yang datang dari kontraksi yang asa.

    Apa yang harus saya lakukan jika saya merasakan kontraksi?

    Jika usia kehamilan Anda belum mencapai 37 minggu, jangan buang waktu berharga Anda untuk mencoba mencari tahu apa yang terjadi. Jika Anda melihat ada tanda-tanda persalinan, hubungi dokter atau bidan langsung dalam rangka untuk menyingkirkan persalinan prematur. Setelah 37 minggu, Anda bisa mencari tahu kontraksi (apakah palsu atau dari awal persalinan asli) di rumah dan melihat apa yang berkembang, kecuali dokter Anda telah menyarankan sebelumnya.

    Kontraksi persalinan palsu dapat menjadi hambatan nyata, mengganggu tidur Anda dan membuat Anda lelah dan rewel. (Mengambil mandi air hangat dan minum banyak cairan kadang-kadang bisa membantu.) Anda juga mungkin merasa cemas, dan mulai bertanya-tanya kapan persalinan asli akan mulai.

    Nah, itulah beberapa cara membedakan kontraksi persalinan palsu dan asli. Semoga bermanfaat ya bun. Jika ada pertanyaan seputar kehamilan, persalinan, kesehatan anak, dan apapun itu bisa tanya di form tanya bidan ya. Terimakasih sudah berkunjung ke Curhat Bidan  🙂

    Baca juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 22, 2016
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    Novita dwi

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Dijawab Oleh : Novita dwi
    Diskusi Dari:
    Hani fahrunnisa

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Dijawab Oleh : Hani fahrunnisa
    Diskusi Dari:
    Alesha Zahra

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

    Dijawab Oleh : Alesha Zahra
    Diskusi Dari:
    Anisaapriyanti

    Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan

    Dijawab Oleh : Anisaapriyanti