×

Posisi Tubuh Terbaik Saat Menjalani Proses Persalinan

Bagikan Artikel :

Kebanyakan wanita sering mengubah posisi tubuh mereka selama persalinan. Sebuah studi baru-baru ini menganalisis hal ini dan paling banyak wanita hamil berada dalam posisi berjalan atau tetap tegak selama tahap awal dan memiliki aktivitas yang cukup aktif sekitar satu jam sebelum akhirnya melahirkan.

Pada tahap awal persalinan, kontraksi yang muncul mungkin tidak memerlukan perhatian yang khusus, Anda mungkin ingin berjalan-jalan di luar atau jika Anda lelah mungkin Anda ingin mandi air hangat atau hanya sekedar tiduran.

Ketika persalinan menjadi lebih aktif, Anda bisa mencoba beberapa posisi tubuh terbaik saat menjalani proses persalinan, hal ini untuk membantu Anda mengelola rasa sakit selama kontraksi yang semakin intens.

Salah satu posisi yang tidak dianjurkan adalah telentang. Dalam posisi ini, Rahim Anda akan mengkompres vena yang akhirnya dalam mengembalikan darah dari kaki ke jantung yang dapat menyebabkan kontraksi kurang efektif.

Related Posts :

    Posisi Tubuh Terbaik Saat Menjalani Proses Persalinan

    Sebenarnya biarkan saja tubuh Anda mencari posisi sendiri, mana yang membuat Anda lebih nyaman maka lakukanlah. Tetapi jika Anda ingin mengetahui beberapa tips posisi yang bagus, beberapa dibawah ini bisa Anda praktekan.

    Berdiri Dan Berjalan

    Beberapa wanita akan secara alami ingin mencoba berdiri dan berjalan selama persalinan aktif untuk menyamarkan rasa sakit. Jika kontraksi muncul, Anda dapat berhenti untuk bersandar pada dinding atau pada pasangan Anda.

    Goyang

    Bergoyang bolak-balak dengan irama yang sama dengan pernapasan atau tambahan music juga dapat menghibur Anda selama proses persalinan. Anda dapat melakukannya dengan bersandar pada pasangan Anda, semacam tarian dansa dalam gerakan yang lambat. Atau Anda juga bisa menggunakan kursi goyang jika tesedia.

    Duduk

    Duduk di tempat tidur atau kursi dengan bantal yang menyandang punggung Anda. Atau Anda juga bisa mencoba untuk duduk bersandar ke depan dengan mengambil beberapa tekanan dari punggung. Atau bisa juga Anda duduk di kursi tanpa lengan denga posisi menghadap ke belakang kursi. Biarkan tangan Anda bertumpu diatas / dikepala kursi. Pasangan Anda bisa membantu menenangkan Anda dengan memberikan pijatan lembut ke punggung Anda.

    Bertumpu Pada Tangan Dan Lutut

    Posisikan tubuh Anda seperti sedang merangkak. Ini adalah posisi yang sangat populer dan penelitian menunjukan bahwa tumpuan apda tangan dan lutut memberikan bantuan untuk meringankan rasa sakit saat proses persalinan. Posisi Ini juga membantu suplay oksigen ke bayi Anda.

    Jongkok

    Jongkok juga ternya membantu membuka panggul, memberikan bayi Anda lebih banyak ruang untuk memutar karena ia bergerak melalui jalan lahir. Jongkok juga akan memungkinkan Anda untuk mengejan lebih efektif ketika saatnya untuk mendorong. Gunakan kursi yang kokoh atau berjongkok di tempat tidur bersalin. Anda juga dapat jongkok dengan bertumpu pada dinding.

    Berlutut Menggunakan Bola Melahirkan

    Dengan bantuan bola
    melahirkan Anda bisa mencoba posisi berlutut. Dengan menyandarkan tubuh
    Anda ke bola dan tangan yang seperti sedang memeluk. Kadang-kadang
    berlutut membantu Anda meringankan sakit punggung. Selain itu, berlutut
    sambil bersandar ke depan juga dapat membuka panggul, hal ini bermanfaat
    untuk mempermudah proses persalinan.

    Berbaring Degan Posisi Menyamping

    Untuk membuat tubuh Anda beristirahat sekaligus meringankan rasa sakit di akhir tahap awal persalinan, cobalah posisikan tubuh Anda untuk berbaring dengan posisi menyamping. Tempatkan juga bantal diantara lutut Anda untuk memberikan kenyamanan lebih. Posisi ini mengoptimalkan aliran darah ke Rahim dan bayi Anda.

    Ingat. Tidak ada posisi yang sempurna selama proses persalinan. Cobalah berbagai posisi yang membuat Anda nyaman. Diskusikan juga dengan dokter atau suster yang merawat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terimakasih sudah berkunjung ke website Curhat Bidan Online 🙂

    Mungkin Anda juga berminat untuk membaca :

    10 Tips Meringankan Rasa Sakit Saat Bersalin

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 12, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 1 tahun yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Ciri Ciri Haid Selain Timbul Rasa Nyeri

  • Oleh : Silvia Rizkiana Sari
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
    Terimakasih

    Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    Pil Kontrasepsi

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Tanya Bidan