Kelebihan Dan Kekurangan Dari Persalinan Caesar

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Melahirkan merupakan proses alami yang pasti terjadi setelah menjalani 9 bulan lamanya mengandung. Di jaman modern ini, banyak metode persalinan yang bisa Anda pilih, mulai dari persalinan normal, melalui persalinan caesar ataupun yang terbaru yaitu persalinan di dalam air. Namun, pada artikel kali ini kita akan fokus untuk membahas kelebihan dan kekurangan dari persalinan caesar. Semoga bisa menjadi gambaran Anda sebelum memilih jenis persalinan yang akan Anda jalani.

    Kelebihan Dan Kekurangan Dari Persalinan Caesar

    Ada beberapa keadaan yang mengharuskan seorang ibu menjalani operasi caesar, namun Anda juga yang memang menginginkan menjalani persalinan caesar meskipun tidak ada kondisi khusus. Namun, sebaiknya hal ini tidak menjadi perdebatan, karena beberapa wanita mungkin akan lebih baik dan lebih aman menjalani proses persalinan caesar dibandingkan persalinan normal.

    Kata dr. Eddy SpOG, “Kini operasi caesar sudah menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia, banyak ibu yang berpikir kalo operasi caesar tidak akan merasa nyeri berlebihan saat proses persalinan. Tidak heran, banyak ibu yang berdiskusi dengan dokter untuk mengambil operasi persalinan caesar bahkan menjalani program khusus persalinan caesar”.

    Sedangkan kata Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan lainnya, Batara Sirait, “Para ibu sebaiknya mengikuti apa yang disarankan oleh dokter, karena dokter mempunyai alasan medis yang tepat dan beberapa pertimbangan dasar untuk jenis persalinan yang baik terhadap masing-masing pasien nya”.

    Jika ibu bimbang, kita bahas langsung aja yuk, apa aja sih kelebihan dan kekurangannya.

    Kelebihan Dari Persalinan Caesar :

    1. Waktu Lahiran Bisa Di Jadwal

    Bagi beberapa orang, mereka percaya jika waktu melahirkan seperti siang/malam, hari, dan tanggalnya bisa mempengaruhi karakter sang anak atau bahkan nasibnya di masa depan. Nah kepercayaan tersebut bisa disiasati dengan persalinan caesar, karena Anda dan keluarga bisa mendiskusikan dan memilih waktu yang mungkin baik untuk sang anak lahir ke dunia ini. Anda juga dapat mempersiapkan semua keperluan melahirkan dengan baik dan lebih maksimal. Namun, tetap saja waktu yang Anda tentukan harus tetap berdampingan dengan waktu yang menurut dokter tepat.

    2. Tidak Sakit

    Seorang ibu yang menjalani proses persalinan caesar tentu saja tidak akan mengalami proses mengejan. Proses ini dikenal sekali dengan tahapan yang menyakitkan saat persalinan, karena otot-otot panggul meregang dan otot-otot vagina mulai melebar untuk memberikan jalan keluar yang nyaman untuk sang bayi.

    3. Tidak Mengubah Vagina

    Pasti Anda juga sudah tahu, bahwa proses persalinan caesar dilakukan melalui pembedahan perut dan tidak melalui vagina. Sehingga vagina Anda akan tetap seperti semula, dan pastinya hal ini memberikan  rasa percaya diri yang lebih setelah melahirkan di depan suami.

    4. Prosesnya Yang Nyaman

    Menurut beberapa ibu yang menjalani operasi persalinan caesar, mereka mengatakan bahwa prosesnya lebih nyaman, karena mereka tidak perlu merasakan kontraksi dan rasa sakit atau rasa pegal yang mungkin akan dialami oleh wanita yang melakukan persalinan normal. Kenyamanan inilah yang sering menjadi daya tarik para ibu untuk menjalani persalinan caesar daripada persalinan normal.

