×

Melahirkan Ala Artis Dengan Didampingi Doula

Bagikan Artikel :

Melahirkan Ala Artis Dengan Didampingi Doula

Di jaman millennial ini, ternyata banyak para ibu yang tidak hanya membutuhkan bidan dan dokter saja saat persalinan. Mereka juga membutuhkan daola. Apa itu daola ?. Nah pada artikel kali ini Bidan Citra akan menjelasan mengenai jasa doula saat persalinan.
Kata “doula” berasal dari Yunani, yang artinya adalah pelayan wanita. Seorang doula menawarkan dukungan tanpa menghakimi, bimbingan, edukasi, serta dukungan langsung yang memberikan kenyamanan saat persalinan. Hanya saja, perawatan medis (seperti pemeriksaan serviks, denyut jantung janin, dan lain-lain) tidak termasuk dalam lingkup kerja seorang doula.

Apa Pengaruh Doula Terhadap Rasa Nyaman Saat Persalinan ?

Bun, saat menjalani proses persalinan tentu butuh ketenangan dan kenyamanan ya kan?. Tidak mengherankan, banyak yang tertarik menggunakan jasa doula atau pendamping persalinan, termasuk para selebriti Tanah Air. Doula ini akan menenangkan dan merelaksasi sehingga melahirkan normal berjalan tenang, aman, dan lancar. Ya, kehadiran doula memberi pengaruh besar selama kehamilan dan persalinan. Bahkan, mereka masih akan mendampingi Bunda pasca lahiran.

Ketika menggunakan jasa doula seorang wanita mungkin merasa lebih diberdayakan untuk membuat keputusan atas namanya sendiri. Juga, karena ia merasa didukung, maka ia akan mengalami lebih sedikit rasa sakit. Dan semakin sedikit stres yang dialami wanita. Sejatinya, kehadiran doula tidak saja sekadar mendampingi selama proses persalinan. Tapi, harus mampu membuat Bunda merasa tenang agar dapat melahirkan dengan lancar, nyaman serta minim rasa sakit. , kehadiran doula sangat membantu mewujudkan pengalaman melahirkan wanita manapun dengan tenang dan tentunya menyenangkan ya Bun.

Related Posts :

    Seberapa Penting Keberadaan Doula Bagi Para Ibu Bersalin?

    Doula penting bagi wanita karena tujuan mereka memberikan dukungan fisik, emosional, dan informasi selama persalinan tanpa tindakan medis apa pun. Nah ketenangan psikologis ini akan merelaksasi para ibu sehingga rasa nyeri pada saat persalinan akan berkurang dan tentu baby blues syndrome akan terhindar.
    Selain doula, tim sukses kelahiran Bunda tentunya kehadiran pasangan, dokter, perawat, anggota keluarga, dan lainnya. Tetapi selama persalinan mungkin saja mereka memiliki fokus pada hal-hal lain. Doula akan sangat berperan ketika pasangan ketakutan melihat darah selama proses persalinan. Dia akan mendampingi Bunda, menyimak penjelasan dokter mengenai proses pembukaan. Seorang doula akan berdiri setiap saat di sisi Bunda untuk memenuhi semua yang kebutuhan yang dibutuhkan, dalam menciptakan pengalaman kelahiran yang positif.

    Manfaat-manfaat Menggunakan Jasa Doula

    1. Dukungan fisik
      Doula bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan persalinan dengan langkah-langkah langsung seperti sentuhan yang nyaman, tekanan, teknik pernapasan, dan “sihir” doulalainnya.
      Dikutip dari Healthline, tugas utama doula saat persalinan adalah untuk mendampingi ibu yang sedang berjuang melahirkan bayinya, menawarkan teknik nonmedis selama persalinan seperti pernapasan, pijatan, serta membantu bergerak ke posisi yang berbeda.
    2. Bantuan emosional
      Doula memberi dukungan untuk keluarga, mengurangi pengalaman emosional saat persalinan, serta membantu kerja hormon persalinan (estrogen, prostaglandin, relaksin, oksitosin, dan prolaktin) bekerja sebaik mungkin.
    3. Dukungan partner
      Memiliki partner saat kelahiran—selain suami—bisa sangat membantu. Doula ada untuk mendukung setiap calon ibu terkait apa yang mereka inginkan soal kelahiran. Dukungan fisik dan emosional membuat perbedaan besar bagi semua orang yang terlibat.
      Doula akan terus mendampingi, membantu Anda merasa aman dan kuat. Ia akan mendukung Anda, keputusan apa pun yang akan Anda ambil, misalnya penggunaan pengobatan atau jenis kelahiran.
    4. Membantu merawat bayi di rumah
      Setelah persalinan, doula akan membantu ibu baru untuk pulih dari proses melahirkan. Ini termasuk merawat bayi dan memandu ibu dalam menyusui secara tepat. Hadirnya doulapada masa ini bisa sangat penting, khususnya jika ada bayi memiliki kakak di rumah.
      Doula mungkin masih asing terdengar di Indonesia. Namun, faktanya sudah banyak ibu yang memanfaatkan jasa doula untuk membantunya selama proses kehamilan, memberi dukungan saat persalinan, termasuk pascapersalinan. Namun butuh atau tidaknya ibu hamil atas kehadiran doula, ini tergantung pada kesiapan masing-masih calon ibu. Jika dirasa perlu, Anda bisa mendiskusikannya terlebih dulu dengan pasangan dan dokter spesialis kandungan Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Gangguan ereksi+tidak ereksi di pagi hari

  • Oleh : Rifki surya prakarsa
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat sore dok,saya ingin berkonsultasi dan ingin tau cara pengobatannya gimana,saya rifki surya prakarsa umur 24 thn dok,belakangan ini udah 3 bulanan saya merasakan ada gangguan di penis saya dok,seumuran saya biasanya kalo bangun tidur di pagi hari itu biasanya ereksi ya dok keras,tapi saya sudah tidak merasakan seperti itu dok,kadang ereksi sekalinya ereksi itu ereksinya tidak kuat lama dok hanya beberapa deiti dia lembek sekali,terus kalo kena rangsangan,hawa nafsu saya sedang menggebu gebu tapi penis saya hanya membesar bukannya tegak keras gitu dok,bisa di bilang lembek,itu kenapa ya dok,

  • Oleh : Rifki surya prakarsa
  • Frekuensi BAB Pada Bayi

  • Oleh : juwita
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

    Berat badan tidak ideal

  • Oleh : MURTI DIANASARI
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu nama saya MURTI DIANASARI. Usia saya 26 tahun tinggi badan saya 150 cm. Tapi berat badan saya hanya 35 kg. Saya ingin menaikan berat badan. Bagaimana cara nya bu?

    Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 9 bulan yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

  • Oleh : demetriusnies67
  • 3 tahun yang lalu

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Tanya Bidan