×

Gimana Sih Caranya Bair Berhasil Vaginal Birth After Caesarean?

Bagikan Artikel :

Gimana Sih Caranya Bair Berhasil Vaginal Birth After Caesarean?

Pasti para bunda mengira kalau melahirkan dari kehamilan pertama secara caesarean, otomatis proses melahirkan pada kehamilan berikutnya juga dengan proses yang sama. Dalam dunia medis prosedur melahirkan normal setelah Caesar disebut dengan VBAC yaitu vaginal birth after caesarean.

Menurut para dokter spesialis kandungan mengatakan bahwa VBAC bisa dilakukan tentu dengan beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya berat badan bayi tidak lebih dari 3,5 kg.

Yuk ikutin kelas persiapan persalinan dan rajin bergerak seperti ikut senam hamil biisa juga dijalani untuk memperlancar proses VBAC yaa bu.

Beberapa Tips Agar Berhasil VBAC

  1. Atur jarak kehamilan minimal 18 bulan dari kelahiran sebelumnya
  2. Jika ada trauma dari persalinan sebelumnya, selesaikan dahulu
  3. Hindari induksi, persalinan VBAC harus berjalan alami
  4. Atur nutrisi dan pola makan agar berat badan bayi tidak terlalu besar maksimal 3,5kg
  5. Percaya dan yakin pada diri sendiri
  6. Dukungan pasangan sangat penting
  7. Lakukan persalinan di rumah sakit agar lebih aman jika perlu tindakan darurat
  8. Pilih dokter dan rumah sakit yang mendukung VBAC

VBAC Memiliki Resiko Yang Lebih Rendah Dibanding SC Berulang

Setiap persalinan tentu memiliki resiko, tapi persalinan normal memiliki resiko lebih kecil dan lebih aman dibanding operasi caesar yang berulang, baik untuk ibu maupun bayi. Operasi caesar berulang meningkatkan resiko komplikasi kehamilan di kehamilan berikutnya, seperti placenta previa atau placenta accreta. Komplikasi ini kemungkinan membutuhkan bedah sesar juga.

Related Posts :

    Proses Pemulihan VBAC Lebih Cepat Dibanding SC Berulang

    Semua jenis pereda sakit tidak bisa mencegah Anda mengetahui ada irisan di rahim, otot perut tertarik, organ internal terdorong, dan beberapa jaringan tergores. Pada kebanyakan kasus, wanita yang menjalani bedah sesar berulang dan persalinan normal melaporkan pemulihan setelah persalinan normal jauh lebih mudah, terutama pada hari-hari pertama.

    Kemungkinan besar Anda bisa bangun dan berjalan ke kamar mandi dalam waktu singkat setelah melahirkan. Setelah persalinan normal Anda mungkin akan merasakan memar, bahkan menerima lebih banyak jahitan. Tapi Bunda akan merasakan ada perbedaan besar pada bagaimana Anda menikmati jam-jam dan hari-hari pertama memiliki bayi pasca melahirkan.

    VBAC Memiliki Manfaat Yang Besar Pada Bayi

    Persalinan normal yang dilakukan ibu setelah mengalami operasi caesar di kehamilan sebelumnya ternyata memberi manfaat positif bagi bayi. Persalinan berawal ketika bayi siap untuk dilahirkan, saat paru paru matang dan otak telah berkembang. Penelitian telah lama mencari apa yang menyebabkan persalinan dimulai dan menemukan kematangan paru-paru sebagai satu dari faktor kuncinya.

    Selama persalinan, tubuh Anda memproduksi hormon stres yang membantu bayi mempersiapkan kehidupan di luar rahim. Kontraksi memiliki efek serupa dan selama kelahiran membantu mendorong cairan keluar dari paru-paru bayi, membuatnya siap melakukan nafas pertama. Persalinan normal juga membuat bayi terpapar bakteri dan memiliki antibodi yang bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 21, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara Menjaga Kehamilan Tetap Sehat Bagi Wanita Karir

  • Oleh : Ocha Setiani
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    mengatasi gatal pada puting saat menyusui

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Jarak Kopi Dan Obat

  • Oleh : Novita dwi
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Benjolan Bawah Dagu

  • Oleh : Rennym
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

    Tanya Bidan