×

Proses Persalinan Yang Berlangsung Sangat Cepat Memiliki Risiko Tinggi

Bagikan Artikel :

Proses Persalinan Yang Berlangsung Sangat Cepat Memiliki Risiko Tinggi

Persalinan adalah proses yang dinanti-nanti oleh setiap wanita hamil. Persalinan yang berlangsung cepat biasanya hal yang diinginkan oleh sebagian wanita. Mereka menganggap bahwa persalingan yang berlangsung cepat adalah hal yang menguntungkan karena akan merasakan nyeri bersalin yang sebentar. Namun di sisi lain proses bersalin yang cepat juga memiliki risiko seperti perdarahan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Persalinan yang berlangsung terlalu cepat atau partus presipitatus yaitu persalinan yang sangat cepat berlangsung dalam 2-3 jam. Partus presipitatus dapat terjadi akibat resistensi jaringan lunak jalan lahir yang terlalu rendah, kontraksi abdomen terlalu kuat dan relaksasi yang kurang.

Penyebab Persalinan Presipitatus

1. Tahanan yang rendah pada bagian jalan lahir
2. Kontraksi uterus/ rahim yang terlalu kuat
3. Pada keadaan yang sangat jarang dijumpai oleh tidak adanya rasa nyeri pada saat his sehingga ibu tidak menyadari adanya proses-proses persalinan yang sangat kuat itu

Tanda dan Gejala Partus Presipitatus

Wanita yang mengalami partus presipitatus akan mengalami ambang nyeri yang tidak biasanya atau tidak menyadari kontraksi rongga perut. Ketidaknyamanan punggung bagian bawah, kontraksi uterus yang lama dan hebat, kurangnya atau tidak ada relaksasi diantara kontraksi serta tidak bisa mengendalikan dorongan untuk mengejan.

Komplikasi Partus Presipitatus

1. Pada Bayi

Dapat terjadi trauma kepala oleh karena pengaruh persalinan yang cepat, sehingga dapat menjadikan cidera pada otak dan terjadi hypoksia (kurangnya suplai oksigen ke otak) yang disebabkan oleh his/kontraksi yang terlalu kuat

2. Pada ibu

Komplikasi pada ibu yaitu seringnya terjadi perdarahan karena terlalu cepatnya proses persalinan sementara otot-otot rahim belum maksimal berkontraksi. Selain itu partus presipitatus juga akan menyebabkan robeknya rahim (rupture uteri) dan robekan jalan lahir yang luas.

Hal yang Perlu dilakukan

Pada ibu hamil yang sudah menginjak usia kehamilan 36 minggu, jika sudah merasakan tanda-tanda persalinan seperti pengeluaran lendir bercampur darah, kontraksi yang datang rutin setiap 10 menit sekali dan terus meningkat segera untuk mengunjungi tempat klinik bersalin atau rumah sakit. Apalagi jika kontraksi yang dirasakan begitu hebat, segeralah periksakan dan jangan ditunda-tunda.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Atih Susanti
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dokter saya sedang hamil muda, cuma ga pasti berapa usia kandungannya, saya belum sempet periksa ke bidan, di tespeck aku positive dok, nah selama itu aku ngerasa linu di pinggang sampai panggul, bahaya ga ya dok ?

    Sudah selesai haid keluar darah lagi

  • Oleh : Siti Siti soleha
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya,bulan ontober 2020 tgl 22-28 saya haid dan bulan november ini tgl 2 kok keluar bercak darah lagi sama payudara sakit,sering buang air kencing,pingang sakit,perut kram kira”tanda”ap y dok

  • Oleh : Siti Siti soleha
  • Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Pantangan ibu hamil

  • Oleh : FR
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Tanya Bidan