Solusi Efektif Merangsang Kontaksi Supaya Cepat Melahirkan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Kita – Menjelang hari persalinan, perasaan bunda tentunya ingin cepat cepat melahirkan dan segera melihat sang buah hati. Namun sering kali kehamilan ini menyebabkan seorang wanita hamil mengalami stress. Stres itu sendiri terjadi karena ia merasa tidak memiliki ilmu yang ckup untuk bisa menjadi seorang ibu atau bisa jadi juga karena stress ketika akan menghadapi persalinan.

    Terlebih bagi anda yang sudah mendapatkan perkiraan dari dokter atau bidan kandungan mengenai tanggal kelahiran bayi, dan ternyata anda tiak kunjung juga menampakan seperti tanda anda akan melahirkan. Hal ini tentunya akan membuat anda tidak tenang dan stress . Namun ada berbagai cara yang bunda bisa lakukan untuk merangsang kontaksi agar cepat melahirkan. Seperti berikut ini

    Solusi Efektif Merangsang Kontraksi Supaya Cepat Melahirkan


    1. Berjalan Kaki
      Ketika bunda melakukan jalan kaki sejenak, ternyata memang kegiatan ini dapat membantu proses persalinan. Kegiatan berjalan kaki sejenak ini ternyata mampu membantu bayi bergerak ke posisi panggul bunda. Tentunya hal ini membuat bayi bisa cepat lahir. Meskipun belum adanya sebuah penelitian yang membuktikan bahwa berjalan kaki ini benar benar membuat persalinan lebih cepat, namun berajalan kaki bisa mengurangi kecemasan sehingga bunda bisa menjadi lebih nyaman dan tenang menjelang proses melahirkan.
    2. Pijatan
      Pijatan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjelang melahirkan. namun pijatan sendiri tidak lantas langsung dengan proses melahirkan. Pijat pada kenyataannya tidak membuat perubahan pada posisi janin atau mampu merangsang tubuh agar sikecil cepat bisa keluar. Namun pijat hanya bermanfaat untuk mengurangi kecemasaaan dan stress pada mama. Karena stress yang berkurang sangat baik untuk kelancaran sebuah proses persalinan.
    3. Stimulasi Puting
      Dengan merangsang puting sang bunda hal ini dapat menyebabkan rahim mengalami kontraksi. Dan kegiatan ini juga dapat meningkatkan peluang dan kecepatan dalam proses melahirkan. Bunda bisa melakukannya dengan bantuan dari suami atau menggunakan pompa payudara untuk melakukan stimulasi ini. Stimulasi yang dilakukan pda puting payudara tidak hanya mempercepat proses kelahiran. Proses menyusui ini juga merupakan bentuk dari stimulus puting yang bisa membantu  bunda mengembalikan rahim ke ukuran semula
    4. Akupuntur
      Akupuntur yang dilakukan tidak hanya mampu merangsang kontraksi supaya cepat melahirkan. Ternyata dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah Journal of Perinatal Medicine mengungkapkan lebih dari 400 perempuan yang telah melakukan akupuntur sebelum melahirkan mereka tidak membutuhkan induksi medis. Dan akupuntur juga dapat mempercepat waktu anda selama proses persalinan serta mengobati depresi menjelang persalinan yang kerap kali dialami oleh ibu hamil.

    Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

    Nah itulah beberapa solusi yang bisa bunda lakukan guna bantu cepat timbulnya kontraksi supaya cepat melahirkan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - December 5, 2016
    Diskusi Dari:
    Mbak aty

    Selamat siang dok, saya kan sering membunyikan bagian jari dan juga persendian saya saat sedang pegal. Apakah hal ini berbahaya dok bagi kesehatan?

    Dijawab Oleh : Mbak aty
    Diskusi Dari:
    Gek Anik

    Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

    Dijawab Oleh : Gek Anik
    Diskusi Dari:
    Himawan

    Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Himawan
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Ai Ni

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

    Perlu Jawaban