    4 kelebihan operasi persalinan caesar diatas mungkin menjadi pertimbangan Anda. Apalagi jika ada beberapa kondisi yang mengharuskan mengambil proses persalinan caesar, seperti bayi besar, atau kondisi kesehatan ibunya sendiri, dll. Namun, ada baiknya untuk mendengarkan saran dokter terlebih dahulu. Karena ternyata ada banyak sekali kekurangan dari operasi caesar dibanding dengan kelebihannya.

    Seperti yang dikatakan oleh dr. Eddy, “Rasa sakit saat persalinan kan sudha menjadi kodrat setiap perempuan, bagaimanapun Tuhan menciptakan tubuh perempuan untuk melahirkan seorang anak secara normal. Selain itu, proses penyembuhan operasi caesar lebih lama dibanding dengan persalinan normal, meskipun memang rasa sakit tidak akan terasa jika menjalani operasi caesar”.

    Kekurangan Dari Proses Persalinan Caesar :

    1. Kematian

    Meskipun jarang sekali terjadi, operasi caesar yang tidak dilakukan dengan benar atau bisa dikatakan sebagai operasi yang gagal, akan meningkatkan risiko kematian ibu.

    2. Terancamnya Keselamatan Bayi

    Dokter yang belum berpengalaman dan dokter yang memang sudah ahlinya tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahan saat melakukan operasi. Risiko bayi terkena pisau bedah pasti ada.

    3. Kesehatan Bayi Dapat Terancam

    Risiko kelahiran prematur bisa dialami oleh beberapa bayi yang dilahirkan melalui persalinan caesar. Karena, selalu ada ketidak akuratan dalam menghitung usia bayi yang sebenarnya. Jika, ternyata usia bayi masih dibawah usia 36 bulan, bisa dipastikan bayi memiliki risiko kelahiran prematur pada suhu tubuh dan pencernaannya. Tidak hanya itu, kebanyakan bayi yang dilahirkan caesar memiliki tingkat gangguan pernapasan lebih tinggi. Dan dimasa depan tidak menutup kemungkinan si anak dapat mempunyai penyakit asma.

    4. Masa Pemulihan Lebih Lama

    Meskipun Anda tidak mengalami rasa sakit saat persalinan, lama penyembuhan bagi wanita yang menjalani operasi caesar akan lebih lama, biasanya mencapai 6 minggu atau bahkan lebih.

    5. Terancamnya Kesehatan Pasca Melahirkan

    Tidak sedikit juga ibu yang mengalami beberapa gangguan kesehatan setelah menjalani operasi caesar. Risiko terjadinya infeksi pasca pembedahan bisa mencapat 2-15%. Terutama infeksi terjadi pada saluran kemih, dan akan meningkat bagi wanita yang mempunyai badan gemuk.

    6. Risiko Kesehatan Rahim

    Proses persalinan caesar juga dapat mengakibatkan risiko masalah pada ruptur kandungan, plasenta dan pertumbuhan di luar rahim atau disebut juga ectopic pada kehamilan berikutnya.

    7. Tertundanya Terjalinnya Hubungan Ibu Dan Anak

    Adanya luka bekas operasi dan pengaruh dari obat bius bisa menunda ibu untuk memberi ASI kepada sang anak. Hal ini tentu saja akan menunda hubungan emosi antara ibu dan sang anak juga.

    Nah itulah kelebihan dan kekurangan dari persalinan Caesar, semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada kami, silahkan tambahkan pertanyaan Anda di form Tanya Bidan ya 🙂

    Baca juga : Ketakutan Besar Yang Wanita Pikirkan Tentang Melahirkan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 30, 2016
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
    Diskusi Dari:
    mahdi

    Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

    Dijawab Oleh : mahdi
    Diskusi Dari:
    frenni franita

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Dijawab Oleh : frenni franita
    Diskusi Dari:
    Nila nila

    Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

    Dijawab Oleh : Nila nila
    Diskusi Dari:
    tylermcphillamy

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : tylermcphillamy