×

Tips Cara Mengejan yang Baik Saat Proses Melahirkan

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Dimasa sekarang ini banyak seorang wanita yang ternyata memilih jalan persalinan dengan operasi caesar bila dibandingkan dengan persalinan normal, walaupun mereka masih bisa dikatakan mampu untuk melahirkan normal.

Related Posts :

    Baiknya jika tidak terdapat bahaya yang bsia mengancam keselamatan janin dan ibu, maka proses persalinan ini bisa dilakukan secara normal. Biasanya mereka yang memilih jalan operasi caesar ini  merasa takut, atau merasa kurang mampu untuk mengejan. Akan tetapi biasanya tidak kuat mengejan saat melahirkan dialami oleh beberapa wanita hamil yang mempunyai riwayat penyakit pada saluran pernafasannya. Dan jika tidak memiliki masalah pada pernafasan, namun saat memilih jalan melahirkan normal dan mengalami kesulitan saat mengejan, kemungkinan besar bahwa anda telah salah dalam menerapkan cara dalam mengejan.

    Pada umumnya cara mengejan saat melahirkan tidak jauh bedanya dengan mengejan saat anda buang air besar. Namun dikarenakan prosesnya yang berbeda dan jauh lebih lama serta dibutuhkannya tenaga yang besar.  Mengejan saat melahirkan membutuhkan beberapa tips dan cara yang tepat, dengan kita mengikuti cara untuk mengejan yang baik, maka kita tidak perlu lagi membuang tenaga dengan sia sia. Dan berikut diantaranya cara mengejan yang baik saat melahirkan.


    Tips Cara Mengejan yang Baik Saat Proses Melahirkan

    1. Bukalah Mata Saat Mengejan
      Mengejan saat melahirkan memerlukan tenaga yang banyak dan kuat, dan juga koordinasi dengan semua otot didalam tubuh, termasuk salah satunya pada mata. Maka ada baiknya biarkan mata anda tetap terbuka saat anda mengejan melahirkan.
    2. Mulailah Mengejan Setelah Diperintahkan oleh Dokter
      Dikarenakan akan tidak kuasanya menahan kontraksi melahirkan, kebanyakan dari mereka berusaha mengejan dengan secepatnya. Padahal mengejan sendiri ada kalanya harus menunggu waktu yang pas seperti yang diperintahkan dokter atau bidan.
    3. Tidak Berteriak
      Ada beberapa wanita yang menganggap bahwa dengan berteriak bisa membantu untuk melegakan perasaan dan juga bisa mengurangi rasa sakit itu. Akan tetapi anggapan ini tidaklah selamanya benar, dikarenakan hal ini hanya akan membuat anda cepat lelah.
    4. Bukalah Mulut Saat Anda Mengejan
      Hal ini juga sama seperti saat anda mengejan ketika BAB, anda tentunya membuka mulut walaupun hanya sedikit. Seharusnya hal ini juga anda lakukan ketika mengalami melahirkan. hal ini disarankan anda lakukan supaya bisa menambah oksigen yang bisa langsung masuk pada mulut yang kemudian nafas anda bisa terasa lebih panjang.
    5. Tidak Mengangkat Bokong Saat Mengejan
      Pada saat anda melakukan proses persalinan ada baiknya bila anda tidak mengangkat bokong anda. Karena pada saat anda mengejan dengan sangat kuat, lantas anda mengangkat bokong anda, maka hal ini bisa menimbulkan luka sobek hingga mencapai anus.

      Banyak diantaranya para ahli yang memberikan saran supaya bisa menggunakan posisi dengan setengah duduk. Dengan cara ini dinilai sangat efektif dalam memperbesar dorongan pada saat akan mengeluarkan bayi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 17, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan di belkaang telinga pada bayi 9bulan

  • Oleh : Wiska Enggal
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya sekitar seminggu yg lalu kuping nya terkena dompo, sekarg udh sembuh tp mash ada bintik2 nya sedikit, terus sekarang muncul benjolan di belakang telinga nya di pegang benjolan nya seperti ada dua. Kira kira bahaya gk ya bu dan bisa ditangani dengan apa dan di beri obat apa?
    Terimakash.

  • Oleh : Wiska Enggal
  • reproduksi

  • Oleh : fahmi firmansyah
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum wr wb. Maaf mau tanya penis saya bengkok apakah itu normal apa ada kelainan , mohon penjelasannya trimakasihh. Wassalamu,alaikum wr wb

    Menstuasi

  • Oleh : Humaira Humaira
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok, saya mau konsul, saya sudah tidak ada menstruasi selama 2 bulan, tapi stelah dua bulan tidak ada menstruasi keluar bercak hitam selama 30 hari, keluarnya tidak banyak dok cuman sedikit, tapi saya takut apa itu penyakit.karena keluarnya seperti lem, lengket gitu dok.hanya itu
    Terimakasih dok

    Telat haid

  • Oleh : Sri Handayani
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Slamat siang,
    Saya Sri dari bekasi, mau bertanya saya sudah telat haid 12 hari dan sebelumnya menstruasi selalu tepat waktu, baru ini saja telatnya dan paling lama, apakah ini menjadi salah satu tanda kehamilan? tapi saya tidak merasakan ada tanda-tanda kehamilan yg lainnya?

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Tanya Bidan