×

Tips Cara Mengejan yang Baik Saat Proses Melahirkan

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Dimasa sekarang ini banyak seorang wanita yang ternyata memilih jalan persalinan dengan operasi caesar bila dibandingkan dengan persalinan normal, walaupun mereka masih bisa dikatakan mampu untuk melahirkan normal.

Baiknya jika tidak terdapat bahaya yang bsia mengancam keselamatan janin dan ibu, maka proses persalinan ini bisa dilakukan secara normal. Biasanya mereka yang memilih jalan operasi caesar ini  merasa takut, atau merasa kurang mampu untuk mengejan. Akan tetapi biasanya tidak kuat mengejan saat melahirkan dialami oleh beberapa wanita hamil yang mempunyai riwayat penyakit pada saluran pernafasannya. Dan jika tidak memiliki masalah pada pernafasan, namun saat memilih jalan melahirkan normal dan mengalami kesulitan saat mengejan, kemungkinan besar bahwa anda telah salah dalam menerapkan cara dalam mengejan.

Pada umumnya cara mengejan saat melahirkan tidak jauh bedanya dengan mengejan saat anda buang air besar. Namun dikarenakan prosesnya yang berbeda dan jauh lebih lama serta dibutuhkannya tenaga yang besar.  Mengejan saat melahirkan membutuhkan beberapa tips dan cara yang tepat, dengan kita mengikuti cara untuk mengejan yang baik, maka kita tidak perlu lagi membuang tenaga dengan sia sia. Dan berikut diantaranya cara mengejan yang baik saat melahirkan.


Related Posts :

    Tips Cara Mengejan yang Baik Saat Proses Melahirkan

    1. Bukalah Mata Saat Mengejan
      Mengejan saat melahirkan memerlukan tenaga yang banyak dan kuat, dan juga koordinasi dengan semua otot didalam tubuh, termasuk salah satunya pada mata. Maka ada baiknya biarkan mata anda tetap terbuka saat anda mengejan melahirkan.
    2. Mulailah Mengejan Setelah Diperintahkan oleh Dokter
      Dikarenakan akan tidak kuasanya menahan kontraksi melahirkan, kebanyakan dari mereka berusaha mengejan dengan secepatnya. Padahal mengejan sendiri ada kalanya harus menunggu waktu yang pas seperti yang diperintahkan dokter atau bidan.
    3. Tidak Berteriak
      Ada beberapa wanita yang menganggap bahwa dengan berteriak bisa membantu untuk melegakan perasaan dan juga bisa mengurangi rasa sakit itu. Akan tetapi anggapan ini tidaklah selamanya benar, dikarenakan hal ini hanya akan membuat anda cepat lelah.
    4. Bukalah Mulut Saat Anda Mengejan
      Hal ini juga sama seperti saat anda mengejan ketika BAB, anda tentunya membuka mulut walaupun hanya sedikit. Seharusnya hal ini juga anda lakukan ketika mengalami melahirkan. hal ini disarankan anda lakukan supaya bisa menambah oksigen yang bisa langsung masuk pada mulut yang kemudian nafas anda bisa terasa lebih panjang.
    5. Tidak Mengangkat Bokong Saat Mengejan
      Pada saat anda melakukan proses persalinan ada baiknya bila anda tidak mengangkat bokong anda. Karena pada saat anda mengejan dengan sangat kuat, lantas anda mengangkat bokong anda, maka hal ini bisa menimbulkan luka sobek hingga mencapai anus.

      Banyak diantaranya para ahli yang memberikan saran supaya bisa menggunakan posisi dengan setengah duduk. Dengan cara ini dinilai sangat efektif dalam memperbesar dorongan pada saat akan mengeluarkan bayi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 17, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan terus menerus

  • Oleh : Fithrotun Najihah
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum. Bu saya ingin menanyakan perihal keputihan. Saya keputihan semenjak saya duduk di krlas dua SMA itu hampir tiap hari. Sampai sekarang di waktu umur saya 24 juga masih mengalami hal yang sama. Saya sangat takut. Kadang keputihan itu warna putih kadang kekubingan mau ke hijauan. Kadang banyak dan berbau. Kadang tidak dok. Apa itu hal yg masih wajat atau bagaimana. Terus kalau mau di memeriksa biasanya di dokter spesialis apa dok. Terimakasih

    Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Bagaimana cara mengatasi mata lelah?

  • Oleh : Sheila Marwah
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

  • Oleh : Sheila Marwah
  • Flek Cokelat

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI
    apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan?
    bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

    Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Tanya Bidan