×

Persalinan Macet yang Disebabkan oleh Presentasi Puncak Kepala

Bagikan Artikel :

Secara umum, posisi normal bagi janin untuk dilahirkan per vaginam adalah posisi kepala di bawah dengan presentasi belakang kepala (saat lahir kepala bayi menghadap ke bawah). Apabila presentasi persalinan bukan belakang kepala, maka akan menghambat proses penurunan kepala dan memperlama masa persalinan secara keseluruhan.

Adapun risiko terburuk adalah macetnya persalinan sehingga harus dibantu, baik dengan forsep, vakum, atau melalui operasi Caesar. Pada pemeriksaan sebelum persalinan, Salah satu presentasi yang abnormal (tidak normal) adalah presentasi puncak kepala. Presentasi puncak kepala adalah keadaan dimana puncak kepala merupakan bagian terendah, hal ini terjadi apabila derajat defleksinya ringan (perubahan bentuk). Presentasi puncak kepala adalah presentasi kepala dengan defleksi/ekstensi minimal dengan sinsiput merupakan bagian terendah.

Presentasi puncak kepala adalah bagian terbawah janin yaitu puncak kepala, pada pemeriksaan dalam teraba UUB (ubun-ubun besar) yang paling rendah, dan UUB sudah berputar ke depan.

Penyebab Presentasi Puncak Kepala

Letak defleksi ringan (perubahan bentuk) biasanya disebabkan:

a) Kelainan panggul (panggul picak)

b) Kepala bentuknya bundar

c) bayi kecil (BBLR) atau IUFD (meninggal dalam kandungan)

d) Kerusakan dasar panggul

e) Sering ditemukan pada janin besar atau panggul sempit.

f) Multiparitas (anak lebih dari 4)

g) Perut gantung

h) Anensefalus

i) Tumor leher rahim bagian depan.

Faktor Terjadinya Presentasi Puncak Kepala

 

Pada kehamilan normal, kepala janin pada waktu melewati jalan lahir berada dalam keadaan fleksi (gerak menekuk atau membengkokkan), tetapi pada kasus ini fleksi tidak terjadi sehingga kepala dalam keadaan defleksi(perubahan bentuk dalam arah yang mengakibat adanya pembebanan vertical). Dengan posisi seperti itu mengakibatkan terjadinya partus lama dan robekan jalan lahir yang lebih luas. Meskipun persalinan sedikit lebih lama dan lebih sukar daripada persalinan normal baik bagi ibu maupun anaknya, prognosisnya cukup baik. Umumnyaterjadi fleksi dan melanjut ke persalinan normal

 

Cara Mendeteksi Presentasi Puncak Kepala

a) Pemeriksaan radiologis CT scan saat kehamilan, Presentasi Puncak Kepala membantu dalam menegakkan diagnosis kedudukan dan menilai panggul.

b) USG pada saat kehamilan

c) Pemeriksaan dalam pada proses persalinan teraba ubun-ubun besar.

Penanganan

1. Dapat ditunggu kelahiran spontan

2. Episiotomi (pengguntingan jaringan yang terletak antara lubang vagina dengan anus)

3. Bila 1 jam dipimpin mengejan tak lahir, dan kepala bayi sudah didasar panggul, maka dilakukan ekstraksi forcep/vakum. Usahakan lahir pervaginam karena kira-kira 75 % bisa lahir spontan. Bila ada indikasi ditolong dengan vakum/forsep biasanya anak yang lahir di dapati caput (edema kulit kepala anak) daerah UUB.

Related Posts :

     

     

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 23, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Kehamilan

  • Oleh : Nena Nurlianti
  • 2 tahun yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan, saya mau tanya. Usia saya 20 tahun dan sudah menggunakan pil KB selama 6 bulan. HPHT saya tanggal 2 Februari 2022, pada tanggal 14 Februari, saya merasakan kram perut seperti yang sedang haid tapi terasa ringan disertai nyeri payudara, padahal perkiraan haid saya masih 2 minggu lagi. Kram perut dan nyeri haid itu berlangsung hingga hari ini, dan disertai seringnya BAK. Pada tanggal 16 Februari saya coba testpack tapi hasilnya negatif. Apakah yang saya alami sekarang tanda2 hamil atau apa ya bu? Apakah karena terlalu awal di testpacknya, sehingga kadar hcg nya masih rendah?. Terimakasih sebelumnya nya bu, wassalam.

  • Oleh : Nena Nurlianti
  • Bayi tidak mau menyusui

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Malem bu.sya mau tanya,soal anak sya yang gk mau mnyusu.sya kemaren hri mggu habis kecelakaan spda motor trus periksa ke rs dkasih obat.stelah it anak sya mnum asi sya ya mau tp bru dikenyut trus dilepas nangis,dikenyut lg lepas lg nangis lg.sampe brulang kali.yang sya tnyakan knpa ya smenjak sya jtuh dan konsumsi obat anak sya spt gk mau mnyusui?

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • Menstuasi

  • Oleh : Ami Sumiyati
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok knpa ya saya KB yang 3 bln tpi mens trus.trus saya ganti KB yg andalan.mens nya lama bahkan smpe 1bulan lebih.tpi darah nya gk bnyk sih???

  • Oleh : Ami Sumiyati
  • Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 7 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Tanya Bidan