×

Gimana Sih Caranya Bair Berhasil Vaginal Birth After Caesarean?

Bagikan Artikel :

Gimana Sih Caranya Bair Berhasil Vaginal Birth After Caesarean?

Pasti para bunda mengira kalau melahirkan dari kehamilan pertama secara caesarean, otomatis proses melahirkan pada kehamilan berikutnya juga dengan proses yang sama. Dalam dunia medis prosedur melahirkan normal setelah Caesar disebut dengan VBAC yaitu vaginal birth after caesarean.

Menurut para dokter spesialis kandungan mengatakan bahwa VBAC bisa dilakukan tentu dengan beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya berat badan bayi tidak lebih dari 3,5 kg.

Yuk ikutin kelas persiapan persalinan dan rajin bergerak seperti ikut senam hamil biisa juga dijalani untuk memperlancar proses VBAC yaa bu.

Related Posts :

    Beberapa Tips Agar Berhasil VBAC

    1. Atur jarak kehamilan minimal 18 bulan dari kelahiran sebelumnya
    2. Jika ada trauma dari persalinan sebelumnya, selesaikan dahulu
    3. Hindari induksi, persalinan VBAC harus berjalan alami
    4. Atur nutrisi dan pola makan agar berat badan bayi tidak terlalu besar maksimal 3,5kg
    5. Percaya dan yakin pada diri sendiri
    6. Dukungan pasangan sangat penting
    7. Lakukan persalinan di rumah sakit agar lebih aman jika perlu tindakan darurat
    8. Pilih dokter dan rumah sakit yang mendukung VBAC

    VBAC Memiliki Resiko Yang Lebih Rendah Dibanding SC Berulang

    Setiap persalinan tentu memiliki resiko, tapi persalinan normal memiliki resiko lebih kecil dan lebih aman dibanding operasi caesar yang berulang, baik untuk ibu maupun bayi. Operasi caesar berulang meningkatkan resiko komplikasi kehamilan di kehamilan berikutnya, seperti placenta previa atau placenta accreta. Komplikasi ini kemungkinan membutuhkan bedah sesar juga.

    Proses Pemulihan VBAC Lebih Cepat Dibanding SC Berulang

    Semua jenis pereda sakit tidak bisa mencegah Anda mengetahui ada irisan di rahim, otot perut tertarik, organ internal terdorong, dan beberapa jaringan tergores. Pada kebanyakan kasus, wanita yang menjalani bedah sesar berulang dan persalinan normal melaporkan pemulihan setelah persalinan normal jauh lebih mudah, terutama pada hari-hari pertama.

    Kemungkinan besar Anda bisa bangun dan berjalan ke kamar mandi dalam waktu singkat setelah melahirkan. Setelah persalinan normal Anda mungkin akan merasakan memar, bahkan menerima lebih banyak jahitan. Tapi Bunda akan merasakan ada perbedaan besar pada bagaimana Anda menikmati jam-jam dan hari-hari pertama memiliki bayi pasca melahirkan.

    VBAC Memiliki Manfaat Yang Besar Pada Bayi

    Persalinan normal yang dilakukan ibu setelah mengalami operasi caesar di kehamilan sebelumnya ternyata memberi manfaat positif bagi bayi. Persalinan berawal ketika bayi siap untuk dilahirkan, saat paru paru matang dan otak telah berkembang. Penelitian telah lama mencari apa yang menyebabkan persalinan dimulai dan menemukan kematangan paru-paru sebagai satu dari faktor kuncinya.

    Selama persalinan, tubuh Anda memproduksi hormon stres yang membantu bayi mempersiapkan kehidupan di luar rahim. Kontraksi memiliki efek serupa dan selama kelahiran membantu mendorong cairan keluar dari paru-paru bayi, membuatnya siap melakukan nafas pertama. Persalinan normal juga membuat bayi terpapar bakteri dan memiliki antibodi yang bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 21, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah yang terjadi dalam tubuh saya?

  • Oleh : Eli Widya
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bu bidan, hpht saya 17 januari, pada 18 feb keluar lendir seperti ovulasi, tanggal 20-24 saya flek coklat sedikit. Tanggal 25 saya HB setelah HB keluar darah segar lumayan banyak, tapi tidak sebanyak mens biasa nya,hal itu terjadi 3 hari. Tanggal 2 Maret saya HB lagi, dan keluar darah lagi, tapi lebih sedikit dari tanggal 25.,akhir akhir ini saya sering pusing, menggigil,tidak nafsu makan, dan terkadang mual muntah.kenapa ya bu? Apa saya hamil?

    Penyebab Terjadinya Pendarahan

  • Oleh : Riana
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil usia kandungan 27 minggu, dengan usia kandungan saya yang masih muda saya menghawatirkan terjadinya pendarahan. yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya pendarahan ? Terimakasih

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 4 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • kehamilan

  • Oleh : Gek Anik
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat siang,
    saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
    terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
    apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
    mohon di bantu infonya,,
    terima kasih

    Kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tanya kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

  • Oleh : Obey Hungkul
  • Tanya Bidan