×

Takut Bersalin Karena Nyeri? Makanya Gunakan Teknik Gentle Birth!

Bagikan Artikel :

Takut Bersalin Karena Nyeri? Makanya Gunakan Teknik Gentle Birth!

Apasih yang dibenak Anda tentang persalinan normal ? Apakah tentang rasa nyeri yang hebat ? tentu sekarang tidak! Teknologi sudah canggih, proses persalinanpun tidak seburuk yang dibayangkan. Salah satu untuk mengurangi rasa nyeri saat persalinan yaitu dengan teknik gentle birth. Gentle birth adalah suatu proses melahirkan normal yang tenang dan damai, sehingga ibu akan melahirkan dengan rasa sakit yang minimal.

Ketakutan akan rasa sakit saat proses melahirkan membuat ibu hamil urung untuk melahirkan normal. Nah, gentle birth hadir untuk mengurangi keresahan dan ketakutan ibu akan proses melahirkan yang menyakitkan.

Related Posts :

    Perlu Anda ketahui, ketakutan saat melahirkan justru dapat membuat proses kelahiran menjadi lebih menyakitkan. Ketakutan membuat hormon stres meningkat sehingga dapat memperlambat kemampuan Anda saat melahirkan dan membuat melahirkan terasa lebih menyakitkan. Sebaliknya, melahirkan dengan pikiran tenang dan positif justru dapat memudahkan Anda saat melahirkan dan proses melahirkan akan lebih lancar.

    Persiapan Sebelum Melakukan Gentle Birth

    Gentle birth sangat memudahkan Anda dalam melahirkan. Anda bisa melahirkan dengan metode gentle birth di mana pun Anda inginkan, di rumah sakit maupun di rumah sendiri, di tempat yang membuat Anda merasa rileks. Anda pun bisa memilih metode melahirkan apa yang akan Anda jalani, metode water birth (melahirkan dalam air)misalnya. Namun, dengan catatan sebaiknya dibimbing oleh bidan atau dokter.

    Proses gentle birth sendiri juga sebaiknya dipersiapkan dari jauh hari. Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum proses melahirkan, seperti latihan pernapasan, pemijatan (seperti di daerah vagina dan perineum), mempelajari apa yang akan terjadi selama proses melahirkan, olahraga teratur, dan menjaga konsumsi makanan Anda.

    1. Persiapan fisik dan mental
      Dikutip dari laman Made for Mums, Dr. Gowri Motha, pencetus metode gentle birth pada tahun 1980-an, mengatakan bahwa sebaiknya ibu hamil tidak melakukan aktivitas apapun (seperti bekerja) selama beberapa minggu atau bulan sebelum melahirkan. Bekerja dapat membuat ibu hamil stres, yang menyebabkan terjadinya peningkatan kadar hormon stres kortisol sehingga dapat mempersulit proses kelahiran.
      Mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum proses melahirkan, membuat pikiran dan hati tenang, memikirkan hal-hal positif tentang proses melahirkan sehingga ketakutan akan melahirkan menjadi hilang dapat mendukung produksi hormon-hormon yang diperlukan saat melahirkan. Seperti hormon relaksin, hormon endorfin, dan hormon plasenta lainnya.
      Pada saat waktu kelahiran sudah dekat, cobalah untuk berpikir positif. Ingatlah, melahirkan adalah proses alami, Anda tidak perlu khawatir, ikuti saja naluri dari tubuh Anda. Latihan pernapasan dan olahraga teratur dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Bacalah kisah-kisah inspiratif tentang proses kelahiran yang positif agar Anda juga berpikiran positif. Anda juga bisa melakukan hipnosis untuk menyugesti diri Anda bahwa melahirkan tidak sesakit yang Anda bayangkan dan Anda pasti mampu melakukannya.
    2. Konsumsi makanan yang sehat
      Menerapkan kebiasaan makan yang sehat selama kehamilan merupakan salah satu kunci dalam menjalani proses gentle birth. Tubuh memerlukan banyak nutrisi yang harus dipenuhi selama kehamilan, sehingga kesehatan Anda terjaga dan memudahkan Anda saat proses melahirkan. Cobalah untuk makan banyak sayur dan buah selama kehamilan, dan juga banyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Batasi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan tepung selama kehamilan. Makanan ini dapat membuat Anda mengalami kenaikan berat badan berlebih yang akan mempersulit Anda saat melahirkan.
      Ketika Anda mulai makan dengan baik dan menjadi tenang, alam akan membantu Anda lebih percaya diri dalam menghadapi kelahiran. Secara alami Anda akan mampu melewati kelahiran dengan lancar, tenang, dan sedikit rasa sakit. Anda merasa puas dan bahagia setelah berhasil melewati semua proses melahirkan itu, bayi Anda pun akan ikut senang.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 6, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Anak terkena mimisan, panas dan mata merah

  • Oleh : Della Aprita
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

    Kehamilan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Rahang Sakit

  • Oleh : Riza
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

    virus toksoplasma pada kehamilan

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 3 tahun yang lalu

    apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

    ragu dengan kehamilan

  • Oleh : cassandralamar9
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan