×

Kebiasaan Makan yang Baik Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Mom perlu untuk diketahui kebiasaan makan ketika hamil ini akan mempengaruhi kelancaran proses persalinan. Nah kok bisa ? Jadi Proses persalinan yang ternyata menguras energi tentu membutuhkan stamina yang baik. Supaya bunda bisa memiliki stamina dan tenaga yang baik maka tentunya kondisi fisik mama juga harus bagus. Memiliki kondisi fisik yang bagus ini bisa dimiliki salah satunya dengan makanan yang mama konsumsi

Maka dari itu seorang ibu hamil wajib memperhatikan kelengkapan akan gizi dari makanan yang dikonsumsi selama kehamilan hingga menjelang melahikan, baik itu dalam zat gizi makro maupun zat gizi mikro. Jadi untuk setiap kali mama makan baik itu makan pagi, makan siang, maupun makan malam. Maka bunda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dengan kebutuhan ibu hamil.  Karena kita tidak mengetahui Apa Yang Terjadi Saat Proses Persalinan Normal Dan pastikan juga zat zat bergizi berikut ini selalu hadir dimenu makan harian bunda.

Makan yang Baik Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar


  1. Karbohidrat
    Makanan yang mengandung karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energi dan makanan yang mengandung karbohidrat terdapat pada nasi, roti, pasta, kentang ataupun havemut. Dan akan jauh lebih baik bila mama memilih karbohidrat kompleks misalnya nasi merah, roti gandum dan juga havemut. Karena karbohidrat kompleks akan diserap secara perlahan sehingga membantu untuk kenyang lebih lama, terlebih akan jauh lebih bagus bagi ibu hamil yang obesitas atau diabetes.
  2. Protein
    Protein ini jauh lebih banyak dibutuhkan oleh tubuh saat hamil. Kecukupan akan makanan yang mengandung proten ini diperlukan guna membantu perkembangan jaringan dan pertumbuhan janin. Sumber protein yang terdiri atas protein hewani dan juga protein nabati. Dan bahan makanan yang memiliki sumber protein hewani seperti ayam, telur, ikan, daging, dan susu. Sedangkan protein yang mengandung protein nabati seperti tahu, tempe, kacang kacangan
  3. Lemak
    Lemak juga dibutuhkan yang mana merupakan sumber energi, sekaligus juga diperlukan dalam penyerapan vitamin larut lemak, yang diantaranya seperti vitamin A,D,E,K. Dan asam lemak tidak jenuh diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Guna mendapatkan asam lemak tak jenuh atau omega 3 ini, bunda bisa mengkonsumsi minyak zaitun, minyak kanola atau ikan laut.
  4. Vitamin dan Meniral
    Vaitamin dan mineral dapat kita peroleh dari sayuran dan juga buah, Selain itu sayuran dan buah juga adalah sumber serat yang baik. Vitamin dan mineral yang perlu untuk diperhatikan kecukupannya antara lain

    – Zat besi yang juga berperan dalam pembentukan hemoglobin sebagai pembawa oksigen dalam darah. Selama masa kehamilan maka volume darah dalam tubuh tentunya akan meningkat, sehingga hal ini membutuhkan lebih banyaknya zat besi yang bisa anda peroleh dari daging, ayam dan juga ikan.

    – Kalsium sangatlah dibutuhkan guna menjaga kekuatan tulang bunda dan juga sebagai pembantu dalam pertumbuhan tulang janin. Kalsium ini bisa didapatkan dari susu dan prodak olahan susu, kacang kacangan, serta sayuran yang berdaun hijau

    – Seng diperlukan dalam pertumbuhan dengan cara meningkatkannya resiko terjadinya BBLR atau berat bayi lahir rendah. Bahan makanan yang bersumber nutrisi seng seperti daging sapi, roti, susu dan sayuran

    Related Posts :

      – Asam Folat juga terlibat guna membetabolisme asam amino dan juga sintesis DNA, RNA, dan juga protein. Kekurangannya asupan makanan yang mengandung asam folat diawal kehamilan dapat menyebabkan gangguan pada pembentukan selubung saraf pada janin. Maka dari itu mama membutuhkan asupan yang bersumber dari asam folat berupa sayuran, roti, sereal dan juga kentang.

      – Vitamin dan meneral lainnya yang juga dibutuhkan selama kehamilan seperti selenium, magnesium, yodium, vitamin A, vitamin D, vitamin B1, riboflavin, vitamin B12 dan vitamin c, kolin.

    Baca Juga : Makanan Sehat Penghilang Rasa Mual Saat Hamil Muda

    Nah itulah beberapa diantaranya kebiasaan makan yang baik ibu hamil agar persalinan lancar. Sebaiknya menu makanan sebelumnya bisa hadir menemani makan anda. Dengan stamina yang bagus guna persalinan nanti, bunda juga secara tidak langsung membanu memberikan asupanan makanan yang baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  5. Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 21, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Seputar vagina

  6. Oleh : Qoyyumul Hikmah
  7. 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    “Setelah melahirkan sya sering kentut lewat vagina,tp gak berbau. Dan juga kenapa setelah melahirkan divagina saya kayak ada benjolan gitu. Rasanya juga kadang nyeri .Vagina juga agak kering,trus kalau buang air kecil sering gak tuntas . Dan kalau berhubungan intim nyeri kayak prawan lg gitu.
    Mau konsultasi sma bidan disini,rasa ya malu.
    Apakah berbahaya bu
    Maaf ya bu . Terimakasih

  8. Oleh : Qoyyumul Hikmah
  9. Pijat Bayi

  10. Oleh : alberta6265
  11. 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    Keputihan

  12. Oleh : Niken Adelia
  13. 1 tahun yang lalu

    Dokter saya mau tanya, saya baru selesai haid tiba” bangun tidur terdapat cairan seperti susu berwarna putih tetapi tidak berbau, setelah beberapa menit tiba” terasa habis ngompol dan keluar cairan lagi seperti susu coklat, apakah berbahaya?

    Infertilitas sekunder

  14. Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  15. 3 tahun yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Agar tidak hamil.

  16. Oleh : Sumarni
  17. 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Mat mlm dok.sya sdah mlahirkan anak pertama.cara agar untuk mnunda kehamilan saya,bagaimna dok

    Tanya Bidan