×

Solusi Efektif Merangsang Kontaksi Supaya Cepat Melahirkan

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Menjelang hari persalinan, perasaan bunda tentunya ingin cepat cepat melahirkan dan segera melihat sang buah hati. Namun sering kali kehamilan ini menyebabkan seorang wanita hamil mengalami stress. Stres itu sendiri terjadi karena ia merasa tidak memiliki ilmu yang ckup untuk bisa menjadi seorang ibu atau bisa jadi juga karena stress ketika akan menghadapi persalinan.

Terlebih bagi anda yang sudah mendapatkan perkiraan dari dokter atau bidan kandungan mengenai tanggal kelahiran bayi, dan ternyata anda tiak kunjung juga menampakan seperti tanda anda akan melahirkan. Hal ini tentunya akan membuat anda tidak tenang dan stress . Namun ada berbagai cara yang bunda bisa lakukan untuk merangsang kontaksi agar cepat melahirkan. Seperti berikut ini

Related Posts :

    Solusi Efektif Merangsang Kontraksi Supaya Cepat Melahirkan


    1. Berjalan Kaki
      Ketika bunda melakukan jalan kaki sejenak, ternyata memang kegiatan ini dapat membantu proses persalinan. Kegiatan berjalan kaki sejenak ini ternyata mampu membantu bayi bergerak ke posisi panggul bunda. Tentunya hal ini membuat bayi bisa cepat lahir. Meskipun belum adanya sebuah penelitian yang membuktikan bahwa berjalan kaki ini benar benar membuat persalinan lebih cepat, namun berajalan kaki bisa mengurangi kecemasan sehingga bunda bisa menjadi lebih nyaman dan tenang menjelang proses melahirkan.
    2. Pijatan
      Pijatan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjelang melahirkan. namun pijatan sendiri tidak lantas langsung dengan proses melahirkan. Pijat pada kenyataannya tidak membuat perubahan pada posisi janin atau mampu merangsang tubuh agar sikecil cepat bisa keluar. Namun pijat hanya bermanfaat untuk mengurangi kecemasaaan dan stress pada mama. Karena stress yang berkurang sangat baik untuk kelancaran sebuah proses persalinan.
    3. Stimulasi Puting
      Dengan merangsang puting sang bunda hal ini dapat menyebabkan rahim mengalami kontraksi. Dan kegiatan ini juga dapat meningkatkan peluang dan kecepatan dalam proses melahirkan. Bunda bisa melakukannya dengan bantuan dari suami atau menggunakan pompa payudara untuk melakukan stimulasi ini. Stimulasi yang dilakukan pda puting payudara tidak hanya mempercepat proses kelahiran. Proses menyusui ini juga merupakan bentuk dari stimulus puting yang bisa membantu  bunda mengembalikan rahim ke ukuran semula
    4. Akupuntur
      Akupuntur yang dilakukan tidak hanya mampu merangsang kontraksi supaya cepat melahirkan. Ternyata dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah Journal of Perinatal Medicine mengungkapkan lebih dari 400 perempuan yang telah melakukan akupuntur sebelum melahirkan mereka tidak membutuhkan induksi medis. Dan akupuntur juga dapat mempercepat waktu anda selama proses persalinan serta mengobati depresi menjelang persalinan yang kerap kali dialami oleh ibu hamil.

    Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

    Nah itulah beberapa solusi yang bisa bunda lakukan guna bantu cepat timbulnya kontraksi supaya cepat melahirkan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 5, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri dada Dan Tulang Belikat

  • Oleh : justinstoker2
  • 3 tahun yang lalu

    Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

    Jaga Produksi

  • Oleh : Miftahul Fikri
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya duda yang ingin tanya bagaimana cara jaga kesuburan sperma di masa duda?

    Sperma Keluar Saat Sedang Cemas

  • Oleh : ANGGUN
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

    Anak terkena mimisan, panas dan mata merah

  • Oleh : Della Aprita
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

    Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan