×

Habis Melahirkan Kaki Langsung Lumpuh, Memang Bisa Ya ?

Bagikan Artikel :

Habis Melahirkan Kaki Langsung Lumpuh, Memang Bisa Ya ?

Bunda pernah mendengar seorang wanita yang usai melahirkan menjadi lumpuh ? hal ini memang bisa saja terjadi tapi jarang sekali. Kondisi ini bisa disebabkan oleh paraplegia. Kelumpuhan ini adalah hilangnya kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh bagian bawah yang meliputi kedua tungkai dan organ panggul. Ada yang bersifat sementara dan ada juga yang permanen.

Related Posts :

    Sebetulnya banyak sekali penyebab paraplegia, tapi pada kasus persalinan paraplegia bisa desebabkan karena adanya cedera saraf tulang belakang. Saraf tulang belakang berfungsi menyalurkan sinyal dari otak ke seluruh tubuh. Atau bisa juga karena sindrom guillain-barré, yang merupakan kondisi rusaknya sistem saraf perifer yang mengendalikan pergerakan dan sensasi rasa yang diterima tubuh. Umumnya kelemahan pada sindrom Guillain-Barre mulai dari kedua tungkai, namun bisa menyebar ke atas. Hal ini terjadi diperkirakan karena infeksi yang memicu sistem kekebalan tubuh atau karena bayi yang dilahirkan terlalu besar sehingga terjadi cedera pada saraf tulang belakang.

    Gejala Paraplegia

    Paraplegia bisa terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap. Kelumpuhan tersebut juga dapat terjadi hilang timbul tergantung penyebabnya. Kelumpuhan yang terjadi tidak hanya di kedua tungkai, namun juga terjadi pada otot di daerah panggul termasuk organ di dalamnya. Sehingga, penderita paraplegia juga dapat mengalami hilangnya kontrol terhadap buang air besar dan buang air kecil. Aktivitas seksual dan kesuburan juga dapat terganggu. Selain kelumpuhan, kedua tungkai dapat mati rasa atau malah menjadi kesemutan dan nyeri. Kondisi ini bisa semakin parah setiap hari atau minggunya, bahkan bisa menjalar ke seluruh bagian tubuh. Pada ibu yang bersalin kelumpuhan pada tungkai terjadi seketika saat bayi lahir.

    Pengobatan Paraplegia

    1. Obat.
      Obat diberikan untuk mengurangi rasa sakit, mengobati otot yang kaku, dan tegang. Selain itu, kortikosteorid dapat mengurangi peradangan di saraf tulang belakang.
    2. Fisioterapi
      Fisioterapi dapat membantu penderita meningkatkan kekuatan otot dan kemampuan bergerak.
    3. Pembedahan.
      Biasa dilakukan pada penderita cedera saraf tulang belakang. Pembedahan yang biasa dilakukan adalah mengangkat pecahan tulang, benda asing, dan bantalan tulang yang menekan saraf, sehingga akan menimbulkan regenerasi saraf.
    4. Alat bantu gerak
      Alat bantu gerak ini bisa dengan tongkat atau kursi roda. Alat bantu gerak ini dapat membantu pasien untuk bergerak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 25, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 6 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Keluar keputihan dan bercak darah

  • Oleh : Echa Helma
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok, mau tanya saya tanggal 23 juli 2021 keputihan dan vagina rasanya gatal, besoknya keputihan di sertai bercak darah di hari ketiga gatalnya hilang namun keputihan sama bercak darah masih ada udah 6 hari, keputihannya warna kuning namun tidak berbau, itu kenapa ya dok, mohon jawabannya

  • Oleh : Echa Helma
  • Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Ngilu sendi dan sekitar vagina

  • Oleh : willianbyrnes6
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin bertanya saat ini saya sering merasakan ngilu di persendian juga di area sekita vagina. Gejala tersebut muncul setelah sebulan lalu saya melahirkan, apakah ini berbahaya? dan saya minta saran cara untuk mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

    Perut gaenak

  • Oleh : Reska Siti
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Perut saya bagian bawahnya mengeras sering sendawa sering kentut terus sering keram gitu di area perut atas dan bawah dan biasa nya kalo mau tiba menstruasi suka keputihan atau keluar lendir bening tapi sekarang kok jadi gaada ini tanda kehamilan apa begah disebabkan makanan?

  • Oleh : Reska Siti
  • Tanya Bidan