×

Diare Bisa Menjadi Salah Satu Tanda Persalinan Sudah Dekat

Bagikan Artikel :

Diare Bisa Menjadi Salah Satu Tanda Persalinan Sudah Dekat

Bagi ibu hamil yang berusia 37 minggu hingga 42 minggu tentu berharap adanya kontraksi atau mulas-mulas. Tapi bagaimana kalau yang datang malah mulas karena diare. Nah jangan panik Bun! Diare ini bisa menjadi tanda bahwa persalinan sudah dekat lho! Hal ini dikenal sebagai diare prelabor.

Diare Pertanda Mendekati Persalinan

Banyak yang tak tahu kalau salah satu tanda awal persalinan adalah diare. Bagi ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 37 minggu, jangan kaget jika kerap mengalami diare. Tenang saja itu pertanda bahwa Anda akan segera bertemu bayi manis Anda.

Apa Yang Menyebabkan Diare Sebelum Persalinan?

Otot-otot di sekitar perut Anda melonggar untuk mempersiapkan tahap-tahap persalinan. tidak hanya di rahim tetapi juga di rectum/dubur. Beberapa ahli menduga bahwa pengosongan isi perut Anda adalah cara alami untuk membuat ruang yang cukup bagi bayi untuk segera lahir.

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Diare Sebelum Persalinan?

Diare adalah bagian yang umum dan normal dari proses prelaborasi, jadi cobalah mengikuti arus. Ya, itu tidak menyenangkan, tetapi itu berarti Anda jauh lebih dekat untuk bertemu bayi Anda. Selain diare, Anda mungkin juga mengalami (atau semua) tanda-tanda persalinan berikut ketika Anda memasuki homestretch kehamilan Anda:

  1. Kram seperti haid
  2. Maag
  3. Sakit punggung
  4. Sensasi hangat di perut Anda
  5. Pengeluaran lendir bercampur darah

Yang Perlu Anda Lakukan Saat Diare Prelabor

  1. Pastikan Anda tetap terhidrasi.
    Air adalah teman terbaik Anda saat ini, sehingga saat diare anda harus banyak minum. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi. Bila perlu Anda bisa minum cairan elektrolit atau oralit setiap kali selesai BAB.
  2. Makanlah dengan cukup
    Makan yang cukup untuk mempertahankan kekuatan Anda saat bersalin. Lewatkan apa pun yang berlemak (daging, santan, produk susu berlemak penuh atau apa pun yang digoreng), sangat mengandung serat.
  3. Tetap tenang dan hati-hati saat bolak-balik kamar mandi.
    Ingatlah bahwa jika Anda mengalami diare di usia kehamilan 37-42 minggu itu berarti Anda mendekati persalinan. Jangan panik dan tetap tenang karena kepanikan bisa menunda kontraksi. Selain itu berhati-hatilah saat Anda sering ke kamar mandi.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 1, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Opik Taufik
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Keluar darah di vagina

  • Oleh : Mia Ilmiyah agus pratiwi
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu saya tadi habis cuci baju keluar darah bu sedikit . Apa faktor kecapean atau gimana ya.

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 11 bulan yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Cara Menjaga Kesehatan ibu dan janin selama hamil

  • Oleh : beau8469306441
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya Nandini dan saat ini saya tengah hamil memasuki minggu ke 6. Bagi seorang ibu yang menginginkan kehamilannya tetap sehat, terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada janin. Apa yang seharusnya saya konsumsi. Mohon jawabannya.

    Kandungan

  • Oleh : Aldhinda Putrie
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok mau bertanya saya sudah telat haid terakhir haid agustus tgl 25 agustus 2020 dan setelah itu saya tidak haid lagi dok dan pada tanggal 16 september muncul flek atau bercak darah yang sedikit dan hanya 2 hari . Tapi ketika di tespeck masih negatif , dan saya juga sudah mengalami gejala kehamilan sprti mual , sensitif , perubahan dan nyeri pada payudara
    Dok kenapa ya klo boleh tau?

  • Oleh : Aldhinda Putrie
  • Tanya Bidan