×

Cara Membedakan Kontraksi Persalinan Palsu Dan Asli

Bagikan Artikel :

Kontraksi persalinan palsu pada umumnya dirasakan oleh wanita hamil pada trimester akhir kehamilan. Meski sebenarnya bisa terjadi juga beberapa waktu sebelumnya. Seperti apa rasanya kontraksi persalinan palsu dan bagaimana cara membedakannya dengan yang asli? Untuk mengetahuinya mari kita mengenal lebih jauh mengenai cara membedakan kontraksi persalinan palsu dan asli.

Related Posts :

    Saat Anda mendekati tanggal jatuh tempo Anda , tidak ada rasa sakit dan jarang sekali muncul kontraksi sejak pertengahan kehamilan kadang kadang menjadi lebih berirama di trimester akhir, relative lebih dekat dan bahkan menyakitkan. Mungkin menipu Anda untuk berpikir bahwa Anda berada dalam persalinan. Tapi ternyata itu tidak benar, hal itulah yang disebut dengan kontraksi persalinan palsu. Persalinan palsu ini tidak menyebabkan dilatasi leher Rahim Anda secara signifikan, dan kontraksi tidak datang secara konsisten lagi.

    Catatan: Tidak semua wanita mengalami serangan kontraksi persalinan palsu. Dan dalam beberapa kasus, kontraksi yang kuat sebelum persalinan datang secara perlahan atau bisa jadi tanpa peringatan. Bagaimana saya bisa tahu apakah saya di persalinan palsu atau persalinan yang benar?

    Cara Membedakan Kontraksi Persalinan Palsu Dan Asli

    Kadang-kadang sangat sulit untuk mengatakan kontraksi persalinan palsu dari tahap awal persalinan asli. Jika kehamilan Anda berusia 37 minggu atau lebih, berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda mengatasinya:

    1. Kontraksi persalinan palsu tidak bisa ditebak. Mereka datang pada interval yang tidak teratur dan bervariasi dalam lamanya dan intensitas. Meskipun kontraksi persalinan sejati mungkin tidak teratur pada awalnya, dari waktu ke waktu mereka mulai datang secara berkala dan lebih pendek, menjadi semakin lebih intens, dan bertahan lebih lama.

    • Jadi jika Anda memiliki kontraksi di interval ini: 2 menit, 5 menit, 10 menit, 6 menit; misalnya, kemungkinan mereka bukan persalinan nyata.
    • Jika Anda melihat pola seperti ini: 10 menit, 10 menit, 8 menit, 8 menit, 7 menit; mereka cenderung merukan kontraksi persalinan yang nyata.

    2. Jika persalinan palsu, rasa sakit dari kontraksi lebih cenderung berpusat di perut bagian bawah. Sedangkan persalinan asli, Anda mungkin merasa sakit mulai di punggung bawah Anda dan membungkus sekitar perut Anda.

    3. Kontraksi persalinan palsu dapat mereda sendiri ketika Anda memulai atau menghentikan kegiatan atau mengubah posisi tubuh Anda. Kontraksi persalinan sejati akan bertahan dan kemajuan tidak peduli apa yang Anda lakukan.

    4. Kontraksi persalinan palsu juga dapat mereda sendiri ketika Anda makan. Saat makan sesuatu, akan membuat tubuh Anda mengubah aliran pergeseran darah untuk focus ke energy dan hormon, mengarahkan molekul dimana rasa sakit harus pergi. Jika Anda berada dalam tahapan persalinan asli, makan tidak akan mengalihkan perhatian tubuh Anda dan akan terus berkontraksi.

    5. Cobalah mandi dengan air hangat. Membiarkan tubuh Anda untuk rileks, menerapkan panas untuk membuat tubuh Anda hangat dan lebih nyaman akan memberikan bantuan agar nyeri dari kontraksi persalinan palsu Anda mereda. Jika kontraksi persalinan asli, maka cara ini tidak mempengaruhi rasa sakit yang datang dari kontraksi yang asa.

    Apa yang harus saya lakukan jika saya merasakan kontraksi?

    Jika usia kehamilan Anda belum mencapai 37 minggu, jangan buang waktu berharga Anda untuk mencoba mencari tahu apa yang terjadi. Jika Anda melihat ada tanda-tanda persalinan, hubungi dokter atau bidan langsung dalam rangka untuk menyingkirkan persalinan prematur. Setelah 37 minggu, Anda bisa mencari tahu kontraksi (apakah palsu atau dari awal persalinan asli) di rumah dan melihat apa yang berkembang, kecuali dokter Anda telah menyarankan sebelumnya.

    Kontraksi persalinan palsu dapat menjadi hambatan nyata, mengganggu tidur Anda dan membuat Anda lelah dan rewel. (Mengambil mandi air hangat dan minum banyak cairan kadang-kadang bisa membantu.) Anda juga mungkin merasa cemas, dan mulai bertanya-tanya kapan persalinan asli akan mulai.

    Nah, itulah beberapa cara membedakan kontraksi persalinan palsu dan asli. Semoga bermanfaat ya bun. Jika ada pertanyaan seputar kehamilan, persalinan, kesehatan anak, dan apapun itu bisa tanya di form tanya bidan ya. Terimakasih sudah berkunjung ke Curhat Bidan  🙂

    Baca juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 22, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Mengenai PD

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Habis buka youtube gak sengaja sih kak ada curhatan ibu ibu yang sama kayak saya alami, selama menyusui kalau telat menyusui kadang mrongkol sering bermasalah kak, kemaren kok ada dikasih obat boleh minta pendapatnya.

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Haid

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • 7 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok.. gimana ya agar cepat haid.? Saya sudah telat dok.. padahal saya gak pernah berhubungan dengan siapa siapa, dan kemarin saya iseng² testpack hasil nya juga negatif dok.. gimana ya dok.. saya sedih takut ada apa apa dok

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • Tanya Bidan