×

Diare Bisa Menjadi Salah Satu Tanda Persalinan Sudah Dekat

Bagikan Artikel :

Diare Bisa Menjadi Salah Satu Tanda Persalinan Sudah Dekat

Bagi ibu hamil yang berusia 37 minggu hingga 42 minggu tentu berharap adanya kontraksi atau mulas-mulas. Tapi bagaimana kalau yang datang malah mulas karena diare. Nah jangan panik Bun! Diare ini bisa menjadi tanda bahwa persalinan sudah dekat lho! Hal ini dikenal sebagai diare prelabor.

Diare Pertanda Mendekati Persalinan

Banyak yang tak tahu kalau salah satu tanda awal persalinan adalah diare. Bagi ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 37 minggu, jangan kaget jika kerap mengalami diare. Tenang saja itu pertanda bahwa Anda akan segera bertemu bayi manis Anda.

Related Posts :

    Apa Yang Menyebabkan Diare Sebelum Persalinan?

    Otot-otot di sekitar perut Anda melonggar untuk mempersiapkan tahap-tahap persalinan. tidak hanya di rahim tetapi juga di rectum/dubur. Beberapa ahli menduga bahwa pengosongan isi perut Anda adalah cara alami untuk membuat ruang yang cukup bagi bayi untuk segera lahir.

    Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Diare Sebelum Persalinan?

    Diare adalah bagian yang umum dan normal dari proses prelaborasi, jadi cobalah mengikuti arus. Ya, itu tidak menyenangkan, tetapi itu berarti Anda jauh lebih dekat untuk bertemu bayi Anda. Selain diare, Anda mungkin juga mengalami (atau semua) tanda-tanda persalinan berikut ketika Anda memasuki homestretch kehamilan Anda:

    1. Kram seperti haid
    2. Maag
    3. Sakit punggung
    4. Sensasi hangat di perut Anda
    5. Pengeluaran lendir bercampur darah

    Yang Perlu Anda Lakukan Saat Diare Prelabor

    1. Pastikan Anda tetap terhidrasi.
      Air adalah teman terbaik Anda saat ini, sehingga saat diare anda harus banyak minum. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi. Bila perlu Anda bisa minum cairan elektrolit atau oralit setiap kali selesai BAB.
    2. Makanlah dengan cukup
      Makan yang cukup untuk mempertahankan kekuatan Anda saat bersalin. Lewatkan apa pun yang berlemak (daging, santan, produk susu berlemak penuh atau apa pun yang digoreng), sangat mengandung serat.
    3. Tetap tenang dan hati-hati saat bolak-balik kamar mandi.
      Ingatlah bahwa jika Anda mengalami diare di usia kehamilan 37-42 minggu itu berarti Anda mendekati persalinan. Jangan panik dan tetap tenang karena kepanikan bisa menunda kontraksi. Selain itu berhati-hatilah saat Anda sering ke kamar mandi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 1, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    payudara

  • Oleh : Puput Adenia
  • 16 jam, 19 menit yang lalu

    assalamualaikum dok saya mau tanya, umur saya 17thn mau 18thn besok Januari tapi puting susu saya gak menonjol gitu gak bentuk gitu lah dok. apakah nanti itu masih bisa membentuk ya dok? dan umumnya puting susu itu membentuk pada umur berapa dok?

  • Oleh : Puput Adenia
  • Hamil

  • Oleh : reagantozier95
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    saya melakukan onani, kemudian saya mandi, ganti baju memakai sepatu lalu berkendara 15 menit kemudian tangan kanan saya jari telunjuk dan tengah menyentuh bagian atas vagina istri saya dan istri saya baru haid dapat 3 hari apakah bisa hamil ?

    Cara Mencegah Virus Zika

  • Oleh : Hasya
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

  • Oleh : Hasya
  • Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan saputri
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok

    Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • Tanya Bidan