Posisi Tubuh Terbaik Saat Menjalani Proses Persalinan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Kebanyakan wanita sering mengubah posisi tubuh mereka selama persalinan. Sebuah studi baru-baru ini menganalisis hal ini dan paling banyak wanita hamil berada dalam posisi berjalan atau tetap tegak selama tahap awal dan memiliki aktivitas yang cukup aktif sekitar satu jam sebelum akhirnya melahirkan.

    Pada tahap awal persalinan, kontraksi yang muncul mungkin tidak memerlukan perhatian yang khusus, Anda mungkin ingin berjalan-jalan di luar atau jika Anda lelah mungkin Anda ingin mandi air hangat atau hanya sekedar tiduran.

    Ketika persalinan menjadi lebih aktif, Anda bisa mencoba beberapa posisi tubuh terbaik saat menjalani proses persalinan, hal ini untuk membantu Anda mengelola rasa sakit selama kontraksi yang semakin intens.

    Salah satu posisi yang tidak dianjurkan adalah telentang. Dalam posisi ini, Rahim Anda akan mengkompres vena yang akhirnya dalam mengembalikan darah dari kaki ke jantung yang dapat menyebabkan kontraksi kurang efektif.

    Posisi Tubuh Terbaik Saat Menjalani Proses Persalinan

    Sebenarnya biarkan saja tubuh Anda mencari posisi sendiri, mana yang membuat Anda lebih nyaman maka lakukanlah. Tetapi jika Anda ingin mengetahui beberapa tips posisi yang bagus, beberapa dibawah ini bisa Anda praktekan.

    Berdiri Dan Berjalan

    Beberapa wanita akan secara alami ingin mencoba berdiri dan berjalan selama persalinan aktif untuk menyamarkan rasa sakit. Jika kontraksi muncul, Anda dapat berhenti untuk bersandar pada dinding atau pada pasangan Anda.

    Goyang

    Bergoyang bolak-balak dengan irama yang sama dengan pernapasan atau tambahan music juga dapat menghibur Anda selama proses persalinan. Anda dapat melakukannya dengan bersandar pada pasangan Anda, semacam tarian dansa dalam gerakan yang lambat. Atau Anda juga bisa menggunakan kursi goyang jika tesedia.

    Duduk

    Duduk di tempat tidur atau kursi dengan bantal yang menyandang punggung Anda. Atau Anda juga bisa mencoba untuk duduk bersandar ke depan dengan mengambil beberapa tekanan dari punggung. Atau bisa juga Anda duduk di kursi tanpa lengan denga posisi menghadap ke belakang kursi. Biarkan tangan Anda bertumpu diatas / dikepala kursi. Pasangan Anda bisa membantu menenangkan Anda dengan memberikan pijatan lembut ke punggung Anda.

    Bertumpu Pada Tangan Dan Lutut

    Posisikan tubuh Anda seperti sedang merangkak. Ini adalah posisi yang sangat populer dan penelitian menunjukan bahwa tumpuan apda tangan dan lutut memberikan bantuan untuk meringankan rasa sakit saat proses persalinan. Posisi Ini juga membantu suplay oksigen ke bayi Anda.

    Jongkok

    Jongkok juga ternya membantu membuka panggul, memberikan bayi Anda lebih banyak ruang untuk memutar karena ia bergerak melalui jalan lahir. Jongkok juga akan memungkinkan Anda untuk mengejan lebih efektif ketika saatnya untuk mendorong. Gunakan kursi yang kokoh atau berjongkok di tempat tidur bersalin. Anda juga dapat jongkok dengan bertumpu pada dinding.

    Berlutut Menggunakan Bola Melahirkan

    Dengan bantuan bola
    melahirkan Anda bisa mencoba posisi berlutut. Dengan menyandarkan tubuh
    Anda ke bola dan tangan yang seperti sedang memeluk. Kadang-kadang
    berlutut membantu Anda meringankan sakit punggung. Selain itu, berlutut
    sambil bersandar ke depan juga dapat membuka panggul, hal ini bermanfaat
    untuk mempermudah proses persalinan.

    Berbaring Degan Posisi Menyamping

    Untuk membuat tubuh Anda beristirahat sekaligus meringankan rasa sakit di akhir tahap awal persalinan, cobalah posisikan tubuh Anda untuk berbaring dengan posisi menyamping. Tempatkan juga bantal diantara lutut Anda untuk memberikan kenyamanan lebih. Posisi ini mengoptimalkan aliran darah ke Rahim dan bayi Anda.

    Ingat. Tidak ada posisi yang sempurna selama proses persalinan. Cobalah berbagai posisi yang membuat Anda nyaman. Diskusikan juga dengan dokter atau suster yang merawat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terimakasih sudah berkunjung ke website Curhat Bidan Online 🙂

    Mungkin Anda juga berminat untuk membaca :

    10 Tips Meringankan Rasa Sakit Saat Bersalin

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 12, 2016
    Diskusi Dari:
    cassandralamar9

    selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

    Dijawab Oleh : cassandralamar9
    Diskusi Dari:
    Rani Anggraeni

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    ella fatmawati

    Sya mau tanya es krim yg jenis nya apa yach yg biisa membantu kesuburan agar cepat hamil…

    Dijawab Oleh : ella fatmawati
    Diskusi Dari:
    Putri Kintamani

    Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

    Dijawab Oleh : Putri Kintamani
    Diskusi Dari:
    Chika ELlo

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Dijawab Oleh : Chika ELlo