×

Ibu Bersalin Dimasa Pandemi Harus Tes Swab Gak Sih?

Bagikan Artikel :

Ibu Bersalin Dimasa Pandemi Harus Tes Swab Gak Sih?

Mendekati persalinan kadang memang bikin tegang, ditambah lagi situasi yang semakin memanas mengenai pandemic virus corona. Mingkin aka ada beberapa pertanyaan seperti apa saja prosedur dan apakah harus di swab atau tidak.

Related Posts :

    Memang di masa pandemi seperti ini, pemeriksaan sebelum bersalin berbeda dengan sebelumnya. Ada beberapa pemeriksaan tambahan untuk memastikan persalinan di masa pandemi tetap aman untuk ibu dan bayi. Pada saat menjelang persalinan, ibu hamil akan melalui proses pemeriksaan tambahan yaitu pemeriksaan screening Covid-19. Pemindaian untuk ibu hamil dengan usia kehamilan di trimester tiga antara lain:

    1. Rontgen dada
    2. Pemeriksaan hitung jenis darah (blood differential count)
    3. Rapid test
    4. Swab test atau PCR tergantung kebijakan fasilitas kesehatan yang dipilih untuk bersalin

    Apa Tujuannya?

    Screening sebelum bersalin, bertujuan untuk mengetahui keadaan ibu hamil yang akan bersalin, melindungi pasien lain yang sedang dirawat, serta melindungi tim di rumah sakit. Sehingga mencegah rumah sakit yang bersangkutan menjadi episentrum Covid-19 yang baru. Selain itu perempuan hamil jauh lebih mudah tertular virus corona disbanding wanita yang tidak hamil. Jadi setiap ibu bersalin wajib melakukan serangkaian pemeriksaan.

    Tips Memilih Fasitas Kesehatan Untuk Bersalin

    Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan persalinan adalah memastikan rumah sakit yang dituju telah menerapkan pemisahan alur pasien infeksius dan non-infeksius.

    Jika Ibu Positif Corona

    Penelitian tentang penularan infeksi Covid-19 dari ibu hamil ke bayi baru lahif masih terus dilakukan hingga saat ini. Sejauh ini, tidak ada bukti bahwa ibu hamil yang positif terinfeksi Covid-19 berisiko mengalami keguguran. Namun memang ada kemungkinan transmisi virus dari ibu ke bayi saat kehamilan atau proses persalinan. Berkaitan dengan hal itu, Ferdy berkata bahwa dari banyaknya laporan kasus, kebanyakan bayi yang lahir dari ibu positif Covid-19 tetap berada dalam keadaan yang baik walaupun hasil tes Covid-19 bayi itu positif.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 11, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit di daerah perut kiri bawah

  • Oleh : Febri Putri
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu bidan , beberapa waktu lalu aku merasakan sakit perut dibawah sblh kiri Sampek kekaki dan beberapa hari ini sakitnya kumat lagi dan keputihan berwarna kuning , tolong di jawab yaa dok ??

    Seputar vagina

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    “Setelah melahirkan sya sering kentut lewat vagina,tp gak berbau. Dan juga kenapa setelah melahirkan divagina saya kayak ada benjolan gitu. Rasanya juga kadang nyeri .Vagina juga agak kering,trus kalau buang air kecil sering gak tuntas . Dan kalau berhubungan intim nyeri kayak prawan lg gitu.
    Mau konsultasi sma bidan disini,rasa ya malu.
    Apakah berbahaya bu
    Maaf ya bu . Terimakasih

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • Tentang perempuan saat haid

  • Oleh : Aulia Aulia
  • 11 bulan yang lalu

    Dok,saya mau nnya,saya berumur 15 Thun,wktu bln² kemarin saya haidny normal aj dok,tp akhir² ini udh hmpir 2 bln lebih saya blm haid,dan sekarang saya haid kok wrna darah haid saya,hitam kemerahan gitu,tapi saya gk merasakan sakit perut,apakah ini berbahaya dok,mohon bantuannya dok🙏

  • Oleh : Aulia Aulia
  • Pingin punya anak

  • Oleh : Rudi Hermawan
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok apakah ejakulasi dini mempengaruhi kehamilan

    telat datang dan testpack

  • Oleh : wedha savitri
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    bu bidan saya mau tanya hari ini saya udah hari ke 4 telat datang bulan dan saya sdh melakukan test kehamilan di hari ke 4 saya telat dan hasilnya 2 garis hanya saja garis yg satunya warna tidak pekat sperti garis sblmnya.terima kasih

    Tanya Bidan