×

Ibu Bersalin Dimasa Pandemi Harus Tes Swab Gak Sih?

Bagikan Artikel :

Ibu Bersalin Dimasa Pandemi Harus Tes Swab Gak Sih?

Mendekati persalinan kadang memang bikin tegang, ditambah lagi situasi yang semakin memanas mengenai pandemic virus corona. Mingkin aka ada beberapa pertanyaan seperti apa saja prosedur dan apakah harus di swab atau tidak.

Memang di masa pandemi seperti ini, pemeriksaan sebelum bersalin berbeda dengan sebelumnya. Ada beberapa pemeriksaan tambahan untuk memastikan persalinan di masa pandemi tetap aman untuk ibu dan bayi. Pada saat menjelang persalinan, ibu hamil akan melalui proses pemeriksaan tambahan yaitu pemeriksaan screening Covid-19. Pemindaian untuk ibu hamil dengan usia kehamilan di trimester tiga antara lain:

  1. Rontgen dada
  2. Pemeriksaan hitung jenis darah (blood differential count)
  3. Rapid test
  4. Swab test atau PCR tergantung kebijakan fasilitas kesehatan yang dipilih untuk bersalin

Apa Tujuannya?

Screening sebelum bersalin, bertujuan untuk mengetahui keadaan ibu hamil yang akan bersalin, melindungi pasien lain yang sedang dirawat, serta melindungi tim di rumah sakit. Sehingga mencegah rumah sakit yang bersangkutan menjadi episentrum Covid-19 yang baru. Selain itu perempuan hamil jauh lebih mudah tertular virus corona disbanding wanita yang tidak hamil. Jadi setiap ibu bersalin wajib melakukan serangkaian pemeriksaan.

Tips Memilih Fasitas Kesehatan Untuk Bersalin

Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan persalinan adalah memastikan rumah sakit yang dituju telah menerapkan pemisahan alur pasien infeksius dan non-infeksius.

Jika Ibu Positif Corona

Penelitian tentang penularan infeksi Covid-19 dari ibu hamil ke bayi baru lahif masih terus dilakukan hingga saat ini. Sejauh ini, tidak ada bukti bahwa ibu hamil yang positif terinfeksi Covid-19 berisiko mengalami keguguran. Namun memang ada kemungkinan transmisi virus dari ibu ke bayi saat kehamilan atau proses persalinan. Berkaitan dengan hal itu, Ferdy berkata bahwa dari banyaknya laporan kasus, kebanyakan bayi yang lahir dari ibu positif Covid-19 tetap berada dalam keadaan yang baik walaupun hasil tes Covid-19 bayi itu positif.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 11, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kesehatan reproduksi

  • Oleh : Nur Wahyuni
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok apa penyebab nya setelah haid belum sampai 2 minggu haid lagi

  • Oleh : Nur Wahyuni
  • Keram perut

  • Oleh : Kikie Amel
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya positif hamil, mens akhir 29juni tp blm memeriksakan diri ke dokter, yg saaya rasakan perut sakit seperti mau haid.. Saya pernh mengalami keguguran pd bln desember 2019 ktnya janin tdk berkembang, normal kah hamil sy yg sering sakit sperti mau haid ini dok??

  • Oleh : Kikie Amel
  • Sakit payudara

  • Oleh : Pah Udin
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mbk. Pa obat payudara istri sy yg sedang sakit sebelah. Ksian istri sy lg menyusui, umur 2 bulan. Skitx dsebelah kanan. Tidak bisa keluar asix. Mintol slusix mbak.

    Obat menunda mens

  • Oleh : Nirwana Nindya
  • 2 tahun yang lalu

    Kak ada obat untuk menunda mens? Saya mau bulan madu sama suami tapi mendekati tgl mens gimana solusinya 🥲

  • Oleh : Nirwana Nindya
  • Mansturbasi.

  • Oleh : Arif Pratama
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam ibu dokter. Saya mewakili teman saya ingin bertanya.
    Masalah nya temen saya hampir setiap 2 minggu sekali onani dan itu rutin . Dan dia sudah melakukan onani ini sudah dari 3 tahun yang lalu . Dan sekarang setiap menonton film porno alat kelamin nya ngga ereksi nya ga sekeras yang dulu.
    Pertanyaan nya. : apakah dampak terlalu sering onani dapat menyebabkan penurunan ereksi ?
    Dan adakah cara untuk membuat si alat kelaminya itu keras lagi seperti dulu ?
    Terima kasih dokter . . 🙏🏻

    Tanya Bidan